Saturday 14 May 2022

PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU

0 comments

 

PRAKTEK PEMBELAJARAN TERPADU


 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.    LATAR BELAKANG

Idealnya, model pembelajaran terpadu bertolak dan dikembangkan dari kurikulum yang sudah terpadu ( integrated curriculum ). Namun dalam pendidikan di Indonesia, biasanya kurikulum itu sudah dikembangkan ke dalam berbagai mata pelajaran yang terpisah satu sama lainnya. Keuntungan dalam pelaksanaan pembelajaran terpadu pada tingkat sekolah dasar yaitu dengan adanya penerapan system guru kelas, dimana dengan pengalamannya mengajarkan seluruh mata pelajaran, guru bias lebih cepat melihat keterhubungan kompetensi dasar dan indicator antar mata pelajaran. Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran terpadu ini sangat ditentukan bagaimana kemampuan guru dalam menyusun perancangan dan scenario pembelajaran yang tepat dan dikemas dengan memperhatikan karakteristik siswa.

Pada dasarnya sebagian besar guru di indonesia belum menerapkan pembelajaran terpadu, tidak seperti  di negara-negara maju yang kebanyakan sudah menerapkan pembelajaran terpadu dalam pengajaranya. Untuk itu sebaiknya guru menerapkan pembelajaran terpadu, karena kita tahu bahwa manfaat dari pembelajaran terpadu sangat baik untuk peserta didik dilihat dari efektivitas dan efisiensi. Dalam makalah ini kami menjabarkan sedikit tentang perencanaan pembelajaran terpadu.

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis merumuskan pokok permasalahan yaitu

1.      Bagaimana praktek merancang pembelajaran terpadu di sd?

2.      Bagaimana praktek pelaksanaan pembelajaran terpadu di sd?

 

C.     Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah praktek merancang pembelajaran terpadu di SD.

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

Kegiatan belajar 1

Praktek Merancang Pembelajaran Terpadu di SD

 

Agar Anda dapat berlatih dan mempraktekkan pembuatan rancangan Pembelajaran Terpadu di SD, Anda harus menyimak kembali uraian pada Modul 4 dengan lebih teliti. Berikut ini prosedur kegiatan perancangan pembelajaran terpadu yang harus Anda ikuti dalam melakukan kegiatan praktek penyusunan rancangan pembelajaran terpadu baik untuk praktek di kelas Anda sendiri sebagai guru SD maupun simulasi di kelas tutorial.

 

Prosedur Kegiatan Perancangan Pembelajaran Terpadu untuk Praktek dan Simulasi

1.      Menetapkan mata peajaran yang dipadukan

Pilih 3 mata pelajaran dari mata pelajaran IPA, IPS, PKn, Matematika, dan Bahasa Indonesia di SD yang akan dipadukan dengan mengkaji Kompetensi Dasar yang tertuang dalam Silabus yang telah dikembangkan oleh sekolah Anda. Alternative lain yang dapat Anda lakukan sebagai acuan adalah dengan mengkaji Kompetensi Dasar yang tertuang dalam dokumen Standar Isi dan Standar Kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Standard Nasional Pendidikan (BSNP) Departemen Pendidikan Nasional. Pemilihan 3 mata Pelajaran yang dipadukan tersebut harus dikaitkan dengan  pencapaian kompetensi dasar serta kegiatan belajar yang dapat selaras antara 3 mata pelajaran tersebut. Anda harus menyusun 2 (dua) Rancangan Pembelajaran Terpadu yang berbeda untuk dipraktekkan dan disimulasikan.

2.      Menetapkan Kompetensi Dasar dari 3 mata pelajaran di SD

Tahap kedua, Anda memilih Kompetensi dasar pada jenjang kelas dan semester yang sama dari 3 mata pelajaran tersebut yang menurut Anda dapat dipadukan.

3.      Mengembangkan Tema yang sesuai

Seperti yang diuraikan pada Modul 4, bahwa tema merupakan pokok pikiran yang akan menjadi fokus atau pusat pembicaraan. Dalam pembelajaran terpadu, fungsi tema merupakan hal yang penting karena dengan penetapan tema yang tepat akan menciptakan suasana pembelajaran yang optimal. Anda harus mengembangkan sebuah tema untuk masing-masing rancangan pembelajaran terpadu yang berbeda. Agar mendapat Tema yang sesuai, Anda dapat mengikuti prosedur pengembangan tema pada Modul 4.

