Thursday 16 June 2022

CONTOH APKG 1 DAN 2 KELAS RANGKAP

0 comments

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU(APKG 1)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 



1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                                       :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :    I (Satu) / II (Dua)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1.MATEMATIKA

                                                                    2. IPA

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN TEMA 6

7.      WAKTU                                                :    2 X 35 MENIT

8.      TANGGAL                                            :    19 MEI 2022

 

PETUNJUK

Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

 

1.

Menentukan tema, bahan pembelajaran

dan merumuskan tujuan/indicator

1

2

3

4

5

1.1

Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi

dasar 3 mata pelajaran

1.2

Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai

dengan Standar Isi dan Kompetensi

1.3

Merumuskan tujuan/indikator

Rata-rata butir 1 = A

2.

Mengembangkan dan mengorganisasikan

materi, media pembelajaran, dan sumber belajar

2.1

Mengembangkan dan mengorganisasikan materi

dari 3 mata pelajaran

2.2

Menentukan dan mengembangkan alat

bantu/media pembelajaran

2.3

Memilih sumber belajar

Rata-rata butir 2 = B

3.

Merencanakan skenario kegiatan

pembelajaran terpadu

3.1

Menentukan jenis kegiatan pembeljaran Terpadu

3.2

Menyusun langkah-langkah pembelajaran Terpadu

3.3

Menentukan alokasi waktu pembelajaran Terpadu

3.4

Menentukan cara-cara memotivasi siswa

Rata-rata butir 3 = C

4.

Merancang pengelolaan kelas

Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa

agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran Terpadu

Rata-rata butir 4 = D

 

 

5.

Merencanakan prosedur, jenis, dan

menyiapkan alat penilaian

5.1

Menentukanm prosedur dan jenis penilaian

5.2

Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

Rata-rata butir 5 = E

6.

Tampilan dokumen rencana pembelajaran

terpadu

6.1

Kebersihan dan kerapian

6.2

Penggunaan bahasa tulis

Rata-rata butir 6 = F

7.

Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik

Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik

Rata-rata butir 7 = G

 

Nilai APKG 1 = R

R =  

                

R =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

 

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

 

 

Miskiyah M. Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                                       :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :    I (Satu) / II (Dua)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1.MATEMATIKA

                                                                    2. BAHASA INDONESIA

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN TEMA 6

7.      WAKTU                                                : 2X35 MENIT

8.      TANGGAL                                            19 MEI 2022

 

PETUNJUK

1.        Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung

2.        Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa

3.        Nilaila kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini

4.       Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang sedang diajarkan

 

1.

Melakukan pembelajaran

1

2

3

4

5

a.

Melaksanakan tugas rutin kelas

b.

Memulai kegiatan pembelajaran

c.

Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan/ indikator, siswa, situasi,

& lingkungan

d.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran

secara individual, kelompok, atau klasikal

e.

Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungannya

f.

Menggunakan media belajar yang sesuai dengan

tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

g.

Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien

h.

Mengakhiri kegiatan pembelajaran

Rata-rata butir 1 = P

2.

Mengelola interaksi kelas

a.

Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,

terbuka, dan penuh perhatian kepada siswa

b.

Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.

Melakukan komunikasi secara efektif

Rata-rata butir 2 = Q

3.

Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam

pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu

secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP

Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)

a.

Bahasa Indonesia

1)

Mendemonstrasikan penguasaan materi

bahasa Indonesia

2)

Memberikan latihan ketrampilan berbahasa

3)

Mengembangkan kemampuan siswa untuk

berkomunikasi dan bernalar

Rata-rata butir 3a = R

b.

Matematika

1)

Menanamkan konsep matematika melalui

kegiatan manipulatif

2)

Menguasai simbol-simbol matematika

3)

Memberikan latihan penggunaan konsep matematika

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3b = R

c.

IPA

1)

Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui

pengalaman langsung

2)

Meningkatkan keterlibatan siswa melalui

pengalaman langsung

3)

Menampilkan penguasaan IPA

Rata-rata butir 3c = R

d.

IPS

1)

Mengembangkan pemahaman konsep waktu

2)

Mengembangkan pemahaman konsep ruang

3)

Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan

 (scarcity)

Rata-rata butir 3d = R

e.

PKn

1)

Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan

konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan

2)

Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan

3)

Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3e = R

4.

Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

a.

Melaksanakan penilaian selama proses

pembelajaran

b.

Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir

Pembelajaran

Rata-rata butir 4 = S

5.

Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

a.

Peka terhadap kemampuan berbahasa

b.

Penampilan guru dalam pembelajaran

c.

Keefektifan pembelajaran terpadu

Rata-rata butir 5 = T

 

Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.

