BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama
Program Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 14/07/2021 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
: PDGK4105/Strategi Pembelajaran di SD |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan, Juli 2021
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
JAWABAN
1.
Menurut pemahaman saya terkait kasus bun nathifa, sebagai berikut :
a.
Langkah lagkah yang sebaiknyaa bu nathifa lakukan agar menjadi kondusif dan
efektif dengan melakukan (1) melibatkan siswa secara aktif dengan memberikan
mater pelajaran yang jelas dan tetap lalu di diskusikan sendiri agar mereka
aktif dalam pelajaran tersebut dan membuat kelompok diskusi agar mereka dapat
menjacari jawaban dari pembelajaran tersebut (2) menarik minat dan perhatian
siswa, guru melakukan pembelajaran yang dapat menyesuaikan sifat, bakat dan
kecerdasan siswa agar siswa semangat dalam belajar (3) membangkitkan motivasi
siswa, guru memberika kata kata mutiara atau video motivasi agar siswa menjadi
termotivasi untuk meraih cita-citanyaa dengan mencapai pembelajaran yang efektif
(4) menyiapkan media pembelajaran, guru harus menyiapkan alat alat media dalam
belajar guna untuk membantu proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan
proyektor, alat peraga, video agar siswa tidak bosan dalam bealjar
b.
Cara menciptakan kesiapan belajar siswa dengan melakukan (1) menciptakan
iklim yang nyaman bagi siswa guna menghilangkan kecanggungan siswa sesama siswa
sendiri dan mendorong siswa untuk mengajuka pertanyaan sehingga komunikasi
antara pendidik dan siswa dapat trbangun (2) menciptakan keakraban antar guru
dan siswa, jika hal ini terjalin suasanya belajar akan lebih santai sehingga
anak anak lebih termotivasi ikut belajar, siswa mudah mengkap pelajaran dan
anak anak tidak merasa sungkan bertanya ketika mereka tidak paham (3) menyediakan
media pembelajaran , guna untuk membuat siswa tidak merasa bosan dan tidak
tidur di kelas dengan menampilkan video di kelas (4) melakukan kontroling, guna
untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang ikut berpartisipasi dalam kelas dan
menemukan beberapa siswa yang tingkat partisipasinya kurang maka ajak
berkomunikasi secara pribadi sehingga dia akanmerasa percaya diri
2.
Menurut hemat saya dengan kasus bu yanti terkait merumuskan pertanyaan
kepada siswa, sebagai berikut :
a.
Berikan contoh dari hasil pemanfaatan hutan?
b.
Apa manfaat mengelola hasil hutan?
c.
Apa resiko dalam memanfaatkan hutan terus menerus?
3.
Menurut hemat saya terkait kelas bu maryam sebagai berikut:
a.
Masalah yang terjadi di kelas bu maryam (1)masih kurangnya bu maryam dalam
melakukan kontroling terhadap siswa, (2) masih kurangnya bu maryam dalam
menciptakan keakraban kepada siswa, (3) masih kurangnyaa bu maryam dalam
memperhatikan siswa yang bermasalah
b.
Desain pembelajaran yang membantu reyvan menjadi aktif di kelas : (1)
melakukan dialog interaktif kepada reyvan dan siswa lain agar memunculkan
hubungan yang lebih dekat(2) berikanlah umpan balik ke reyvan, guna membuat
reyva aktif dalam berfikir dan berkomunikasi di kelas(3) melakukan pendekatan
personal kepada reyvan dan siswa lain agar siswa terbuka terkait hambatan dalam
penerimaan materi (4) jadikan reyvan menjadi ketua kelompok atau ketua kelas
agar dia aktif dalam berkomunikasi di kelas (5) melakukan ice breaking dengan
bermain game agar siswa tidak merasa bosan
4.
Berdasarkan Ilustrasi Yang Di Alami Miss Vira, Contoh Rpp Yang Dapat
Membantu Siswa Dalam Melakaukan Speaking Baik, Sebagai Berikut :
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD
Materi
Pembelajaran : BAHASA
INGGRIS
Kelas/Semester : VI/1
Materi
Pokok : What is
in your mind?
Skill :
Speaking
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
·
KI. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
·
K2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
·
K3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
K4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN
INDIKATOR
NO |
KOMPETENSI
DASAR |
INDIKATOR |
1 |
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. |
1.1.1
Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa
Inggris |
2. |
1.2
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
interpersonal dengan guru dan teman. |
1.2.1
Menyapa guru dan teman dengan santun |
3. |
4.2
Menyusun teks lisan untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan
pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. |
4.2.1
Mengucapkan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai
responnya secara lisan 4.2.2
Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai
responnya secara lisan sesuai konteks |
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik mampu :
1.1.1 Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan
belajar bahasa Inggris dengan tepat dan berterima
1.2.1 Menyapa guru dan teman dengan santun dalam setiap komunikasi
interpersonal pembelajaran dengan tepat dan berterima
4.2.1 Mengucapkan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta
pendapat disertai responnya secara lisan dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar setelah diberi contoh.