4.      Mengembangkan Peta keterhubungan antara kompetensi dasar dan tema pemersatu

Buatlah peta yang menggambarkan keterhubungan antara tema sebagai focus atau pusat pembahasan dengan 3 kompetensi dasar dari 3 mata pelajaran yang berbeda, sehingga akan didapat gambar seperti jarring laba-laba. Perhatikan kembali Modul 4 point 5 tentang pemetaan keterhubungan kompetensi dasar dengan tema pemersatu. Gambar atau diagram mengenai Peta keterhubungan antara kompetensi dasar dan tema pemersatu dapat beragam sesuai dengan kebiasaan Anda dalam mengembangkannya di SD masing-masing.

5.      Penyusunan Suatu Pembelajaran Terpadu

Setelah Anda mengembangkan Peta Jaring-jaring tematik, anda harus menyusun Satuan Pembelajaran terpadu. Istilah Satuan Pembelajaran Terpadu dapat berbeda-beda, ada sebagian sekolah masih menggunakan Rencana Pembelajaran, ada yang menggunakan istilah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sehingga Anda dapat menggunakan istilah yang sehari-hari telah Anda gunakan di SD. Dalam menyusun rencana Pembelajaran Terpadu, anda harus mengacu pada Silabus yang telah dikembangkan sekolah Anda masing-masing.

 

PENJELASAN SKALA NILAI APKG I

LEMBAR PENILAIAN

KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN TERPADU

 

1. Menentukan Tema, bahan pembelajaran dan merumuskan tujuan/indicator

 

Indikator        : 1.1 kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi dasar 3 mata pelajaran

Penjelasan      : kompetensi dasar dapat diambil dari silabus yang dikembangkan sekolah masing-masing atau didasarkan atas standar Isi dan Kompetensi yang ditetapkan Depdiknas. Mata Pelajaran yang dipraktekkan dipilih dari mata pelajaran IPS, PKN, Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA di SD.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Rencana pembelajaran terpadu yang disusun:

1

Tidak disertai oleh Peta Jaring-jaring Tematik;

2

Disertai oleh Peta Jaring-jaring Tematik yang mencamtumkan tema penghubung namun tidak disertai kompetensi dasar dari mata pelajaran di SD;

3

Disertai oleh Peta Jaring-jaring Tematik yang mencamtumkan tema penghubung serta kompetensi dasar dari 2 mata pelajaran berbeda namun tidak sesuai dan tidak dapat dihubungkan satu dengan yang lain; atau

4

Disertai oleh Peta Jaring-jaring Tematik yang mencantumkan tema penghubung beserta kompetensi dasar dari 2 mata pelajaran berbeda yang dapat dihubungkan satu dengan yang lain; atau

5

Disertai oleh Peta Jaring-jaring Tematik yang lengkap mencantumkan tema penghubung beserta kompetensi dasar 3 mata pelajaran berbeda yang dapat dihubungkan satu dengan yang lain.

 

Indicator        : 1.2 menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai dengan Standar Isi dan kompetensi

Penjelasan      : Standar Isi dan Kompetensi dapat dilihat dari dokumen KTSP yang dikeluarkan Badan STandar Nasional Pendidikan (BSNP) Depdiknas atau silabus yang dikembangkan oleh sekolah masing-masing.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu dicantumkan bahan pembelajaran yang:

1

Tidak sesuai dengan Standar Isi dan Kompetensi;

2

Sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi tetapi tidak dijabarkan;

3

Sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi disertai dengan penjabaran singkat;

4

Sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi disertai dengan penjabaran rinci;

5

Sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi disertai dengan penjabaran rinci dan jelas.

