Monday 30 May 2022

HAKIKAT LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

0 comments

 

MAKALAH KELOMPOK

HAKIKAT LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

MODUL 6



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Laporan merupakan langkah akhir dalam satu kegiatan. Penanggung jawab kegiatan berkewajiban untuk mendokumentasikan kegiatan tersebut dalam bentuk laporan, sehingga pihak yang ingin mendapat informasi tentang kegiatan tersebut dapat memperolehnya dengan mudah. Ketika menjalankan peran sebagai guru dan peneliti dalam memperbaiki kualitas pembelajaran, hendaknya dokumentasikan dalam bentuk laporan penelitian. Laporan ini tentu bukan untuk disimpan, tetapi untuk disebarluaskan. Agar orang lain dapat memperoleh informasi tersebut dan dapat pula memanfaatkannya.

B.     Rumusan Masalah

Dari latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan:

1.      menjelaskan hakikat laporan PTK

2.      menetapkan sistematika laporan PTK

3.      menjelaskan substansi dalam setiap komponen laporan PTK

4.      menerapkan berbagai ketentuan dalam menulis laporan PTK

5.      menulis laporan PTK

6.      menjelaskan hakikat diseminasi laporan PTK

7.      menjelaskan cara mendiseminasikan laporan PTK, dan

8.      mendiseminasikan laporan PTK

 

C.    Tujuan Masalah

Tujuan makalah ini adalah:

1.      Mengetahui menjelaskan hakikat laporan PTK

2.      Mengetahui sistematika laporan PTK

3.      Mengetahui substansi dalam setiap komponen laporan PTK

4.      Mengetahui berbagai ketentuan dalam menulis laporan PTK

5.      Mampu menulis laporan PTK

6.      Mengetahui hakikat diseminasi laporan PTK

7.      Mengetahui cara mendiseminasikan laporan PTK

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

KEGIATAN 1

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

A.    Pengertian

Laporan merupakan istilah yang sangat lazim dipakai dalam kehidup sehari-hari oleh berbagai kalangan. Dari segi etimologis, dalam Kamus Bahasa Indonesia, halaman 566, laporan berasal dari kata lapor yang berarti segala sesuatu yang dilaporkan; sedangkan laporan penelitian dimaknai sebagai laporan berdasarkan penelitian terhadap suatu gejala.

Maka laporan penelitian tindakan kelas (laporan PTK) kita maknai sebagai laporan yang disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan secara sistematis terhadap suatu gejala, dalam hal ini perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelasnya sendiri.

B.     Manfaat Laporan PTK

hasil penelitian ini memacu kita untuk terus berkreasi

C.    Sistematika Laporan PTK

Sebuah laporan penelitian tidak hanya dimanfaatkan oleh si peneliti/pembuat laporan itu sendiri, tetapi juga oleh orang lain. Yang dimaksud orang lain adalah orang yang memberi tugas, pesanan, atau dari penelitian serta orang-orang yang berkeinginan untuk mengetahui dan memanfaatkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Karena itu, laporan harus runtut atau sistematis, logis, serta tertata sedemikian rupa sehingga bagian demi bagian laporan mudah ditemukan dan mudah dipahami

Sistematika laporan adalah penataan isi laporan berdasarkan komponen/bagian-bagian urutan antar komponen laporan tersebut sehingga membentuk satu keutuhan yang baik.

Komponen-komponennya terdiri dari:

ü  Bab I: Pendahuluan: yang menggambarkan latar belakang dilakukannya penelitian, masalah penelitian, tujuan penelitian. landasan teori, dan manfaat penelitian.

ü  Bab II: Tinjauan Pustaka, yang memuat berbagai teori/konsep atau hasil-hasil penelitian yang terkait dengan penelitian yang dilakukan.

ü  Bab III: Metodologi, yang memuat desain penelitian, populasi dan sampel, teknik dan instrumen pengumpulan data, prosedur penelitian, serta analisis data.

ü  Bab IV Temuan dan Pembahasan, yang menyajikan hasil analisis data temuan yang didasarkan pada hasil analisis tersebut, serta pembahasan mengapa hasilnya seperti itu.

ü  Bab V Kesimpulan dan Saran, yang memuat kesimpulan hasil penelitian serta saran yang dibuat berdasarkan kesimpulan tersebut.

Sistematika laporan PTK yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 2004, halaman 14, adalah sebagai berikut:

1.      Abstrak: menyajikan saripati penelitian yang mencakup: latar belakang, tujuan, prosedur, dan hasil).

2.      Pendahuluan, memuat:

a.       latar belakang

b.      rumusan masalah

c.       tujuan

d.      manfaat.

3.      Kajian Teori/Pustaka, menyajikan:

a.       teori-teori terkait dan/atau hasil penelitian terdahulu

b.      upaya penulis membangun argumen teoritik

c.       pertanyaan penelitian dan hipotesis tindakan

4.      Pelaksanaan Penelitian menyajikan:

a.       uraian tentang tempat, waktu, mata pelajaran, dan karakteristik siswa di sekolah sebagai subjek penelitian

b.      deskripsi setiap siklus, yang mencakup rancangan, pelaksanaan, pemantauan dan instrumen, serta refleksi.

5.      Hasil Penelitian dan Pembahasan, yang menyajikan:

a.       uraian setiap siklus dengan data lengkap

b.      perubahan yang terjadi

c.       tabel/grafik untuk mendukung penyajian data

6.      Kesimpulan dan Saran, menyajikan:

a.       simpulan hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian

b.      saran tindak lanjut hasil penelitian

7.      Daftar Pustaka, memuat semua sumber yang digunakan peneliti sebagai acuan (buku, jadwal, hasil penelitian yang relevan), disusun secara alfabetis.

