MAKALAH KELOMPOK |
HAKIKAT LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) MODUL 6 |
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Laporan merupakan langkah akhir dalam satu kegiatan. Penanggung
jawab kegiatan berkewajiban untuk mendokumentasikan kegiatan tersebut dalam
bentuk laporan, sehingga pihak yang ingin mendapat informasi tentang kegiatan
tersebut dapat memperolehnya dengan mudah. Ketika menjalankan peran sebagai
guru dan peneliti dalam memperbaiki kualitas pembelajaran, hendaknya
dokumentasikan dalam bentuk laporan penelitian. Laporan ini tentu bukan untuk
disimpan, tetapi untuk disebarluaskan. Agar orang lain dapat memperoleh
informasi tersebut dan dapat pula memanfaatkannya.
B.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka dapat
dirumuskan:
1.
menjelaskan hakikat
laporan PTK
2.
menetapkan sistematika
laporan PTK
3.
menjelaskan substansi
dalam setiap komponen laporan PTK
4.
menerapkan berbagai
ketentuan dalam menulis laporan PTK
5.
menulis laporan PTK
6.
menjelaskan hakikat
diseminasi laporan PTK
7.
menjelaskan cara
mendiseminasikan laporan PTK, dan
8.
mendiseminasikan
laporan PTK
C.
Tujuan Masalah
Tujuan
makalah ini adalah:
1.
Mengetahui menjelaskan
hakikat laporan PTK
2.
Mengetahui sistematika
laporan PTK
3.
Mengetahui substansi
dalam setiap komponen laporan PTK
4.
Mengetahui berbagai
ketentuan dalam menulis laporan PTK
5.
Mampu menulis laporan
PTK
6.
Mengetahui hakikat
diseminasi laporan PTK
7.
Mengetahui cara
mendiseminasikan laporan PTK
BAB II
PEMBAHASAN
KEGIATAN 1
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
A.
Pengertian
Laporan
merupakan istilah yang sangat lazim dipakai dalam kehidup sehari-hari oleh
berbagai kalangan. Dari segi etimologis, dalam Kamus Bahasa Indonesia, halaman
566, laporan berasal dari kata lapor yang berarti segala sesuatu yang
dilaporkan; sedangkan laporan penelitian dimaknai sebagai laporan berdasarkan
penelitian terhadap suatu gejala.
Maka
laporan penelitian tindakan kelas (laporan PTK) kita maknai sebagai laporan
yang disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan secara sistematis terhadap
suatu gejala, dalam hal ini perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru
di kelasnya sendiri.
B.
Manfaat Laporan PTK
hasil penelitian ini
memacu kita untuk terus berkreasi
C.
Sistematika Laporan PTK
Sebuah laporan penelitian tidak hanya
dimanfaatkan oleh si peneliti/pembuat laporan itu sendiri, tetapi juga oleh
orang lain. Yang dimaksud orang lain adalah orang yang memberi tugas, pesanan,
atau dari penelitian serta orang-orang yang berkeinginan untuk mengetahui dan
memanfaatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Karena itu, laporan harus
runtut atau sistematis, logis, serta tertata sedemikian rupa sehingga bagian
demi bagian laporan mudah ditemukan dan mudah dipahami
Sistematika laporan adalah penataan isi laporan
berdasarkan komponen/bagian-bagian urutan antar komponen laporan tersebut
sehingga membentuk satu keutuhan yang baik.
Komponen-komponennya
terdiri dari:
ü Bab I: Pendahuluan: yang menggambarkan latar
belakang dilakukannya penelitian, masalah penelitian, tujuan penelitian.
landasan teori, dan manfaat penelitian.
ü Bab II: Tinjauan Pustaka, yang memuat berbagai
teori/konsep atau hasil-hasil penelitian yang terkait dengan penelitian yang dilakukan.
ü Bab III: Metodologi, yang memuat desain
penelitian, populasi dan sampel, teknik dan instrumen pengumpulan data,
prosedur penelitian, serta analisis data.
ü Bab IV Temuan dan Pembahasan, yang menyajikan
hasil analisis data temuan yang didasarkan pada hasil analisis tersebut, serta
pembahasan mengapa hasilnya seperti itu.
ü Bab V Kesimpulan dan Saran, yang memuat
kesimpulan hasil penelitian serta saran yang dibuat berdasarkan kesimpulan tersebut.
Sistematika
laporan PTK yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun
2004, halaman 14, adalah sebagai berikut:
1.
Abstrak: menyajikan
saripati penelitian yang mencakup: latar belakang, tujuan, prosedur, dan
hasil).
2.
Pendahuluan, memuat:
a.
latar belakang
b.
rumusan masalah
c.
tujuan
d.
manfaat.
3.
Kajian Teori/Pustaka,
menyajikan:
a.
teori-teori terkait
dan/atau hasil penelitian terdahulu
b.
upaya penulis
membangun argumen teoritik
c.
pertanyaan penelitian
dan hipotesis tindakan
4.
Pelaksanaan Penelitian
menyajikan:
a.
uraian tentang tempat,
waktu, mata pelajaran, dan karakteristik siswa di sekolah sebagai subjek
penelitian
b.
deskripsi setiap
siklus, yang mencakup rancangan, pelaksanaan, pemantauan dan instrumen, serta
refleksi.
5.
Hasil Penelitian dan
Pembahasan, yang menyajikan:
a.
uraian setiap siklus
dengan data lengkap
b.
perubahan yang terjadi
c.
tabel/grafik untuk
mendukung penyajian data
6.
Kesimpulan dan Saran,
menyajikan:
a.
simpulan hasil
penelitian sesuai dengan tujuan penelitian
b.
saran tindak lanjut
hasil penelitian
7.