 

Indikator        : 1.3 merumuskan indikator

Penjelasan      : untuk butir ini perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

a)      Rumusan indikator dinyatakan dengan jelas sehingga tidak menimbulkan tafsiran ganda.

b)      Rumusan indikator dinyatakan dengan lengkap, bila disebutkan rambu-rambu:

1) subjek belajar (A = audience);

2) tingkah laku yang diharapkan dapat diamati dan diukur (B = behavior);

3) kondisi (C = condition);

4) kriteria keberhasilan (D = degree)

c)      Indikator berurutan secara logis, dari yang mudah ke yang sukar, dari yang sederhana ke yang kompleks, dari yang kongkret ke yang abstrak, atau dari ingatan hingga menilai.

 

Untuk menilai butur ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Rumusan indikator bukan merupakan jabaran dari kompetensi dasar;

2

Rumusan indikator merupakan jabaran dari kompetensi dasar;

3

Rumusan indikator jelas dan merupakan jabaran dari kompetensi dasar;

4

Rumusan indikator jelas, logis dan merupakan jabaran dari kompetensi dasar, atau;

5

Rumusan indikator jelas, logis, lengkap dan merupakan jabaran dari kompetensi dasar.

 

2. mengembangkan dan mengorganisasikan materi, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar

 

Indikator        : 2.1 mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari 3 mata pelajaran yang dipadukan

Penjelasan      : dalam mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari 3 mata pelajaran secara terpadu, guru perlu mempertimbangkan deskriptor- deskriptor berikut.

a)      Kesesuaian dengan Standar Isi dan Kompetensi.

b)      Sistematika materi.

c)      Kesesuaian dengan kemampuan dan kebutuhan siswa

d)     Kemutakhiran (sesuai dengan perkembangan terakhir dalam bidangnya).

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptor tampak;

2

satu deskriptor tampak;

3

Dua deskriptor tampak;

4

Tiga deskriptor tampak, atau

5

Empat deskriptor tampak;

 

 

Indikator        : 2.2 menentukan media (alat bantu) pembelajaran

Penjelasan      : yang dimaksud dengan alat bantu pembelajaran (media) adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyajikan bahan pembelajaran, sehingga memudahkan siswa belajar (misalnya: gambar, model, peta, dan “chart”), tidak termasuk papan tulis, penghapus, dan kapur. Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak direncanakan penggunaan alat bantu mengajar (media);

2

Direncanakan penggunaan satu macam media tetapi tidak tampak kesesuaiannya dengan indikator;

3

Direncanakan penggunaan lebih dari satu macam media tetapi tidak kelihatan kesesuaiannya dengan indikator;

4

Direncanakan penggunaan satu macam media dan tampak kesesuaiannya dengan indikator;

5

Direncanakan penggunaan lebih dari satu macam media dan kelihatan kesesuaiannya dengan indikator.

 

Indikator        : 2.3 memilih sumber belajar

Penjelasan      : sumber belajar dapat berupa buku paket, buku pelengkap, manusia sumber, museum, lingkungan, laboratorium, dan sebagainya.

Untuk menilai butir ini diperhatikan deskriptor seperti di bawah ini.

a)      Kesesuaian sumber belajar dengan tujuan/indikator.

b)      Kesesuaian sumber belajar dengan perkembangan siswa.

c)      Kesesuaian sumber belajar dengan materi yang akan diajarkan.

d)     Kesesuaian sumber belajar dengan lingkungan siswa.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptor tampak;

2

satu deskriptor tampak;

3

Dua deskriptor tampak;

4

Tiga deskriptor tampak, atau

5

Empat deskriptor tampak;

 

3. Merencanakan skenario kegiatan pembelajaran terpadu

Indikator        : 3.1 Menentukan kegiatan belajar

Penjelasan      : kegiatan belajar dapat berupa mendengarkan penjelasan guru, observasi, belajar kelompok, melakukan percobaan, membaca, dan sebagainya. Penggunaan lebih dari satu jenis kegiatan belajar sangat diharapkan dengan maksud agar perbedaan individual siswa dapat dilayani dan kebosanan siswa dapat dihindari.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut.

a)      Sesuai dengan tujuan/indikator;

b)      Sesuai dengan bahan yang akan diajarkan;

c)      Sesuai dengan perkembangan anak;

d)     Sesuai dengan waktu yang tersedia;

e)      Sesuai dengansarana atau lingkungan yang tersedia;

f)       Bervariasi;

g)      Memungkinkan terbentuknya dampak pengiring; serta

h)      Memungkinkan keterlibatan siswa.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptorpun tampak;

2

Satu sampai dua deskriptor tampak;

3

Tiga sampai empat deskriptor tampak;

4

Lima sampai enam deskriptor tampak; atau

5

Tujuh sampai delapan deskriptor tampak.

