BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama
Program Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 07/07/2021 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
: IDIK4008/Penelitian tindakan kelas |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan, Juli 2021
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
Jawaban
1.
Dari saya telaah mengenai Langkah-langkah pelaksanaan perbaikan
pembelajaran dalam PTK yang di lakukan oleh pak ali, sebagi beriku:
a.
Langkahh pertama : pak ali melakukan refleksi awal yang merupakan kagiatan
yangdi manfaatkan untuk mengumpulkan informasi tentang situasi yang relevan
dengan tema penelitian dengan menemukan kekurangan yaitu penggunakan gambar
kurang sesuai dengan siswa kelas III sd, tidak kontektual dengan pengalaman
siswa dan tidak memberikan tanggapan terhadap pertanyaan siswa
b.
Langkah kedua : pak ali menyusun perencanaan yang di dasari pada hasil
penjajangan refleksi awal yaitu mencakup tindakan yang akan dilakukan pak ali
untuk mempernaiki, meningkatkan, atau merubah perilaku dan sikap yang
diinginkan sebagai solusi dari permasalaha-permasalahan
c.
Langkah ketiga : pak ali melaksanakan tindakan yang menyangkut apa yang
akan dilakukannya sebagai upaya eprbaikan, peningkatan atau perubahan yang
dilaksanakan berpedoman pada rencana tindakan. Jenis tindakan yang di gunakan
didasarkan pada pertimbangan teoritik dan empirik agar hasil yang di peroleh
berupa peningkatan kinerja dan hasil program yang optimal
d.
Langkah keempat: pak ali melakukan observasi yang merupakan kegiatan
pengumpulan data dalam penelitian formal.
e.
Langkah kelima : pak ali melakukan refleksi akhir guna agar kegiatan ini
pak ali dapat mengkaji, melihat dan mempertimbangan hasil-hasil dari tindakan
dan lebih mendalam dalam menarik kesimpulan yang tajam. Karna refleksi ini
adalah bagian yang sangat penting dari PTK yaitu untuk memhami terhadap proses
dan hasil yang terjadi
2.
Dari pembelajaran yang di lakukan pak teguh, bahwasannya seorang guru harus
bisa mengayomi dan memahami siswa dalam proses penangkapan ilmu. Sebenarnya pak
teguh sudah bagus mengajar namun pak teguh harus bisa membaca keadaan siswanya
bukan melihat dirinya sendiri dan seharusnya pak teguh harus memperbaikin
metode pembelajarannya agar siswa antusias dalam mengikutinya, sebagai berikut
:
a.
Ketika memulai pembelajaran praktikum alangkah baiknya pak teguh membuat
kelompok agar anak-anak aktif dalam pembelajaran tersebut
b.
Pak teguh menjelaskan pelajaran sekaligus anak-anak langsung praktek agar
anak-anak bisa melakukannya
c.
Lalu pak teguh langsung menghampiri ke kelompok yang sudah di buat dan
menjelaskan apa yang belum di pahami
d.
Lalu pak teguh membuat lomba agar siswa nambah semangat dalam
pembelajarannyaa
e.
Dan akhirnya anak-anak sangat antusias dan nyaman dalam pembelajaran
tersebut
3.