 

 

 

 

Nilai APKG 2 = K

K = 

                

K =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

                                                                                                 

 

 

 

  

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

 

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

NIP.

 

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

 

 

Miskiyah, M. Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN SIMULASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

 

IDENTITAS

1.    NAMA MAHASISWA       :   RIZA BADRUZZAMAN

2.    NIM                                                  :   857129148                                

3.    MATA PELAJARAN          :    1. MATEMATIKA

                                        2.IPA

                                       

4.    TEMA                            TEMA 5 DAN 6

5.    KELAS/SEMESTER        :    SATU DAN DUA SEMESTER II

 

ASPEK YANG DIAMATI

SKALA PENILAIAN

WAKTU TAMPILAN

1

2

3

4

5

A.  PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL

1.      Menarik perhatian/motivasi

2.      Memberikan acuan

3.      Membuat kaitan

Rata-rata KW : N1+N2+N3

                             3

B.  PENYAJIAN/KEGIATAN INTI

1.      Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan  contoh/ilustrasi/demonstrasi

2.      Tanya jawab/pemberian penguatan

3.      Pemberian tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses

4.      Ada supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan

Rata-rata KW : N1+N2+N3+N4

                                4

C.  PENUTUP/KEGIATAN AKHIR

1.      Peninjauan kembali

2.      Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut

Rata-rata KW : N1+N2

                         2

 

 

Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku mahasiswa yang terekam :

 

 

 

                                                                                           Ciputat Timur,                  2022

                                                                                           Pengamat / tutor

 

 

                                                                                          

                                                                                           Drs. Neneng Puspa Dahlia, M. Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR REFLEKSI

SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

 

 

Nama Mahasiswa                 :    RIZA BADRUZZAMAN

NIM                                     :    857129148

Program Studi                      :    S1 PGSD

UPBJJ                                  :    Jakarta

 

 

Refleksi Komponen

 

1.    Bagaimana cara saya memilih tema dalam Pembelajaran Terpadu?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

2.    Apa yang saya rasakan saat melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas saya sendiri?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

3.    Masalah atau kendala apa yang saya alami saat melakukan praktik Pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

4.    Bagaimana reaksi atau kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

5.    Apa komentar atau saran teman sejawat terhadap penampilan saya saat praktik melaksanakan pembelajaran?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                                       :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :    I (Satu) / II (Dua)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1. MATEMATIKA

                                                                    2. IPA

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN 6

7.      WAKTU                                                :   2 X 35 MENIT

8.      TANGGAL                                            : 19 MEI 2022

 

PETUNJUK

Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

 

1.

Menentukan tema, bahan pembelajaran

dan merumuskan tujuan/indicator

1

2

3

4

5

1.1

Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi

dasar 3 mata pelajaran

1.2

Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai

dengan Standar Isi dan Kompetensi

1.3

Merumuskan tujuan/indikator

Rata-rata butir 1 = A

2.

Mengembangkan dan mengorganisasikan

materi, media pembelajaran, dan sumber belajar

2.1

Mengembangkan dan mengorganisasikan materi

dari 3 mata pelajaran

2.2

Menentukan dan mengembangkan alat

bantu/media pembelajaran

2.3

Memilih sumber belajar

Rata-rata butir 2 = B

3.

Merencanakan skenario kegiatan

pembelajaran terpadu

3.1

Menentukan jenis kegiatan pembeljaran Terpadu

3.2

Menyusun langkah-langkah pembelajaran Terpadu

3.3

Menentukan alokasi waktu pembelajaran Terpadu

3.4

Menentukan cara-cara memotivasi siswa

Rata-rata butir 3 = C

4.

Merancang pengelolaan kelas

Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa

agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran Terpadu

Rata-rata butir 4 = D

 

 

5.

Merencanakan prosedur, jenis, dan

menyiapkan alat penilaian

5.1

Menentukanm prosedur dan jenis penilaian

5.2

Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

Rata-rata butir 5 = E

6.

Tampilan dokumen rencana pembelajaran

terpadu

6.1

Kebersihan dan kerapian

6.2

Penggunaan bahasa tulis

Rata-rata butir 6 = F

7.

Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik

Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik

Rata-rata butir 7 = G

 

Nilai APKG 1 = R

R =  

                

R =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

 

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

 

 

Miskiyah M. Pd

NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                                       :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :    I11 (TIGA) / II (Dua)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1. MATEMATIKA

                                                                    2. BAHASA INDONESIA

                                                                    3.

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN 6

7.      WAKTU                                                :   2 X 35 MENIT

8.      TANGGAL                                            :   19 MEI 2022

 

PETUNJUK

1.        Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung

2.        Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa

3.        Nilaila kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini

4.       Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang sedang diajarkan

 

1.