 

Indikator        : 3.2 menyusun langkah-langkah pembelajaran terpadu

Penjelasan      : langkah-langkah mengajar (pendahuluan, kegiatan inti/penyajian, dan penutup) hendaknya memenuhi kriteria berikut.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak dicantumkan langkah-langkah pembelajaran;

2

Dicantumkan langkah pembukaan, inti/penyajian, dan penutup tetapi tidak dirinci;

3

Dicantumkan langkah pembukaan, inti/penyajian, dan penutup secara rinci tetapi tidak sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran;

4

Dicantumkan langkah pembukaan, inti/penyajian, dan penutup secara rinci dan sesuai dengan tujuan atau materi pembelajaran;

5

Dicantumkan langkah pembukaan, inti/penyajian, dan penutup secara rinci dan sesuai dengan tujuan dan materi pembelajaran.

 

Indikator        : 3.3 menentukan alokasi waktu pembelajaran terpadu

Penjelasan      : alokasi waktu pembelajaran terpadu adalah pembagian waktu untuk setiap tahapan/ jenis kegiatan dalam suatu pertemuan. Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan penyediaan waktu bagi pendahuluan, kegiatan inti/penyajian, dan penutup sebagaimana tampak pada deskriptor berikut.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Alokasi waktu keseluruhan tidak dicantumkan pada rencana pembelajaran terpadu;

2

Alokasi waktu keseluruhan dicantumkan pada rencana pembelajaran terpadu;

3

Alokasi waktu untuk setiap langkah (kegiatan pembukaan, inti/penyajian, dan penutup) dicantumkan;

4

Alokasi waktu kegiatan inti/penyajian lebih besar dari pada jumlah waktu kegiatan pembukaan dan penutup;

5

Alokasi waktu untuk setiap kegiatan dalam langkah-langkah pembelajaran dirinci secara proporsional.

 

Indikator        : 3.4 menentukan cara-cara memotivasi siswa

Penjelasan      : Memotivasi siswa adalah upaya guru untuk membuat siswa belajar secara aktif. Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut.

Cara memotivasi siswa dapat dilihat dari cara guru :

a)      Mempersiapkan bahan pengait (termasuk apersepsi) yang menarik bagi siswa;

b)      Mempersiapkan media;

c)      Menetapkan jenis kegiatan yang menarik; serta

d)     Melibatkan siswa dalam kegiatan.

Dalam menilai butir ini perlu dikaji seluruh komponen rencana pembelajaran terpadu.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptor pun tampak;

2

Satu deskriptor tampak;

3

Dua deskriptor tampak;

4

Tiga deskriptor tampak; atau

5

Empat deskriptor tampak;

 

4. merancang pengelolaan kelas

 

Indikator        : menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran terpadu.

Penjelasan      : yang dimaksud dengan pengorganisasian siswa adalah kegiatan guru dalam menentukan pengelompokkan, memberi tugas, menata alur kerja dan cara kerja, sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran terpadu yang dirancang.

Pengorganisasian siswa ditandai oleh deskriptor berikut.