Analisi data hasil belajar:
No |
Nama Siswa |
Nilai |
No |
Nama Siswa |
Nilai |
No |
Nama Siswa |
Nilai |
1 |
Alfian |
90 |
10 |
Teguh |
80 |
21 |
Irna |
65 |
2 |
Sadikin |
90 |
11 |
Yatni |
80 |
22 |
Ijal |
60 |
3 |
Zalfa |
90 |
12 |
Irfa |
80 |
23 |
Komang |
60 |
4 |
Rifaya |
90 |
13 |
Makmur |
75 |
24 |
Nengah |
60 |
5 |
Ikram |
85 |
14 |
Hariadi |
75 |
25 |
Ningsih |
60 |
6 |
Nuha |
85 |
15 |
Afandi |
75 |
26 |
Tina |
60 |
7 |
Wulan |
85 |
16 |
Ahmad |
70 |
|||
8 |
Rini |
85 |
17 |
Haris |
70 |
|||
9 |
Tika |
85 |
18 |
Kade |
70 |
|||
10 |
Andre |
85 |
19 |
Heri |
70 |
Grafiknya :
NILAI RATA-RATA 26 SISWA YAITU
no |
nama siswa |
nilai MTK |
1 |
alfian |
90 |
2 |
sadikin |
90 |
3 |
zalfa |
90 |
4 |
rifaya |
90 |
5 |
ikram |
85 |
6 |
nuha |
85 |
7 |
wulan |
85 |
8 |
rini |
85 |
9 |
tika |
85 |
10 |
andre |
85 |
11 |
teguh |
80 |
12 |
yatni |
80 |
13 |
irfa |
80 |
14 |
makmur |
75 |
15 |
hariadi |
75 |
16 |
afandi |
75 |
17 |
ahmad |
70 |
18 |
haris |
70 |
19 |
kade |
70 |
20 |
heri |
70 |
21 |
irna |
65 |
22 |
ijal |
60 |
23 |
komang |
60 |
24 |
nengah |
60 |
25 |
ningsih |
60 |
26 |
tina |
60 |
RATA-RATA |
76,1538462 |
4.
Dari ilustrasi yang saya analisi bahwasannya kesimpulan yang saya dapat
yaitu metode make a match ini merupakan salah satu alternatif yang dapat
diterapkan kepada siswa di mulau dari teknik kerja sama dengan teman
sebangkunyaa dalam proses belajar hingga siswa saling memrikan sosal dan sibuk
memikirkan jawabannya sebelum batas waktunya. Hasil dari metode ini, siswa
mendapat skor rata-rata sebesar 80 dengan nilai terendah 70 hinggda nilai
terbesar 95. Model ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran, siswa di
tuntut aktif agar dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik dan mudah
dalam memahami materi tersebut. Namun di sisi lain model ini dapat menjadi
kuang efektid jika guru kurang dapat mengendalikan kelasnya sehingga kelas
dapat berubah seperti pasar.
Saran dari ilustrasi ini yaitu model
pembelajaran ini dapat di jadikan suatu alternatif oleh guru agar pembelajaran
lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa serta dapat memberikan variasi bagi
siswa agar tidak bosan.
5.
Dari ilustrasi yang saya baca, cara bu ayu melakukan desiminasi terhadap
hasil PTK dengan melakukan beberapa prosedur yaitu :
a.
Bu ayu Melakukan desiminasi melalui media cetak guna untuk menyebarluaskan
hasil-hasil PTK melalui jurnal dan majalah agar guru-guru se indonesia dapat
membaca dan menganalisis juga hasil PTK yang bu ayu sudah lakukan.
b.
Bu ayu Melakukan desiminasi melalui rapat guru guna untuk meringankan tugas
kepala sekolah bila seorang guru meminta waktu untuk menyampaikan hasil PTK
yang telah di lakukannya. Penyampaian hasil PTK oleh salah satu guru akan
mendorong iklim bekerja secara profesional di sekolah bagi guru-guru lainnya
c.
Bu ayu Melakukan desiminasi melalui KKG atau MGMP guna untuk mengampaikan
hasil-hasil yang telah diperolehnya melalui penelitian yang di lakukan di
sekolah dan guru-guru lain dapat memberikan tanggapan berupa masukan yang
bersifat membangun bagi penyempurnaan PTK yang telah di lakukan guruyang
bersangkutan, selain itu melakukan diseminasi PTK di forum semacan KKG dan MGMP
akan membuat kegiatan organisasi yang beranggotakan guru-guru dengan misi yang
bersamaan
0 comments:
Post a Comment