BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.2 (2022.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama
Program Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 29/06/2022 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4. Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
:
PDGK4302 /PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan,29 juni 2022
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
JAWABAN
1.
Jawaban nomor 1
Menurut analisi saya bahwasannya, Alasan Demografis. Jumlah siswa di SD tersebut
hanya berjumlah 44 orang siswa, dimana kelas I ada 9 anak, kelas II ada 7 anak,
kelas III ada 5 anak, kelas IV ada 4 anak, kelas V ada 10 anak, dan kelas VI
ada 9 anak. Agar lebih praktis dan ekonomis, pemerintah hanya menugaskan 3
pendidik di sekolah tersebut. Alasan Geografis, desa Jarak Ijo dekat
dengan Gunung Bromo yang menyebabkan desa ini sulitnya lokasi dan terbatasnya
sarana transportasi.
2.
Jawaban nomor 2
Menurut
pemikiran saya terkait langkah langkanya yaitu
Kegiatan Pendahuluan
Dilakukan
pada 10 menit pertama, secara bersama-sama kelas IV dan V.
o
Guru mengucapkan salam
o
Mengecek prilaku awal
o
Menjelaskan kompetensi yang akan diajarkan
o
Memberitahukan langka-langkah belajar untuk
masing-masing kelas dan kelas gabungan
o
Mengajak kelas berdiskusi mengenai pecahan yang
ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
o
Guru memberikan motivasi
Kegiatan Inti
Kegiatan
inti untuk masing-masing kelas IV dan kelas V selama 20 menit berikutnya:
Untuk
kelas IV
o
Secara berpasangan mencocokkan gambar dan model
konkret dari berbagai bentuk pecahan yang memiliki nilai sama.
o
Berdiskusi mengenai cara menentukan pecahan
senilai
Untuk
kelas V
o
Berdiskusi dalam kelompok trio mengenai pecahan
desimal dan persen
o
Secara perseorangan mengerjakan soal perkalian
dan pembagian pecahan desimal dan persen
Kegiatan
inti bersama untuk kelas IV dan V selama 20 menit
o
Menyimak penjelasan guru mengenai cara mengubah
pecahan biasa dan campuran ke bentuk desimal dan persen dan sebaliknya.
o
Mengerjakan soal mengenai cara mengubah pecahan
biasa dan campuran ke bentuk desimal dan persen dan sebaliknya.
Kegiatan Penutup
Dilakukan pada 20 menit terakhir secara bersama-sama kelas IV dan V.
o
Guru bersama-sama siswa menyimpulkan
o
Guru memberikan evaluasi
o
Guru menutup pembelajaran
3.
Jawaban nomor 3
A.
Menurut analisis saya bahwasanya Pada kegiatan
pendahuluan, komponen membuka pelajaran yang telah digunakan guru:
o Menarik
perhatian siswa dengan cara mengucapkan salam dan sapaan selamat pagi kepada
anak-anak. Selain itu, guru juga memperlihatkan gambar rumah yang halamannya
bersih, tertata rapi dan gambar yang lain yaitu rumah dengan sampah berserakan.
o Menimbulkan
motivasi dengan menugasi anak yang hadir paling awal untuk memimpin doa
bersama.
o Memberi
acuan belajar dengan memberikan langkah-langkah kegiatan belajar yang dilakukan
oleh siswa.
B. menurut pemikiran saya bahwasanya, Model PKR yang diterapkan
oleh guru adalah model PKR 221, ada dua kelas yaitu kelas II dan kelas IV, dua
mata pelajaran dengan satu ruang kelas. Pemilihan model PKR ini karena
materi yang diajarkan di kelas IV tidak berhubungan dengan materi yang
diajarkan di kelas II.
c.
Kelebihan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
o
Guru telah mampu mengendalikan kondisi belajar
dengan optimal, hal ini tampak siswa yang tertib saat menerima pembelajaran
maupun istirahat.
o
Guru telah menggunakan media pembelajaran berupa
gambar saat memulai pembelajaran untuk siswa kelas II
o
Kegiatan pembelajaran sudah berfokus kepada
siswa.
d.
Kekurangan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru
o
Guru tidak melakukan pengaturan waktu dengan
baik sehingga guru tidak sempat melakukan kegiatan mengakhiri pembelajaran.
o
Guru tidak memberikan apersepsi dan langsung
memberikan tugas kepada siswa kelas IV.
o
Guru tidak memberikan evaluasi maupun tindak
lanjut terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
o
Guru tidak sempat memeriksa tugas yang diberikan
untuk siswa kelas II
4.
Jawaban nomor 4
A.
menurut analisis sa abahwasannya Pembelajaran kelas pak Askar sudah baik karena
indikator dan tujuan pembelajarannya sudah sesuai dengan KD
B.
menurut pemikiran saya bahwasannaya Rumusan Indikator.
Indikator
PPKn:
o
Mencontohkan pentingnya hidup rukun, saling
berbagi, dan tolong menolong di lingkungan rumah dan sekolah
o
Menganalisis pentingnya hidup rukun, saling
berbagi, dan tolong menolong di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
IPS:
o
Menyebutkan contoh-contoh lingkungan alam dan
buatan;
o
Menyebutkan cara memelihara lingkungan alam dan
buatan bagi manusia.
c.
Rumusan Tujuan Pembelajaran
Kelas
II mata pelajaran PPKn
o
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat
mencontohkan pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong di
lingkungan rumah dan sekolah dengan tepat.
o
Melalui pengamatan, Siswa dapat Menganalisis
pentingnya hidup rukun, saling berbagi, dan tolong menolong di lingkungan rumah
dan sekolah
Kelas
III mata pelajaran IPS
o
Melalui pengamatan terhadap gambar, Siswa dapat
menyebutkan contoh-contoh lingkungan alam dan buatan dengan tepat.
o
Melalui diskusi kelompok, Siswa dapat
menyebutkan cara memelihara lingkungan alam dan buatan bagi manusia dengan
benar
0 comments:
Post a Comment