Dalam rencana pembelajaran terpadu tercantum:

a)      Pengaturan pengorganisasian siswa (individu, kelompok, klasikal)

b)      Penugasan,

c)      Alur dan cara kerja; dan

d)     Kesempatan bagi siswa untuk mendiskusikan hasil tugas.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptor pun tampak;

2

deskriptor atampak;

3

deskriptor a dan b tampak;

4

deskriptor a, b, dan c tampak; atau

5

deskriptor a, b, c, dan d tampak;

 

5. merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan alat penilaian

 

Indikator        : 5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian

Penjelasan      : Prosedur penilaian seperti :

-          Penilaian proses, dan penilaian akhir

 Jenis penilaian meliputi :

-          Tes lisan, tes tertulis, dan tes perbuatan

 Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak dinyatakan prosedur dan jenis penilaian;

2

Tercantum prosedur atau jenis penilaian tetapi tidak sesuai dengan tujuan/indikator;

3

Tercantum prosedur atau jenis penilaian yang sesuai dengan tujuan/indikator

4

Tercantum prosedur dan jenis penilaian, salah satu di antaranya sesuai dengan tujuan/indikator; atau

5

Tercantum prosedur dan jenis penilaian, keduanya sesuai dengan tujuan/indikator.

 

Indikator        : 5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

Penjelasan      : alat penilaian dapat berbentuk pertanyaan, tugas dan lembar observasi, sedangkan kunci jawaban dapat berupa kunci jawaban yang benar atau rambu-rambu jawaban.

Untuk menilai butir ini digunakan skala penilaian berikut.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak terdapat soal/pertanyaan;

2

Ada soal/pertanyaan untuk setiap indikator;

3

Setiap soal/pertanyaan mengukur indikator;

4

Bahasa dan/atau format setiap soal/pertanyaan memenuhi syarat penyusunan butir soal; atau

5

Setiap soal/pertanyaan disertai kunci/rambu jawaban yang benar.

 

6. tampilan dokumen rencana pembelajaran terpadu

 

Indikator        : 6.1 kebersihan dan kerapian

Penjelasan      : Kebersihan dan kerapian rencana pembelajaran terpadu dapat dilihat dari penampilan fisik rencana pembelajaran terpadu.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut.

a)      Tulisan dapat dibaca dengan mudah.

b)      Tidak banyak coretan.

c)      Bentuk tulisan ajeg (konsisten).

d)     Ilustrasi tepat dan menarik.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptor tampak;

2

satu deskriptor tampak;

3

Dua deskriptor tampak;

4

Tiga deskriptor tampak, atau

5

Empat deskriptor tampak;

 

Indikator        : 6.2 penggunaan bahasa tulis

Penjelasan      : bahasa tulis adalah yang digunakan dalam rencana pembelajaran terpadu hendaknya mengikuti kaidah bahasa tulis yang baik.

Untuk menilai butir ini perlu diperhatikan deskriptor berikut.

a)      Bahasa komunikatif.

b)      Pilihan kata tepat.

c)      Struktur kalimat baku.

d)     Cara penulisan sesuai dengan EYD.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptor tampak;

2

satu deskriptor tampak;

3

Dua deskriptor tampak;

4

Tiga deskriptor tampak, atau

5

Empat deskriptor tampak;

 

7. Tampilan Lembar Peta Jaring-Jaring Tematik

 

Indikator        :  Kreativitas tampilan Peta Jaring-Jaring Tematik

Penjelasan      : Lembar Peta Jaring-jaring Tematik dapat secara jelas menggambarkan keterhubungan melalui tema dan dikembangkan secara kreatif. Untuk menilai butir ini perlu diperharikan deskriptor berikut.

a)      Kompetensi Dasar pada setiap kotak mata pelajaran sesuai dengan Standard Isi dan Kompetensi.

b)      Tema ditampilkan dalam bentuk gambar yang menarik dan jelas.

c)      Ada penghubung antara Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran dengan Tema yang digambarkan secara menarik dan jelas.

d)     Tulisan indah dan jelas.

Skala Penilaian

Penjelasan

 

Dalam rencana pembelajaran terpadu:

1

Tidak satu deskriptor tampak;

2

satu deskriptor tampak;

3

Dua deskriptor tampak;

4

Tiga deskriptor tampak, atau

5

Empat deskriptor tampak;

 

Kegiatan Belajar 2

Praktek Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di SD

 

Berikut ini rambu-rambu pelaksanaan praktek pembelajaran terpadu di dalam kelas :

a.  Mahasiswa  harus melakukan simulasi pelaksanaan pembelajaran terpadu di kelas terlebih dahulu sebelum melaksanakan praktek pembelajaran.

