ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU(APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05 4. KELAS
/
SEMESTER
: I (Satu) / II (Dua) 5. MATA
PELAJARAN : 1.MATEMATIKA 2. IPA 6. TEMA
: TEMA 5 DAN TEMA 6 7. WAKTU : 2 X 35 MENIT 8. TANGGAL
: 19 MEI 2022 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah
semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir
penilaian di bawah ini.
1. |
Menentukan
tema, bahan pembelajaran |
||||||||||||||
dan
merumuskan tujuan/indicator |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
1.1 |
Kesesuaian
tema penghubung dengan kompetensi |
||||||||||||||
dasar 3 mata
pelajaran |
|||||||||||||||
1.2 |
Menggunakan bahan
pembelajaran yang sesuai |
||||||||||||||
dengan
Standar Isi dan Kompetensi |
|||||||||||||||
1.3 |
Merumuskan
tujuan/indikator |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 1 = A |
|||||||||||||||
2. |
Mengembangkan
dan mengorganisasikan |
||||||||||||||
materi, media
pembelajaran, dan sumber belajar |
|||||||||||||||
2.1 |
Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi |
||||||||||||||
dari 3 mata
pelajaran |
|||||||||||||||
2.2 |
Menentukan
dan mengembangkan alat |
||||||||||||||
bantu/media
pembelajaran |
|||||||||||||||
2.3 |
Memilih
sumber belajar |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 2 = B |
|||||||||||||||
3. |
Merencanakan
skenario kegiatan |
||||||||||||||
pembelajaran
terpadu |
|||||||||||||||
3.1 |
Menentukan
jenis kegiatan pembeljaran Terpadu |
||||||||||||||
3.2 |
Menyusun
langkah-langkah pembelajaran Terpadu |
||||||||||||||
3.3 |
Menentukan
alokasi waktu pembelajaran Terpadu |
||||||||||||||
3.4 |
Menentukan
cara-cara memotivasi siswa |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 3 = C |
|||||||||||||||
4. |
Merancang
pengelolaan kelas |
||||||||||||||
Menentukan
cara-cara pengorganisasian siswa |
|||||||||||||||
agar dapat
berpartisipasi dalam pembelajaran Terpadu |
|||||||||||||||
Rata-rata
butir 4 = D |
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
5. |
Merencanakan
prosedur, jenis, dan |
||||||||||||||
menyiapkan
alat penilaian |
|||||||||||||||
5.1 |
Menentukanm
prosedur dan jenis penilaian |
||||||||||||||
5.2 |
Membuat
alat-alat penilaian dan kunci jawaban |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 5 = E |
|||||||||||||||
6. |
Tampilan
dokumen rencana pembelajaran |
||||||||||||||
terpadu |
|||||||||||||||
6.1 |
Kebersihan
dan kerapian |
||||||||||||||
6.2 |
Penggunaan
bahasa tulis |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 6 = F |
|||||||||||||||
7. |
Tampilan
Lembar Peta Jaring-jaring Tematik |
||||||||||||||
Kreativitas
tampilan Peta Jaring-jaring Tematik |
|||||||||||||||
Rata-rata
butir 7 = G |
Nilai APKG 1 = R R = R = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM |
Ciputat
Timur, …….2022 Teman Sejawat, Miskiyah M. Pd NIP. |
|
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
(APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05 4. KELAS
/
SEMESTER
: I (Satu) / II (Dua) 5. MATA
PELAJARAN : 1.MATEMATIKA 2. BAHASA
INDONESIA 6. TEMA
: TEMA 5 DAN TEMA 6 7. WAKTU : 2X35 MENIT 8. TANGGAL
: 19 MEI 2022 |
PETUNJUK
1. Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan
perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa
3. Nilaila
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4. Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang
sedang diajarkan
1. |
Melakukan
pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
a. |
Melaksanakan
tugas rutin kelas |
|||||||||||||||
b. |
Memulai
kegiatan pembelajaran |
|||||||||||||||
c. |
Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan |
|||||||||||||||
kemampuan/tujuan/
indikator, siswa, situasi, |
||||||||||||||||
&
lingkungan |
||||||||||||||||
d. |
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran |
|||||||||||||||
secara
individual, kelompok, atau klasikal |
||||||||||||||||
e. |
Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan |
|||||||||||||||
kemampuan/tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungannya |
||||||||||||||||
f. |
Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan |
|||||||||||||||
tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan |
||||||||||||||||
g. |
Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien |
|||||||||||||||
h. |
Mengakhiri
kegiatan pembelajaran |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 1 = P |
||||||||||||||||
2. |
Mengelola
interaksi kelas |
|||||||||||||||
a. |
Menunjukkan
perhatian serta sikap bersahabat, |
|||||||||||||||
terbuka, dan
penuh perhatian kepada siswa |
||||||||||||||||
b. |
Memicu dan
memelihara keterlibatan siswa |
|||||||||||||||
c. |
Melakukan
komunikasi secara efektif |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 2 = Q |
||||||||||||||||
3. |
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam |
|||||||||||||||
pembelajaran
terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu |
||||||||||||||||
secara
bersamaan (isi yang sesuai dengan RP |
||||||||||||||||
Pembelajaran
Terpadu yang sedang dinilai) |
||||||||||||||||
a. |
Bahasa
Indonesia |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan
penguasaan materi |
|||||||||||||||
bahasa
Indonesia |
||||||||||||||||
2) |
Memberikan
latihan ketrampilan berbahasa |
|||||||||||||||
3) |
Mengembangkan
kemampuan siswa untuk |
|||||||||||||||
berkomunikasi
dan bernalar |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3a = R |
||||||||||||||||
b. |
Matematika |
|||||||||||||||
1) |
Menanamkan
konsep matematika melalui |
|||||||||||||||
kegiatan
manipulatif |
||||||||||||||||
2) |
Menguasai
simbol-simbol matematika |
|||||||||||||||
3) |
Memberikan
latihan penggunaan konsep matematika |
|||||||||||||||
dalam
kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3b = R |
||||||||||||||||
c. |
IPA |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan
pembelajaran IPA melalui |
|||||||||||||||
pengalaman
langsung |
||||||||||||||||
2) |
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui |
|||||||||||||||
pengalaman
langsung |
||||||||||||||||
3) |
Menampilkan
penguasaan IPA |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 3c = R |
||||||||||||||||
d. |
IPS |
|||||||||||||||
1) |
Mengembangkan
pemahaman konsep waktu |
|||||||||||||||
2) |
Mengembangkan
pemahaman konsep ruang |
|||||||||||||||
3) |
Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan |
|||||||||||||||
(scarcity) |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3d = R |
||||||||||||||||
e. |
PKn |
|||||||||||||||
1) |
Ketepatan
menggunakan istilah-istilah khusus dan |
|||||||||||||||
konsep dalam
Pendidikan Kewarganegaraan |
||||||||||||||||
2) |
Penguasaan
materi Pendidikan Kewarganegaraan |
|||||||||||||||
3) |
Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan |
|||||||||||||||
dalam
kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3e = R |
||||||||||||||||
4. |
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar |
|||||||||||||||
a. |
Melaksanakan
penilaian selama proses |
|||||||||||||||
pembelajaran |
||||||||||||||||
b. |
Melaksanakan
penilaian hasil belajar pada akhir |
|||||||||||||||
Pembelajaran |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 4 = S |
||||||||||||||||
5. |
Kesan umum pelaksanaan
pembelajaran |
|||||||||||||||
a. |
Peka terhadap
kemampuan berbahasa |
|||||||||||||||
b. |
Penampilan
guru dalam pembelajaran |
|||||||||||||||
c. |
Keefektifan
pembelajaran terpadu |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 5 = T |
||||||||||||||||
Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan
kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran
perbaikan. |
Nilai APKG 2 = K K = K = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM NIP. |
|
Ciputat
Timur, …….2022 Teman Sejawat, Miskiyah, M. Pd NIP. |
|
LEMBAR PENILAIAN SIMULASI
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
IDENTITAS
1. NAMA
MAHASISWA : RIZA
BADRUZZAMAN
2. NIM : 857129148
3. MATA
PELAJARAN :
1. MATEMATIKA
2.IPA
4. TEMA TEMA 5 DAN
6
5. KELAS/SEMESTER
: SATU DAN DUA SEMESTER II
ASPEK YANG DIAMATI |
SKALA PENILAIAN |
WAKTU TAMPILAN |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
A.
PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL |
||||||
1. Menarik
perhatian/motivasi |
||||||
2. Memberikan
acuan |
||||||
3. Membuat
kaitan |
||||||
Rata-rata KW
: N1+N2+N3
3 |
||||||
B.
PENYAJIAN/KEGIATAN INTI |
||||||
1. Penjelasan
konsep/data/fakta/prinsip dengan contoh/ilustrasi/demonstrasi |
||||||
2. Tanya
jawab/pemberian penguatan |
||||||
3. Pemberian
tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses |
||||||
4. Ada
supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan |
||||||
Rata-rata KW
: N1+N2+N3+N4
4 |
||||||
C.
PENUTUP/KEGIATAN AKHIR |
||||||
1. Peninjauan
kembali |
||||||
2. Evaluasi
hasil belajar/pemberian tindak lanjut |
||||||
Rata-rata KW
: N1+N2
2 |
Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku
mahasiswa yang terekam : |
Ciputat
Timur,
2022
Pengamat / tutor
Drs.
Neneng Puspa Dahlia, M. Pd
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama
Mahasiswa
: RIZA BADRUZZAMAN
NIM
: 857129148
Program
Studi
: S1 PGSD
UPBJJ
: Jakarta
Refleksi Komponen
1. Bagaimana
cara saya memilih tema dalam Pembelajaran Terpadu?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2. Apa
yang saya rasakan saat melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas saya
sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
3. Masalah
atau kendala apa yang saya alami saat melakukan praktik Pembelajaran terpadu di
kelas saya sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
4. Bagaimana
reaksi atau kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktik Pembelajaran
Terpadu di kelas?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
5. Apa
komentar atau saran teman sejawat terhadap penampilan saya saat praktik
melaksanakan pembelajaran?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
(APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05 4. KELAS
/
SEMESTER
: I (Satu) / II (Dua) 5. MATA
PELAJARAN : 1. MATEMATIKA 2. IPA 6. TEMA
: TEMA 5 DAN 6 7. WAKTU : 2 X 35 MENIT 8. TANGGAL
: 19 MEI 2022 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana
pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah
semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir
penilaian di bawah ini.
1. |
Menentukan
tema, bahan pembelajaran |
||||||||||||||
dan
merumuskan tujuan/indicator |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
1.1 |
Kesesuaian
tema penghubung dengan kompetensi |
||||||||||||||
dasar 3 mata
pelajaran |
|||||||||||||||
1.2 |
Menggunakan
bahan pembelajaran yang sesuai |
||||||||||||||
dengan
Standar Isi dan Kompetensi |
|||||||||||||||
1.3 |
Merumuskan
tujuan/indikator |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 1 = A |
|||||||||||||||
2. |
Mengembangkan
dan mengorganisasikan |
||||||||||||||
materi, media
pembelajaran, dan sumber belajar |
|||||||||||||||
2.1 |
Mengembangkan
dan mengorganisasikan materi |
||||||||||||||
dari 3 mata
pelajaran |
|||||||||||||||
2.2 |
Menentukan
dan mengembangkan alat |
||||||||||||||
bantu/media
pembelajaran |
|||||||||||||||
2.3 |
Memilih sumber
belajar |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 2 = B |
|||||||||||||||
3. |
Merencanakan
skenario kegiatan |
||||||||||||||
pembelajaran
terpadu |
|||||||||||||||
3.1 |
Menentukan
jenis kegiatan pembeljaran Terpadu |
||||||||||||||
3.2 |
Menyusun langkah-langkah
pembelajaran Terpadu |
||||||||||||||
3.3 |
Menentukan
alokasi waktu pembelajaran Terpadu |
||||||||||||||
3.4 |
Menentukan
cara-cara memotivasi siswa |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 3 = C |
|||||||||||||||
4. |
Merancang
pengelolaan kelas |
||||||||||||||
Menentukan
cara-cara pengorganisasian siswa |
|||||||||||||||
agar dapat
berpartisipasi dalam pembelajaran Terpadu |
|||||||||||||||
Rata-rata
butir 4 = D |
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
5. |
Merencanakan
prosedur, jenis, dan |
||||||||||||||
menyiapkan
alat penilaian |
|||||||||||||||
5.1 |