Melakukan pembelajaran

1

2

3

4

5

a.

Melaksanakan tugas rutin kelas

b.

Memulai kegiatan pembelajaran

c.

Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan/ indikator, siswa, situasi,

& lingkungan

d.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran

secara individual, kelompok, atau klasikal

e.

Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungannya

f.

Menggunakan media belajar yang sesuai dengan

tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

g.

Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien

h.

Mengakhiri kegiatan pembelajaran

Rata-rata butir 1 = P

2.

Mengelola interaksi kelas

a.

Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,

terbuka, dan penuh perhatian kepada siswa

b.

Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.

Melakukan komunikasi secara efektif

Rata-rata butir 2 = Q

3.

Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam

pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu

secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP

Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)

a.

Bahasa Indonesia

1)

Mendemonstrasikan penguasaan materi

bahasa Indonesia

2)

Memberikan latihan ketrampilan berbahasa

3)

Mengembangkan kemampuan siswa untuk

berkomunikasi dan bernalar

Rata-rata butir 3a = R

b.

Matematika

1)

Menanamkan konsep matematika melalui

kegiatan manipulatif

2)

Menguasai simbol-simbol matematika

3)

Memberikan latihan penggunaan konsep matematika

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3b = R

c.

IPA

1)

Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui

pengalaman langsung

2)

Meningkatkan keterlibatan siswa melalui

pengalaman langsung

3)

Menampilkan penguasaan IPA

Rata-rata butir 3c = R

d.

IPS

1)

Mengembangkan pemahaman konsep waktu

2)

Mengembangkan pemahaman konsep ruang

3)

Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan

 (scarcity)

Rata-rata butir 3d = R

e.

PKn

1)

Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan

konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan

2)

Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan

3)

Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3e = R

4.

Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

a.

Melaksanakan penilaian selama proses

pembelajaran

b.

Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir

Pembelajaran

Rata-rata butir 4 = S

5.

Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

a.

Peka terhadap kemampuan berbahasa

b.

Penampilan guru dalam pembelajaran

c.

Keefektifan pembelajaran terpadu

Rata-rata butir 5 = T

 

Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.

 

 

 

 

Nilai APKG 2 = K

K = 

                

K =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

                                                                                                 

 

 

 

  

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

 

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

NIP.

 

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

 

 

Miskiyah, M. Pd

NIP.

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN SIMULASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

 

IDENTITAS

1.    NAMA MAHASISWA       :   RIZA BADRUZZAMAN

2.    NIM                                                  :   857129148                                

3.    MATA PELAJARAN          :    1. MATEMATIKA

                                                          2.  BAHASA INDONESIA

                                                          3.         

4.    TEMA                               :   TEMA 5 DAN 6

5.    KELAS/SEMESTER        :    II DAN III

 

ASPEK YANG DIAMATI

SKALA PENILAIAN

WAKTU TAMPILAN

1

2

3

4

5

A.  PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL

1.      Menarik perhatian/motivasi

2.      Memberikan acuan

3.      Membuat kaitan

Rata-rata KW : N1+N2+N3

                             3

B.  PENYAJIAN/KEGIATAN INTI

1.      Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan  contoh/ilustrasi/demonstrasi

2.      Tanya jawab/pemberian penguatan

3.      Pemberian tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses

4.      Ada supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan

Rata-rata KW : N1+N2+N3+N4

                                4

C.  PENUTUP/KEGIATAN AKHIR

1.      Peninjauan kembali

2.      Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut

Rata-rata KW : N1+N2

                         2

 

 

Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku mahasiswa yang terekam :

 

 

 

                                                                                           Ciputat Timur,                  2022

                                                                                           Pengamat / tutor

 

 

                                                                                          

                                                                                           Drs. Neneng Puspa Dahlia, M. Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR REFLEKSI

SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN

 

 

Nama Mahasiswa                 :    RIZA BADRUZZAMAN

NIM                                     :    857129148

Program Studi                      :    S1 PGSD

UPBJJ                                  :    Jakarta

 

 

Refleksi Komponen

 

1.    Bagaimana cara saya memilih tema dalam Pembelajaran Terpadu?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

2.    Apa yang saya rasakan saat melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas saya sendiri?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

3.    Masalah atau kendala apa yang saya alami saat melakukan praktik Pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

4.    Bagaimana reaksi atau kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

 

5.    Apa komentar atau saran teman sejawat terhadap penampilan saya saat praktik melaksanakan pembelajaran?

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

......................................................................................................................................

            

 

 

 

0 comments:

Post a Comment