b.  Sebelum melakukan praktek peembelajaran , guru harus meminta ijin terlebih dahulu kepada kepala sekolah dan menginformasikan pula kepada para siswa. Saat melakukan praktek mahasiswa  dapat meminta bantuan teman agar dapat menilai hasil praktek mengajarnya dengan  menyiapkan lembaran penilaian yang kemudian akan di evalusikan bersama.

c.  Untuk melaksanakan praktek pembelajaran terpadu dikelas , kita harus mengisi lembar refleksi pelaksanaan pembelajaran terpadu yang didasarkan atas pengamatan dikelas saat pelaksanaan pembelajaran terpadu.

d.  Untuk keperluan simulasi pembelaran terpadu di kelas turorial, harus mendiskusikannya dengan sekolah. Waktu simulasi pembelajaran terpadu untuk setiap mahasiswa maksimal 20 menit. Walaupun demikian untuk kegiatan simulasi pembelajaran terpadu harus tetap seperti untuk pembelajaran pada situasi nyata dan mengikuti kurikulum di sekolah. Saat simulasi tidak perlu menampilkan tahapan kegiatan pembelajaran secara utuh.

e. Pada bagian-bagian yamg disimulasikann dapat dilewatkan misalnya pre memori. Artinya sudah dilakukan misalnya seperti mensimulasikan kegiatan inti/penyajian

f.  Kita harus benar-benar bersikap seperti guru yangs sedang mengajar di kelas yang sebenarnya.

 

1.      Alat Penilaian Kemampuan Guru

  1. lembar penilaian kemampuan melaksanakan pembelajaran terpadu

1.

NAMA MAHASISWA

..............................................................................................

2

NIM

.............................................................................................

3

ALAMAT SEKOLAH

.............................................................................................

4

KELAS/SEMETER

.............................................................................................

5

TEMA

.............................................................................................

6

MATA PELAJARAN

1. .........................................................................................

2. .........................................................................................

3. ........................................................................................

7

TANGGAL

...............................................................................................

8

KELOMPOK BELAJAR

...............................................................................................

9

UPBJJ-UT

...............................................................................................

 

 

1)      Melakukan pembelajaran

    1. Melaksanakan tugas rutin kelas
    2. Memulai kegiatan pembelajaran
    3. Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator,siswa,situasi,dan lingkungan.
    4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok atau klasikal
    5. Mengunakan sumber belajar  yang sesuai dengan kemampuansiswa
    6. Menggunakan media yang sesuai dengan  kemapuan siswa
    7. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien

1)      Mengelola interaksi kelas

a.       Menujukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa

b.      Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.       Melakukan komunikasi secara efektif

2)      Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu secara bersamaan sebagai contohnya:

a.       Bahasa Indonesia

-          Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia

-          Memberikan latihan keterampilan berbahasa

-          Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar

b.      Matematika

-          Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulative

-          Menguasai simbol-simbol matematika

-          Memberikan latihan penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari

c.       Ipa

-          Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung

-          Meningkatkan keterampilan siswa melalui pengalaman secara langsung

-          Menampilkan penguasaan ipa

d.      Ips

-          Mengembangkan pemahaman konsep waktu

-          Mengembangkan pemahaman konsep ruang

-          Mengembangakan pemahaman konsep kelangkaan

3)      Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

a.       Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran

b.      Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran

4)      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

a.       Penampilam guru dalam pembelajaran

b.      Keefektifan pembelajaran terpadu

Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.

Lembar Penilaian Kemampuan Melaksanakan Pembalajaran Terpadu

1.      Melakukan pembelajaran

a.       melaksanakan tugas rutin  kelas

b.  Tugas rutin dapat berhubungan langsung atau tidak langsung dengan kegiatan pembelajaran. Tetapi, pelaksanaannya cukup penting karena dapat menunjang kelancaran pembelajaran. Seperti:

-          Memeriksa ketersedian alat tulis

-          Memeriksa kehadiran siswa

-          Memeriksa keberisihan

-          Memeriksa kesiapan alat-alat pelajaran siswa

-          Memulai kegiatan pembelajaran

-          Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator/siswa,situasi,dan lingkungan