Menentukanm
prosedur dan jenis penilaian |
||||||||||||||
5.2 |
Membuat
alat-alat penilaian dan kunci jawaban |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 5 = E |
|||||||||||||||
6. |
Tampilan
dokumen rencana pembelajaran |
||||||||||||||
terpadu |
|||||||||||||||
6.1 |
Kebersihan
dan kerapian |
||||||||||||||
6.2 |
Penggunaan
bahasa tulis |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 6 = F |
|||||||||||||||
7. |
Tampilan Lembar
Peta Jaring-jaring Tematik |
||||||||||||||
Kreativitas
tampilan Peta Jaring-jaring Tematik |
|||||||||||||||
Rata-rata
butir 7 = G |
Nilai APKG 1 = R R = R = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM |
Ciputat
Timur, …….2022 Teman Sejawat, Miskiyah M. Pd NIP. |
|
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
(APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05 4. KELAS
/
SEMESTER
: I11 (TIGA) / II (Dua) 5. MATA
PELAJARAN : 1. MATEMATIKA 2. BAHASA
INDONESIA 3. 6. TEMA
: TEMA 5 DAN 6 7. WAKTU : 2 X 35 MENIT 8. TANGGAL
: 19 MEI 2022 |
PETUNJUK
1. Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan
perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa
3. Nilaila
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4. Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang
sedang diajarkan
1. |
Melakukan
pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
a. |
Melaksanakan
tugas rutin kelas |
|||||||||||||||
b. |
Memulai
kegiatan pembelajaran |
|||||||||||||||
c. |
Menggunakan
ragam kegiatan yang sesuai dengan |
|||||||||||||||
kemampuan/tujuan/
indikator, siswa, situasi, |
||||||||||||||||
&
lingkungan |
||||||||||||||||
d. |
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran |
|||||||||||||||
secara
individual, kelompok, atau klasikal |
||||||||||||||||
e. |
Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan |
|||||||||||||||
kemampuan/tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungannya |
||||||||||||||||
f. |
Menggunakan
media belajar yang sesuai dengan |
|||||||||||||||
tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan |
||||||||||||||||
g. |
Menggunakan
waktu pembelajaran secara efisien |
|||||||||||||||
h. |
Mengakhiri
kegiatan pembelajaran |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 1 = P |
||||||||||||||||
2. |
Mengelola
interaksi kelas |
|||||||||||||||
a. |
Menunjukkan perhatian
serta sikap bersahabat, |
|||||||||||||||
terbuka, dan
penuh perhatian kepada siswa |
||||||||||||||||
b. |
Memicu dan
memelihara keterlibatan siswa |
|||||||||||||||
c. |
Melakukan
komunikasi secara efektif |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 2 = Q |
||||||||||||||||
3. |
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam |
|||||||||||||||
pembelajaran
terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu |
||||||||||||||||
secara
bersamaan (isi yang sesuai dengan RP |
||||||||||||||||
Pembelajaran
Terpadu yang sedang dinilai) |
||||||||||||||||
a. |
Bahasa
Indonesia |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan
penguasaan materi |
|||||||||||||||
bahasa
Indonesia |
||||||||||||||||
2) |
Memberikan
latihan ketrampilan berbahasa |
|||||||||||||||
3) |
Mengembangkan
kemampuan siswa untuk |
|||||||||||||||
berkomunikasi
dan bernalar |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3a = R |
||||||||||||||||
b. |
Matematika |
|||||||||||||||
1) |
Menanamkan
konsep matematika melalui |
|||||||||||||||
kegiatan
manipulatif |
||||||||||||||||
2) |
Menguasai
simbol-simbol matematika |
|||||||||||||||
3) |
Memberikan latihan
penggunaan konsep matematika |
|||||||||||||||
dalam
kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3b = R |
||||||||||||||||
c. |
IPA |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan
pembelajaran IPA melalui |
|||||||||||||||
pengalaman
langsung |
||||||||||||||||
2) |
Meningkatkan keterlibatan
siswa melalui |
|||||||||||||||
pengalaman
