Monday 13 June 2022

RPP SIKLUS 2 TUGAS PKP

0 comments

RPP  SIKLUS 2 TUGAS PKP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )



Satuan pendidikan      : sekolah dasar

Nama sekolah                         : SDN kebayoran lama selatan 05

Pelajaran                    : bahasa indonesia

Kelas/semester            : 2 / 2

Alokasi waktu                         : 6 x 35 menit

Siklus                           : II

 

I.              STANDAR KOMPETENSI

 

6. Berbicara: Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.

II.                KOMPETENSI DASAR

 

6.1  Memerankan tokoh drama dengan lafal, inotonasi, dan ekspresi yang tepat.

 

III.                  INDIKATOR

 

1.      Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.

 

2.      Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh.

3.      Mengungkapkan pikiran secara lisan.

 

IV.                  TUJUAN PEMBELAJARAN

 

1.      Setelah siswa memperhatikan sebuah contoh pembacaan naskah dialog drama, siswa dapat membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.

2.      Setelah siswa memperhatikan sebuah contoh memerankan drama pendek, siswa dapat memerankan drama pendek anak-anak dengan karakter tokoh secara tepat.

3.      Setelah siswa melakukan diskusi dan evaluasi drama pendek yang diperankan siswa, siswa dapat mengungkapkan pikiran secara lisan dengan tepat.

Karakter siswa yang dikembangkan:

 

Berani, tanggung jawab, rasa hormat dan perhatian.

 

V.                MATERI POKOK

 

Drama dengan teman sebangku

 

VI.                  METODE PEMBELAJARAN

 

Bermain peran

 

VII.                    LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

 

A.     Pertemuan ke-1

 

1.      Kegiatan Awal 5 menit)

 

a.       Berdo‟a.

 

b.      Siswa menjawab pertanyaan guru siapa yang tidak masuk hari itu.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum memulai pelajaran.

 

d.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.

2.      Kegiatan Inti (±55 menit)

 

a.      Eksplorasi

 

1)       Siswa    melakukan     brainstorming     (curah    pendapat)    dengan bimbingan guru untuk memilih tema yang dipelajari.

2)       Siswa memilih dan memahami tema yang akan dipelajari dengan bimbingan guru.

3)       Siswa menerima naskah drama tentang persoalan faktual yang dibagikan oleh guru.

4)       Siswa membentuk kelompok bermain peran.

 

5)       Siswa menentukan tokoh yang akan diperankan bersama anggota kelompoknya masing-masing.

6)       Siswa mengatur seting tempat pemeranan dengan bimbingan guru.

 

b.      Elaborasi

 

1)       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang aspek kebahasaan yang menjadi fokus penilaian dalam keterampilan berbicara.

2)       Siswa memperhatikan contoh peragaan drama oleh guru.

 

3)       Siswa berlatih membaca naskah drama tentang persoalan faktual bersama anggota kelompoknya secara bergantian di depan kelas.

c.       Konfirmasi

 

1)       Siswa membuat kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

2)       Siswa menanyakan materi yang belum dipahami setelah diberikan kesempatan oleh guru.

3.      Kegiatan Akhir (±10 menit)

 

a.       Siswa    merefleksi    pembelajaran     yang    telah    dilakukan    dengan bimbingan guru.

b.      Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum mengakhiri pembelajaran.

 

d.      Guru menutup pelajaran.

 

B.      Pertemuan ke-2

 

1.      Kegiatan Awal 5 menit)

 

a.       Berdo‟a.

 

b.      Siswa menjawab pertanyaan guru siapa yang tidak masuk hari itu.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum memulai pelajaran.

 

d.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.

 

2.      Kegiatan Inti 55 menit)

 

a.      Eksplorasi

 

Siswa mengatur seting tempat pemeranan dengan bimbingan guru.

 

b.      Elaborasi

 

1)       Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru tentang aspek nonkebahasaan yang menjadi fokus penilaian dalam keterampilan berbicara oleh guru.

2)       Siswa berlatih memerankan peran sesuai naskah drama bersama anggota kelompoknya di depan kelas secara bergantian.

c.       Konfirmasi

 

1)       Siswa membuat kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

2)       Siswa menanyakan materi yang belum dipahami setelah diberikan kesempatan oleh guru.

3.      Kegiatan Akhir (±10 menit)

 

a.       Siswa    merefleksi    pembelajaran     yang    telah    dilakukan    dengan bimbingan guru.

b.      Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum mengakhiri pembelajaran.

 

d.      Guru menutup pelajaran.

.

 

VIII.                       SUMBER PEMBELAJARAN

 

1.      Buku pelajaran Bahasa Indonesia SD kelas V

 

Tim Bina Karya Guru. 2007. Bina Bahasa Indonesia Jilid 5B untuk SD Kelas 5 Semester 2. Jakarta: Erlangga.

2.      Buku lain yang mendukung

 

IX.                   MEDIA PEMBELAJARAN

 

Naskah dialog drama

X.                 PENILAIAN

 

1.      Pengamatan Siswa

 

2.      Penilaian Keterampilan Berbicara Siswa ( Tes Akhir)

 

3.      Kriteria Keberhasilan

 

Oleh karena konteks pembelajaran di SD Negeri 2 Wates, kriteria keberhasilan dipaparkan sebagai berikut.

a.    Siswa dianggap berhasil jika memperoleh nilai > 75.

 

b.    Pembelajaran dianggap mencapai tujuan apabila 75% memperoleh nilai

 

>75.

 

0 comments:

Post a Comment