Tuesday 21 June 2022

PDGK4105/Strategi Pembelajaran di SD

0 comments

 BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)

 


Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4105/Strategi Pembelajaran di SD

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 14/07/2021

                             

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.


KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

 

 Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4105/Strategi Pembelajaran di SD

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,  Juli 2021

 

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman

JAWABAN

 

1.      Menurut pemahaman saya terkait kasus bun nathifa, sebagai berikut :

a.       Langkah lagkah yang sebaiknyaa bu nathifa lakukan agar menjadi kondusif dan efektif dengan melakukan (1) melibatkan siswa secara aktif dengan memberikan mater pelajaran yang jelas dan tetap lalu di diskusikan sendiri agar mereka aktif dalam pelajaran tersebut dan membuat kelompok diskusi agar mereka dapat menjacari jawaban dari pembelajaran tersebut (2) menarik minat dan perhatian siswa, guru melakukan pembelajaran yang dapat menyesuaikan sifat, bakat dan kecerdasan siswa agar siswa semangat dalam belajar (3) membangkitkan motivasi siswa, guru memberika kata kata mutiara atau video motivasi agar siswa menjadi termotivasi untuk meraih cita-citanyaa dengan mencapai pembelajaran yang efektif (4) menyiapkan media pembelajaran, guru harus menyiapkan alat alat media dalam belajar guna untuk membantu proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan proyektor, alat peraga, video agar siswa tidak bosan dalam bealjar

b.      Cara menciptakan kesiapan belajar siswa dengan melakukan (1) menciptakan iklim yang nyaman bagi siswa guna menghilangkan kecanggungan siswa sesama siswa sendiri dan mendorong siswa untuk mengajuka pertanyaan sehingga komunikasi antara pendidik dan siswa dapat trbangun (2) menciptakan keakraban antar guru dan siswa, jika hal ini terjalin suasanya belajar akan lebih santai sehingga anak anak lebih termotivasi ikut belajar, siswa mudah mengkap pelajaran dan anak anak tidak merasa sungkan bertanya ketika mereka tidak paham (3) menyediakan media pembelajaran , guna untuk membuat siswa tidak merasa bosan dan tidak tidur di kelas dengan menampilkan video di kelas (4) melakukan kontroling, guna untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang ikut berpartisipasi dalam kelas dan menemukan beberapa siswa yang tingkat partisipasinya kurang maka ajak berkomunikasi secara pribadi sehingga dia akanmerasa percaya diri

2.      Menurut hemat saya dengan kasus bu yanti terkait merumuskan pertanyaan kepada siswa, sebagai berikut :

a.       Berikan contoh dari hasil pemanfaatan hutan?

b.      Apa manfaat mengelola hasil hutan?

c.       Apa resiko dalam memanfaatkan hutan terus menerus?

3.      Menurut hemat saya terkait kelas bu maryam sebagai berikut:

a.       Masalah yang terjadi di kelas bu maryam (1)masih kurangnya bu maryam dalam melakukan kontroling terhadap siswa, (2) masih kurangnya bu maryam dalam menciptakan keakraban kepada siswa, (3) masih kurangnyaa bu maryam dalam memperhatikan siswa yang bermasalah

b.      Desain pembelajaran yang membantu reyvan menjadi aktif di kelas : (1) melakukan dialog interaktif kepada reyvan dan siswa lain agar memunculkan hubungan yang lebih dekat(2) berikanlah umpan balik ke reyvan, guna membuat reyva aktif dalam berfikir dan berkomunikasi di kelas(3) melakukan pendekatan personal kepada reyvan dan siswa lain agar siswa terbuka terkait hambatan dalam penerimaan materi (4) jadikan reyvan menjadi ketua kelompok atau ketua kelas agar dia aktif dalam berkomunikasi di kelas (5) melakukan ice breaking dengan bermain game agar siswa tidak merasa bosan

4.      Berdasarkan Ilustrasi Yang Di Alami Miss Vira, Contoh Rpp Yang Dapat Membantu Siswa Dalam Melakaukan Speaking Baik, Sebagai Berikut :

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan                  : SD

Materi Pembelajaran               : BAHASA INGGRIS

Kelas/Semester                        : VI/1

Materi Pokok                          : What is in your mind?

Skill                                         : Speaking

Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.     KOMPETENSI INTI (KI)

·         KI. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

·         K2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

·         K3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         K4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

NO

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

1

1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

1.1.1 Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris

2.