langsung |
||||||||||||||||
3) |
Menampilkan
penguasaan IPA |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 3c = R |
||||||||||||||||
d. |
IPS |
|||||||||||||||
1) |
Mengembangkan
pemahaman konsep waktu |
|||||||||||||||
2) |
Mengembangkan
pemahaman konsep ruang |
|||||||||||||||
3) |
Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan |
|||||||||||||||
(scarcity) |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3d = R |
||||||||||||||||
e. |
PKn |
|||||||||||||||
1) |
Ketepatan
menggunakan istilah-istilah khusus dan |
|||||||||||||||
konsep dalam
Pendidikan Kewarganegaraan |
||||||||||||||||
2) |
Penguasaan
materi Pendidikan Kewarganegaraan |
|||||||||||||||
3) |
Menerapkan
konsep Pendidikan Kewarganegaraan |
|||||||||||||||
dalam
kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3e = R |
||||||||||||||||
4. |
Melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar |
|||||||||||||||
a. |
Melaksanakan
penilaian selama proses |
|||||||||||||||
pembelajaran |
||||||||||||||||
b. |
Melaksanakan
penilaian hasil belajar pada akhir |
|||||||||||||||
Pembelajaran |
||||||||||||||||
Rata-rata butir 4 = S |
||||||||||||||||
5. |
Kesan umum
pelaksanaan pembelajaran |
|||||||||||||||
a. |
Peka terhadap
kemampuan berbahasa |
|||||||||||||||
b. |
Penampilan
guru dalam pembelajaran |
|||||||||||||||
c. |
Keefektifan
pembelajaran terpadu |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 5 = T |
||||||||||||||||
Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan
kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran
perbaikan. |
Nilai APKG 2 = K K = K = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM NIP. |
|
Ciputat
Timur, …….2022 Teman Sejawat, Miskiyah, M. Pd NIP. |
|
LEMBAR PENILAIAN SIMULASI
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
IDENTITAS
1. NAMA
MAHASISWA : RIZA
BADRUZZAMAN
2. NIM : 857129148
3. MATA
PELAJARAN :
1. MATEMATIKA
2. BAHASA INDONESIA
3.
4. TEMA
: TEMA 5 DAN 6
5. KELAS/SEMESTER
: II DAN III
ASPEK YANG DIAMATI |
SKALA PENILAIAN |
WAKTU TAMPILAN |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||
A.
PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL |
||||||
1. Menarik
perhatian/motivasi |
||||||
2. Memberikan
acuan |
||||||
3. Membuat
kaitan |
||||||
Rata-rata KW
: N1+N2+N3
3 |
||||||
B.
PENYAJIAN/KEGIATAN INTI |
||||||
1. Penjelasan
konsep/data/fakta/prinsip dengan contoh/ilustrasi/demonstrasi |
||||||
2. Tanya
jawab/pemberian penguatan |
||||||
3. Pemberian
tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses |
||||||
4. Ada
supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan |
||||||
Rata-rata KW
: N1+N2+N3+N4
4 |
||||||
C.
PENUTUP/KEGIATAN AKHIR |
||||||
1. Peninjauan
kembali |
||||||
2. Evaluasi
hasil belajar/pemberian tindak lanjut |
||||||
Rata-rata KW
: N1+N2
2 |
Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku
mahasiswa yang terekam : |
Ciputat
Timur,
2022
Pengamat / tutor
Drs.
Neneng Puspa Dahlia, M. Pd
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama
Mahasiswa
: RIZA BADRUZZAMAN
NIM
: 857129148
Program
Studi
: S1 PGSD
UPBJJ
: Jakarta
Refleksi Komponen
1. Bagaimana
cara saya memilih tema dalam Pembelajaran Terpadu?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2. Apa
yang saya rasakan saat melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas saya
sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
3. Masalah
atau kendala apa yang saya alami saat melakukan praktik Pembelajaran terpadu di
kelas saya sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
4. Bagaimana
reaksi atau kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktik Pembelajaran
Terpadu di kelas?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
5. Apa
komentar atau saran teman sejawat terhadap penampilan saya saat praktik
melaksanakan pembelajaran?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
0 comments:
Post a Comment