4.2.2 Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta
pendapat disertai responnya secara lisan sesuai konteks dalam kehidupan
sehari-hari dengan penuh percaya diri setelah diberi contoh
D.
MATERI PEMBELAJARAN
Asking and Giving Opinion
Asking
Opinion |
Giving
Opinion |
What
do you think of.. Is
that right (true) that.. Do
you think it’s going.. Why
do they behave like that? Do
you have any idea? How
do you like that? Please
give me your opinion.. |
In
my opinion.. I
think.. I
fell.. I
believe.. I
personally believe.. I
personally think.. To
my mind.. In
my case.. Well,
personally.. It
seems that.. |
Contoh
percakapan berkaitan dengan meminta dan memberi pendapat :
Gina
: I don’t think that young people should be allowed to wear strange hair style.
Ady
: Why? What’s wrong with them?
Gina:
Well, I personally believe that people who wear strange hair style will look
untidy and be badly-behaved
Ady
: I see your point. I think they just want to be stylish. That’s all.
E.
METODE PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Scientific Approach
·
Strategi: pengamatan, pemodelan, kerja kelompok, dan mempraktekkan
(Role play)
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
·
Media : Video percakapan tentang “Giving and asking opinion”,
Gambar-gambar yang relevan
G.
SUMBER BELAJAR
·
Buku SMA kelas XI yang relavan
·
www.youtube.com
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
(10 menit) |
|
Tahap |
Kegiatan |
Kegiatan
Awal |
-Apersepsi
dan motivasi -Bernyanyi
lagu “Study English” -Penyampaian
tujuan pembelajaran |
KEGIATAN
INTI (70 menit) |
|
Observation |
-Peserta
didik mengamati video percakapan “Giving and asking opinion” -Peserta
didik menjawab pertanyaan secara lisan dari guru |
Questioning |
-Dengan
bimbingan guru, peserta didik menanyakan bagaimana caranya untuk meminta dan
memberi pendapat |
Exploration |
-Peserta
didik belajar menggunakan ekspresi meminta dan memberi pendapat dengan
mengerjakan soal -Peserta
didik membaca nyaring ekspresi meminta dan memberi pendapat dengan intonasi
yang benar |
Association |
-Peserta
didik membandingkan ekspresi antara memberi dan meminta pendapat -Peserta
didik membuat kesimpulan sementara tentang ekspresi memberi dan meminta
pendapat |
Communication |
-Peserta
didik membuat dialog tentang ekspresi memberi dan meminta pendapat sesuai
dengan konteks yang diberikan -Peserta
didik mempraktekkan dialognya di depan kelas (Role play) |
PENUTUP
(10 menit) |
|
Penutup |
-Menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari -Refleksi -Penugasan |
I.
PENILAIAN
1. Tehnik
Penilaian Sikap : Non test berupa pengamatan langsung
2.
Pengetahuan: Cloze test
3.Keterampilan:
Unjuk kerja (performance)
Kemampuan
Berbicara (Speaking Skill) |
|||
No |
Aspek
yang Dinilai |
Kriteria |
Score |
1 |
Pengucapan
(Pronounciation) |
Hampir
sempurna |
5 |
Ada
beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna |
4 |
||
Ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak
kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu
banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
2 |
Intonasi
(Intonation) |
Hampir
sempurna |
5 |
Ada
beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna |
4 |
||
Ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna |
3 |
||
Banyak
kesalahan dan mengganggu makna |
2 |
||
Terlalu
banyak kesalahan dan mengganggu makna |
1 |
||
3 |
Kelancaran
(Fluency) |
Sangat
lancar |
5 |
Lancar |
4 |
||
Cukup
lancar |
3 |
||
Kurang
lancar |
2 |
||
Tidak
lancar |
1 |
||
4 |
Ketelitian
(Accuracy) |
Sangat
teliti |
5 |
Teliti |
4 |
||
Cukup
teliti |
3 |
||
Kurang
teliti |
2 |
||
Tidak
teliti |
1 |
||
Konversi
Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat |
Nilai
Kompetensi |
||
Pengetahuan |
Keterampilan |
Sikap |
|
A |
|
|
SB |
A- |
|
|
|
B+ |
|
|
B |
B |
|
|
|
B- |
|
|
|
C+ |
|
|
C |
C |
|
|
|
C- |
|
|
|
D+ |
|
|
K |
D- |
|
|
0 comments:
Post a Comment