Terdapat kesesuaian antara ragam kegiatan yang dipilih dan digunakan guru dengan kemampuan/tujuan pembelajaran,siswa, serta situasi yang dihadapi dan lingkungan. Pada indiktor ini tercermin pula pendekatan,metode,dan teknik pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru. Penilaian butir ini dilakukan dengan cara memperthatikan deskriptor:

-          Sesuai dengan kemampuan  atau tujuan belajar yang diharapkan

-          Sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran yang diajarkan

-          Sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa

-          Sesuai dengan situasi dan lingkungan belajar

-          Terkoordinasi dengan baik

2.      Mengelola interaksi kelas

Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka dan penuh pengertian kepada siswa. Hal ini merujuk pada kemampuan guru dalam bersikap dan berperilaku dengan memperhatikan deskriptor berikut:

-          Menampilkan sikap bersahabat kepada siswa

-          Memperlakukan seluruh siwa secara adil atau professional

-          Menghargai setiap perbedaan pendapat, baik antarsiswa,maupun antara guru dengan siswa.

-          Mampu mengontrol tindakan dalam merespon perilaku atau pertanyaan yang kurang sesuai atau diluar kepatutan.

3.      Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

-          Melaksanakan penilaian selam proses pembelajaran. Penilian ini bertujuan agar mendapatkan bailkan mengenai tahapa pencapaian tujuan selama proses pembelajaran

-          Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir pembelajaran. Hal ini bertujuan mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

4.      Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

Peka terhadap kemampuan berbahasa

Guru dapat menunjukkan kepekaan terhadap kesalahan berbahasa siswa agar mereka terbiasa menggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar. Sikap peka itu dapat ditunjukkan dengan berbagai cara seperti mengingatkan dan meminta mereka memperbaiknya kembali.

 

Lembar penilaian  Simulasi Pembelajaran Terpadu

IDENTITAS

1.      NAMA MAHASISWA         :

2.      NIM                                        :

3.      MATA PELAJARAN                        : 1.

  2.

  3.

4.      TEMA                                     :

5.      KELAS/SEMETER                :

 

ASPEK YANG DIAMATI

SKALA PENILAIAN

Waktu Tampilan

1

2

3

4

5

A.  PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL

 

 

 

 

 

 

1.      Menarik perhatian/memotivasi

 

 

 

 

 

 

2.      Memberikan acuan

 

 

 

 

 

 

3.      Membuat kaitan

 

 

 

 

 

 

Rata- rata KW : N1+N2+N3

                                  3

 

 

 

 

 

 

B.  PENYAJIAN/KEGIATAN

 

 

 

 

 

 

1.      Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan contoh/ilustrasi/demonstrasi

 

 

 

 

 

 

2.      Tanya jawab/pemberian penguatan

 

 

 

 

 

 

3.      Pemberian tugas/ latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses

 

 

 

 

 

 

4.      Ada supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan

 

 

 

 

 

 

Rata -rata KI : N1+N2+N3+N4

                                 4

 

 

 

 

 

 

C.     PENUTUP/KEGIATAN AKHIR

 

 

 

 

 

 

1.      Peninjauan kembali

 

 

 

 

 

 

2.      Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut

 

 

 

 

 

 

Rata -rata KK : N1+N2

                              2

 

 

 

 

 

 

 

Catatan :

KW  = rata-rata nilai Kegiatan Awal

KI   = rata-rata nilai kegiata inti

KK  = rata-rata nilai Kegiatan Akhir

Nilai Simulasi Pembelajaran Terpadu/K

K= KW+KI+KK =

              3

Penjelasan/cara menggunakan lembar penilaian simulasi pembelajaran terpadu

A.          kegiatan awal

1.      menarik minat/perhatian

Skala Penilaian

Penjelasan

1.

 

 

 

2.

 

3.

 

4.

 

 

 

 

5.

