Tuesday 21 June 2022

IDIK4008/Penelitian tindakan kelas

0 comments

BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)




Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

: IDIK4008/Penelitian tindakan kelas

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 07/07/2021

                             

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: IDIK4008/Penelitian tindakan kelas

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,  Juli 2021

 

 

 

 

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman       

 

Jawaban

 

1.      Dari saya telaah mengenai Langkah-langkah pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam PTK yang di lakukan oleh pak ali, sebagi beriku:

a.       Langkahh pertama : pak ali melakukan refleksi awal yang merupakan kagiatan yangdi manfaatkan untuk mengumpulkan informasi tentang situasi yang relevan dengan tema penelitian dengan menemukan kekurangan yaitu penggunakan gambar kurang sesuai dengan siswa kelas III sd, tidak kontektual dengan pengalaman siswa dan tidak memberikan tanggapan terhadap pertanyaan siswa

b.      Langkah kedua : pak ali menyusun perencanaan yang di dasari pada hasil penjajangan refleksi awal yaitu mencakup tindakan yang akan dilakukan pak ali untuk mempernaiki, meningkatkan, atau merubah perilaku dan sikap yang diinginkan sebagai solusi dari permasalaha-permasalahan

c.       Langkah ketiga : pak ali melaksanakan tindakan yang menyangkut apa yang akan dilakukannya sebagai upaya eprbaikan, peningkatan atau perubahan yang dilaksanakan berpedoman pada rencana tindakan. Jenis tindakan yang di gunakan didasarkan pada pertimbangan teoritik dan empirik agar hasil yang di peroleh berupa peningkatan kinerja dan hasil program yang optimal

d.      Langkah keempat: pak ali melakukan observasi yang merupakan kegiatan pengumpulan data dalam penelitian formal.

e.       Langkah kelima : pak ali melakukan refleksi akhir guna agar kegiatan ini pak ali dapat mengkaji, melihat dan mempertimbangan hasil-hasil dari tindakan dan lebih mendalam dalam menarik kesimpulan yang tajam. Karna refleksi ini adalah bagian yang sangat penting dari PTK yaitu untuk memhami terhadap proses dan hasil yang terjadi

2.      Dari pembelajaran yang di lakukan pak teguh, bahwasannya seorang guru harus bisa mengayomi dan memahami siswa dalam proses penangkapan ilmu. Sebenarnya pak teguh sudah bagus mengajar namun pak teguh harus bisa membaca keadaan siswanya bukan melihat dirinya sendiri dan seharusnya pak teguh harus memperbaikin metode pembelajarannya agar siswa antusias dalam mengikutinya, sebagai berikut :

a.       Ketika memulai pembelajaran praktikum alangkah baiknya pak teguh membuat kelompok agar anak-anak aktif dalam pembelajaran tersebut

b.      Pak teguh menjelaskan pelajaran sekaligus anak-anak langsung praktek agar anak-anak bisa melakukannya

c.       Lalu pak teguh langsung menghampiri ke kelompok yang sudah di buat dan menjelaskan apa yang belum di pahami

d.      Lalu pak teguh membuat lomba agar siswa nambah semangat dalam pembelajarannyaa

e.       Dan akhirnya anak-anak sangat antusias dan nyaman dalam pembelajaran tersebut

 

3.      Analisi data hasil belajar:

No

Nama Siswa

Nilai

No

Nama Siswa

Nilai

No

Nama Siswa

Nilai

1

Alfian

90

10

Teguh

80

21

Irna

65

2

Sadikin

90

11

Yatni

80

22

Ijal

60

3

Zalfa

90

12

Irfa

80

23

Komang

60

4

Rifaya

90

13

Makmur

75

24

Nengah

60

5

Ikram

85

14

Hariadi

75

25

Ningsih

60

6

Nuha

85

15

Afandi

75

26

Tina

60

7

Wulan

85

16

Ahmad

70

8

Rini

85

17

Haris

70

9

Tika

85

18

Kade

70

10

Andre

85

19

Heri

70

Grafiknya :


 

 

NILAI RATA-RATA 26 SISWA YAITU


no

nama siswa

nilai MTK

1

alfian

90

2

sadikin

90

3

zalfa

90

4

rifaya

90

5

ikram

85

6

nuha

85

7

wulan

85

8

rini

85

9

tika

85

10

andre

85

11

teguh

80

12

yatni

80

13

irfa

80

14

makmur

75

15

hariadi

75

16

afandi

75

17

ahmad

70

18

haris

70

19

kade

70

20

heri

70

21

irna

65

22

ijal

60

23

komang

60

24

nengah

60

25

ningsih

60

26

tina

60

RATA-RATA

76,1538462


4.      Dari ilustrasi yang saya analisi bahwasannya kesimpulan yang saya dapat yaitu metode make a match ini merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan kepada siswa di mulau dari teknik kerja sama dengan teman sebangkunyaa dalam proses belajar hingga siswa saling memrikan sosal dan sibuk memikirkan jawabannya sebelum batas waktunya. Hasil dari metode ini, siswa mendapat skor rata-rata sebesar 80 dengan nilai terendah 70 hinggda nilai terbesar 95. Model ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran, siswa di tuntut aktif agar dapat menerima materi yang disampaikan dengan baik dan mudah dalam memahami materi tersebut. Namun di sisi lain model ini dapat menjadi kuang efektid jika guru kurang dapat mengendalikan kelasnya sehingga kelas dapat berubah seperti pasar.

Saran dari ilustrasi ini yaitu model pembelajaran ini dapat di jadikan suatu alternatif oleh guru agar pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa serta dapat memberikan variasi bagi siswa agar tidak bosan.

5.      Dari ilustrasi yang saya baca, cara bu ayu melakukan desiminasi terhadap hasil PTK dengan melakukan beberapa prosedur yaitu :

a.       Bu ayu Melakukan desiminasi melalui media cetak guna untuk menyebarluaskan hasil-hasil PTK melalui jurnal dan majalah agar guru-guru se indonesia dapat membaca dan menganalisis juga hasil PTK yang bu ayu sudah lakukan.

b.      Bu ayu Melakukan desiminasi melalui rapat guru guna untuk meringankan tugas kepala sekolah bila seorang guru meminta waktu untuk menyampaikan hasil PTK yang telah di lakukannya. Penyampaian hasil PTK oleh salah satu guru akan mendorong iklim bekerja secara profesional di sekolah bagi guru-guru lainnya

c.       Bu ayu Melakukan desiminasi melalui KKG atau MGMP guna untuk mengampaikan hasil-hasil yang telah diperolehnya melalui penelitian yang di lakukan di sekolah dan guru-guru lain dapat memberikan tanggapan berupa masukan yang bersifat membangun bagi penyempurnaan PTK yang telah di lakukan guruyang bersangkutan, selain itu melakukan diseminasi PTK di forum semacan KKG dan MGMP akan membuat kegiatan organisasi yang beranggotakan guru-guru dengan misi yang bersamaan


0 comments:

Post a Comment