Daftar Pustaka, memuat
semua sumber yang digunakan peneliti sebagai acuan (buku, jadwal, hasil
penelitian yang relevan), disusun secara alfabetis.
8.
Lampiran, memuat:
a.
instrumen penelitian
b.
personalia tenaga
peneliti, riwayat data penelitian
c.
data penelitian
d.
bukti lain yang
dikumpulkan selama pelaksanaan penelitian
Sistematika Laporan PTK
Halaman Judul
Lembar Pengesahan
Abstrak
Daftar Isi
I.
Pendahuluan
A.
Latar Belakang Masalah
(data awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah, dan pentingnya
masalah dipecahkan).
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan Penelitian
D.
Manfaat Penelitian
II.
Kajian Pustaka
III.
Pelaksanaan Penelitian
A.
Subjek Penelitian
(Lokasi, waktu, mata pelajaran, kelas, dan karakteristik siswa)
B.
Deskripsi per Siklus:
(rencana, pelaksanaan, pengamatan pengumpulan data/ instrumen, refleksi)
IV.
Hasil Penelitian dan
Pembahasan
A.
Deskripsi per siklus
(data tentang rencans, pengamatan, refleksi), keberhasilan dan kegagalan,
lengkap dengan data
B.
Pembahasan dari setiap
siklus
V.
Kesimpulan dan Saran
A.
Kesimpulan
B.
Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
KEGIATAN BELAJAR 2
MENULIS DAN MENDISEMINASIKAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. BERBAGAI KETENTUAN DALAM PENULISAN LAPORAN PTK
1.
Etika
Penulisan Laporan Penelitian
Ø Kejujuran
Kejujuran
merupakan modal awal mengerjakan atau mencapai sesuatu, termasuk dalam menulis
karya ilmiah, dalam hal ini laporan penelitian.
Ø Objektivitas
Data
yang kumpulkan harus ditafsirkan secara
objektif tanpa mempertimbangkan tingkat keberhasilan siswa
Ø Pengutipan
Jika mengutip pendapat orang lain, baik dalam
kutipan langsung atau hanya mengambil intisari dari
pendapat yang disajikan, maka sumber kutipan tersebut harus dicantumkan secara
jelas.
2.
Penggunaan
Bahasa Tulis
Bahasa merupakan sarana komunikasi yang memungkinkan orang berbagi
ilmu, pengalaman, termasuk hasil-hasil penelitian. Penggunaan Bahasa Indonesia
yang baik dan benar akan membantu pembaca memahami isi laporan. Berikut ini
dapat anda kaji empat kaidah bahasa yang sangat menentukan kualitas laporan
anda yaitu :
a.
Pilihan
kata
Kata atau istilah yang kita gunakan mencerminkan makna yang ingin
kita sampaikan
b.
Struktur
kalimat
Sangat menentukan pemahaman orang yang membaca kalimat tersebut
c. Pengembangan Paragraf
Paragraf merupakan ungkapan satu kesatuan ide, gagasan, atau
pikiran yang padu.
d.
Ejaan
Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD )sudah diperkenalkan 30 tahun.
Kesalahan
penulisan yang masih sering ditemukan antara lain:
1) Membedakan penulisan kata depan dan awalan
2) Menuliskan kata majemuk yang mendapat awalan dan akhiran
3) Menuliskan kata – kata serapan ditulis sesuai dengan bahasa yang
menjadi sumber serapan
3.
Ketentuan
Teknis
Ketentuan teknis tersebut banyak sekali, namun dalam hal ini kita
hanya akan membahas tiga hal, yaitu : penomoran, cara mengutip, serta huruf,
margin dan spasi.
Ø Sistematika penomoran
Agar
penomoran ini dapat difahami biasanya disusun dalam bentuk sistem, sehingga
disebut sebagai sistem penomoran. Ada penomoran yang menggunakan
angka, abjad atau campuran dari keduanya dan adapula yang menggunaka sistem
digit.
1)
menggunakan
angka ( arab ) dan titik ( sistem digit )
2)
campuran
angka dan huruf
Ø Teknik pengutipan
Ø Huruf, margin dan spasi
Huruf yang biasa
digunakan adalah Times New Roman atau
arial dengan font size sebesar 12. Jarak dari pinggir kertas ( margin ) yaitu :
margin kiri sekitar 4 cm, margin kanan 3 cm, margin atas 4 cm dan margin bawah
3 cm, sedangkan spasi yang digunakan adalah 1,5
B. MENDISEMINASIKAN LAPORAN PTK
1. Hakikat Diseminasi
Laporan PTK perlu
didiseminasikan , agar para guru lain mengetahui apa yang sudah pernah
dikerjakan oleh sejawatnya dalam upaya memperbaiki pembelajaran.
2. Cara mendesiminasikan laporan PTK
Laporan PTK dapat
didesiminasikan melalui berbagai cara, antara lain melalui media cetak dan
pertemuan tatap muka, seperti :
a.
Rapat
guru
b.
PKG
dan MGMP
c.
Seminar
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam menulis laporan PTK mencakup tiga
jenis ketentuan, yaitu:
1. Etika penulisan
2. Penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis
3. Berbagai ketentuan teknis
Etika penulisan mencakup (1) kejujuran, (2) keobjektifan, dan (3)
pengutipan Ketiga aspek ini sangat berkaitan erat. Kejujuran menuntut penulis
jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dengan cara mengungkapkan dan
menafsirkan data informasi apa adanya tanpa dicampuri oleh kepentingan pribadi
Keobjektifan menuntut penulis menyajikan informasi sebagaimana adanya, tanpa
manipulasi, sehingga apa yang dibaca oleh pembaca memang benar adanya
Pengutipan berkaitan dengan mengutip atau menggunakan pendapat orang lain dalam
tulisan
0 comments:
Post a Comment