 

Dalam simulasi kegiatan awal komponen menarik perhatian/memotivasi: tidak satu komponen (menarik

perhatian/memotivasi)

tampak;

Salah satu komponen (menarik perhatian/memotivasi) tampak;

Kedua komponen (menarik perhatian dan memotivasi) tampak;

Menarik perhatian dengan menggunakan alat bantu (contoh mendengarkan kaset, demonstrasi dengan boneka yang relevan dengan materi) dan memotivasi dengan memaparkan suatu fakta atau ide yang bertentangan dengan materi dari 3 mata pelajaran yang dipadukan;

Menarik perhatian dengan melibatkan siswa dan menggunakan alat bantu, dan memotivasi dengan melibatkan siswa untuk memaparkan fakta atau ide yang bertentangan dengan materi dari 3 mata pelajaran yang dipadukan.

 

2.      Memberikan acuan

Skala Penilaian

Penjelasan

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

2.

3.

4.

5.

Dalam simulasi kegiatan awal komponen memberikan acuan :

Tidak satu pun dari aspek berikut ini yang nampak

a.       mengemukakan tujuan & batas-batas tugas

b.      menyampaikan langkah-langkah pembelajaran

c.       yang harus dilakukan; mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas;

d.      mengajukan pertanyaan berkaitan dengan pokok materi yang akan dibahas.

Hanya satu aspek dari point a -d yang nampak.

Dua aspek dari point a - d yang nampak.

Tiga aspek dari point a - d yang nampak.

Keempat aspek dari point a - d nampak semua.

 

 

 

3.      Membuat kaitan

Skala Penilaian

Penjelasan

 

1.

 

 

2.

3.

4.

 

5.

 

Dalam simulasi kegiatan awal komponen membuat kaitan:

Tidak satupun dari aspek berikut ini yang nampak

a.       Mengajukan pertanyaan apersepsi

b.      Merangkum pelajaran yang lalu

Salah satu dari aspek poin a-b nampak

Kedua aspek dari poin a-b nampak

Kedua aspek dari poin a -b nampak dan sesuai dengan indikator/ tujuan yang ditetapkan

Kedua aspek dari poin a-b nempak, sesuai dengan indikator/ tujuan yang ditetapkan, serta bermakna bagi siswa

 

B.           Kegiatan Inti

1.      Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan contoh/ilustrasi/demonstrasi

Skala Penilaian

Penjelasan

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

3.

4.

5.

Dalam simulasi kegiatan inti komponen menjelaskan :

Tidak satu pun dari aspek berikut ini nampak

a.  Penjelasan terkait dengan materi dari 3 mata pelajaran yang dipadukan dan disampaikan dengan bahasa yang jelas

b. Balikan tentang penjelasan yang disajikan dengan melihat mimik/raut wajah siswa atau mengajukan pertanyaan

c.   Penjelasan disertai contoh

d. Penjelasan disertai dengan alat bantu  atau media pembelajaran

Hanya 1 aspek yang nampak

Ada 2 aspek yang nampak

Ada 3 aspek yang nampak

Ke empat aspek tersebut semuanya nampak

 

C.           Kegiatan Penutup

1.      Peninjauan kembali

Skala Penilaian

Penjelasan

 

1.

 

 

2.

3.

4.

 

5.

 

Dalam situasi kegiatan akhir :

Tidak satupun dari aspek berikut yang nampak

a. Membuat ringkasan

b. Merangkum materi yang sudah dibahas

Hanya satu aspek yang nampak

Salah satu aspek melibatkan siswa

Salah satu aspek yang namapk dilakukan oleh guru dan siswa

Salah satu aspek yang nampak dilakukan oleh siswa disertai ringkasan secara tertulis yang disiapkan

2.      Evaluasi hasil pembelajaran/pemberian tindak lanjut

3.      Penilaian yang dilakukan secara tepat dan terperinci

 

BAB III

KESIMPULAN

 

Prosedur kegiatan perancangan pembelajarn Terpadu untuk praktek dan simulasi antara lain :

1.    Menetapkan mata pelajaran yang dipadukan

2.    Menetapkan kompetensi dasar dari 3 mata pelajaran di SD

3.    Mengembangkan tema yang sesuai

4.    Mengembangkan peta keterhubungan antara kompetensi dasar dan tema pemersatu

5.    Penyusunan satuan pembelajaran terpadu

0 comments:

Post a Comment