8.      Lampiran, memuat:

a.       instrumen penelitian

b.      personalia tenaga peneliti, riwayat data penelitian

c.       data penelitian

d.      bukti lain yang dikumpulkan selama pelaksanaan penelitian

Sistematika Laporan PTK

Halaman Judul

Lembar Pengesahan

Abstrak

Daftar Isi

I.       Pendahuluan

A.    Latar Belakang Masalah (data awal dalam mengidentifikasi masalah, analisis masalah, dan pentingnya masalah dipecahkan).

B.     Rumusan Masalah

C.     Tujuan Penelitian

D.    Manfaat Penelitian

II.    Kajian Pustaka

III. Pelaksanaan Penelitian

A.    Subjek Penelitian (Lokasi, waktu, mata pelajaran, kelas, dan karakteristik siswa)

B.     Deskripsi per Siklus: (rencana, pelaksanaan, pengamatan pengumpulan data/ instrumen, refleksi)

IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan

A.    Deskripsi per siklus (data tentang rencans, pengamatan, refleksi), keberhasilan dan kegagalan, lengkap dengan data

B.     Pembahasan dari setiap siklus

V.    Kesimpulan dan Saran

A.    Kesimpulan

B.     Saran

 

Daftar Pustaka

Lampiran

KEGIATAN BELAJAR 2

MENULIS DAN MENDISEMINASIKAN LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. BERBAGAI KETENTUAN DALAM PENULISAN LAPORAN PTK

1.      Etika Penulisan Laporan Penelitian

Ø  Kejujuran

Kejujuran merupakan modal awal mengerjakan atau mencapai sesuatu, termasuk dalam menulis karya ilmiah, dalam hal ini laporan penelitian.

Ø  Objektivitas

Data yang  kumpulkan harus ditafsirkan secara objektif tanpa mempertimbangkan tingkat keberhasilan siswa

Ø  Pengutipan

Jika  mengutip pendapat orang lain, baik dalam kutipan langsung atau hanya mengambil intisari dari pendapat yang disajikan, maka sumber kutipan tersebut harus dicantumkan secara jelas.

2.      Penggunaan Bahasa Tulis

Bahasa merupakan sarana komunikasi yang memungkinkan orang berbagi ilmu, pengalaman, termasuk hasil-hasil penelitian. Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar akan membantu pembaca memahami isi laporan. Berikut ini dapat anda kaji empat kaidah bahasa yang sangat menentukan kualitas laporan anda yaitu :

a.    Pilihan kata

     Kata atau istilah yang kita gunakan mencerminkan makna yang ingin kita sampaikan

b.    Struktur kalimat

     Sangat menentukan pemahaman orang yang membaca kalimat tersebut

c.    Pengembangan Paragraf

     Paragraf merupakan ungkapan satu kesatuan ide, gagasan, atau pikiran yang   padu.

d.   Ejaan

     Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD )sudah diperkenalkan 30 tahun.

 

Kesalahan penulisan yang masih sering ditemukan antara lain:

1) Membedakan penulisan kata depan dan awalan

2) Menuliskan kata majemuk yang mendapat awalan dan akhiran

3) Menuliskan kata – kata serapan ditulis sesuai dengan bahasa yang menjadi sumber serapan

 

3.      Ketentuan Teknis

Ketentuan teknis tersebut banyak sekali, namun dalam hal ini kita hanya akan membahas tiga hal, yaitu : penomoran, cara mengutip, serta huruf, margin dan spasi.

Ø  Sistematika penomoran

Agar penomoran ini dapat difahami biasanya disusun dalam bentuk sistem, sehingga disebut sebagai sistem penomoran. Ada penomoran yang menggunakan angka, abjad atau campuran dari keduanya dan adapula yang menggunaka sistem digit.

1)      menggunakan angka ( arab ) dan titik ( sistem digit )

2)      campuran angka dan huruf

Ø  Teknik pengutipan

Ø  Huruf, margin dan spasi

Huruf yang biasa digunakan adalah Times New Roman  atau arial dengan font size sebesar 12. Jarak dari pinggir kertas ( margin ) yaitu : margin kiri sekitar 4 cm, margin kanan 3 cm, margin atas 4 cm dan margin bawah 3 cm, sedangkan spasi yang digunakan adalah 1,5

 

B. MENDISEMINASIKAN LAPORAN PTK

1. Hakikat Diseminasi

    Laporan PTK perlu didiseminasikan , agar para guru lain mengetahui apa yang sudah pernah dikerjakan oleh sejawatnya dalam upaya memperbaiki pembelajaran.

2. Cara mendesiminasikan laporan PTK

    Laporan PTK dapat didesiminasikan melalui berbagai cara, antara lain melalui media cetak dan pertemuan tatap muka, seperti :

a.       Rapat guru

b.      PKG dan MGMP

c.       Seminar

 

BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dalam menulis laporan PTK mencakup tiga jenis ketentuan, yaitu:

1.      Etika penulisan

2.      Penggunaan bahasa Indonesia ragam tulis

3.      Berbagai ketentuan teknis

Etika penulisan mencakup (1) kejujuran, (2) keobjektifan, dan (3) pengutipan Ketiga aspek ini sangat berkaitan erat. Kejujuran menuntut penulis jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dengan cara mengungkapkan dan menafsirkan data informasi apa adanya tanpa dicampuri oleh kepentingan pribadi Keobjektifan menuntut penulis menyajikan informasi sebagaimana adanya, tanpa manipulasi, sehingga apa yang dibaca oleh pembaca memang benar adanya Pengutipan berkaitan dengan mengutip atau menggunakan pendapat orang lain dalam tulisan

 

 

 

 

 

 

 

0 comments:

Post a Comment