1.2 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

1.2.1 Menyapa guru dan teman dengan santun

3.

4.2 Menyusun teks lisan untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

4.2.1 Mengucapkan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan

4.2.2 Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan sesuai konteks

 

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik mampu :

1.1.1 Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris dengan tepat dan berterima

1.2.1 Menyapa guru dan teman dengan santun dalam setiap komunikasi interpersonal pembelajaran dengan tepat dan berterima

4.2.1 Mengucapkan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar setelah diberi contoh.

4.2.2 Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan sesuai konteks dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh percaya diri setelah diberi contoh

D. MATERI PEMBELAJARAN

Asking and Giving Opinion

Asking Opinion

Giving Opinion

What do you think of..

Is that right (true) that..

Do you think it’s going..

Why do they behave like that?

Do you have any idea?

How do you like that?

Please give me your opinion..

In my opinion..

I think..

I fell..

I believe..

I personally believe..

I personally think..

To my mind..

In my case..

Well, personally..

It seems that..

Contoh percakapan berkaitan dengan meminta dan memberi pendapat :

Gina : I don’t think that young people should be allowed to wear strange hair style.

Ady : Why? What’s wrong with them?

Gina: Well, I personally believe that people who wear strange hair style will look untidy and be badly-behaved

Ady : I see your point. I think they just want to be stylish. That’s all.

E.        METODE PEMBELAJARAN

·         Pendekatan : Scientific Approach

·         Strategi: pengamatan, pemodelan, kerja kelompok, dan mempraktekkan (Role play)

F.      MEDIA PEMBELAJARAN

·         Media : Video percakapan tentang “Giving and asking opinion”, Gambar-gambar yang relevan

G.     SUMBER BELAJAR

·         Buku SMA kelas XI yang relavan

·         www.youtube.com

 

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN (10 menit)

Tahap

Kegiatan

Kegiatan Awal

-Apersepsi dan motivasi

-Bernyanyi lagu “Study English”

-Penyampaian tujuan pembelajaran

KEGIATAN INTI  (70 menit)

Observation

-Peserta didik mengamati video percakapan “Giving and asking opinion”

-Peserta didik menjawab pertanyaan secara lisan dari guru

Questioning

-Dengan bimbingan guru, peserta didik menanyakan bagaimana caranya untuk meminta dan memberi pendapat

Exploration

-Peserta didik belajar menggunakan ekspresi meminta dan memberi pendapat dengan mengerjakan soal

-Peserta didik membaca nyaring ekspresi meminta dan memberi pendapat dengan intonasi yang benar

Association

-Peserta didik membandingkan ekspresi antara memberi dan meminta pendapat

-Peserta didik membuat kesimpulan sementara tentang ekspresi memberi dan meminta pendapat

Communication

-Peserta didik membuat dialog tentang ekspresi memberi dan meminta pendapat sesuai dengan konteks yang diberikan

-Peserta didik mempraktekkan dialognya di depan kelas (Role play)

PENUTUP (10 menit)

Penutup

-Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari

-Refleksi

-Penugasan


 

 

I. PENILAIAN

1. Tehnik Penilaian Sikap : Non test berupa pengamatan langsung

2. Pengetahuan: Cloze test

3.Keterampilan: Unjuk kerja (performance)

 

Penilaian dari Aspek Keterampilan (Skills)

Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)

No

Aspek yang Dinilai

Kriteria

Score

1

Pengucapan (Pronounciation)

Hampir sempurna

5

Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna

4

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

3

Banyak kesalahan dan mengganggu makna

2

Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna

1

2

Intonasi (Intonation)

Hampir sempurna

5

Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna

4

Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna

3

Banyak kesalahan dan mengganggu makna

2

Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna

1

3

Kelancaran (Fluency)

Sangat lancar

5

Lancar

4

Cukup lancar

3

Kurang lancar

2

Tidak lancar

1

4

Ketelitian (Accuracy)

Sangat teliti

5

Teliti

4

Cukup teliti

3

Kurang teliti

2

Tidak teliti

1

Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap

Predikat

Nilai Kompetensi

Pengetahuan

Keterampilan

Sikap

A

 

 

SB

A-

 

 

B+

 

 

B

B

 

 

B-

 

 

C+

 

 

C

C

 

 

C-

 

 

D+

 

 

K

D-

 

 

 

0 comments:

Post a Comment