Tuesday 21 June 2022

PDGK4205/Pembelajaran Terpadu di SD

0 comments

 BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)



Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

:  PDGK4205/Pembelajaran Terpadu di SD

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 05/07/2021

                             

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.


KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

 Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4205/Pembelajaran Terpadu di SD

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,  Juli 2021

 

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman       

 

Jawaban

 

1. Dari buku yang saya baca, Aliran yang mempengaruhi pembelajaran terpadu secara filosofis ada 3 aliran yaitu sebagai berikut: (1) aliran progresivisme merupakan suatu proses pembelajaran yang selalu di hadapi oleh para siswa tentang permasalahan yang harus di selesaikan atau bersifat problem solving dan aliran ini menekankan pada pembentukan kreativitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana alamiah dan memperhatikan pengalaman siswa (2) aliran konstruktivisme merupakan suatu pembelajaran yang menekankan pada pengalaman terhadap siswa dala,mmenghadapi dan memecahkan permasalahan yang ia hadapi (3) aliran humainisme merupakan proses pembelajaran yang menekankan pada perilaku siswa dalam menunjukkan perubahan kedewasaan pada siswa dalam menghadapi permasalahan yang ada maupun lingkungan sosal. Dan tugas guru untuk mengoptimalkan perkembangan siswa melalui proses pembelajaran.

2. Menurut hemat pikiran saya, Karena metode yang di kemukkan fogarty sangat cocok sekali, mempunyai kelebihan yang bermanfaat dan mudah di terapkan oleh para guru sekolah dasar, sebagai berikut : (1) model webbing merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik dan model ini menekankan pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa memperoleh pengalaman secara langsung dan mudah memahami konsep yang akan di pelajari (2) model connected merupakan model pembelajaran terpadu yang menghubungkan satu konsep dengan konsep lain yang di pelajari dalam satu bidang studi sehingga pengalaman belajar siswa lebih luas dan menyeluruh (3) model intergrated merupakan model pembelajaran merupakan model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antar pelajaran dan model ini menggambungkan bidang studi yang tumpah tindih dengan topik, konsep sikap ang saling berhubungkan di dalam beberapa mata pelajaran sehungga membutuhkan extra power yang kuat untuk menggunakannyaa.


3.     INI SILABUS

LAPORAN TUGAS 3

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian

Materi

 

Kegiatan Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaia n

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

B. Indonesia :

Berbicara :

·      Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.

Menulis :

·      Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.

B. Indonesia

·     Mendeskripsika n tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.

·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri

·     Mendeskripsika n tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.

·     Menyalin puisi anak dengan

·     Mendeskripsik an cirri tumbuhan dan hewan.

·     Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.

·     Mendeklamasi kan puisi

·      Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.

·      Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.

·      Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.

·      Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.

·      Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.

·      Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.

·      Siswa dapat membuat karangan

sederhana dengan

·     Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.

·     Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.

·     Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.

·     Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.

·     Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata- kata sendiri.

·     Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan

Tertulis Perbuata n

Lesan

4

minggu

Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa


 

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian

Materi

 

Kegiatan Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaia n

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

 

huruf tegak bersambung yang rapi

 

bantuan gambar yang tersedia

dengan tumbuhan dan binatang.

·     Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.

·     Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.

·     Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.

·     Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

·     Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

 

 

 


 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian

Materi

 

Kegiatan Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaia n

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

Matematika

·      Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.

·      Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana

Matematika

·     Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.

·     Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.

·     Melakukan operasi bilangan campuran.

·     Mengelompokk an bangun datar.

·     Mengenal sudut bangun datar

·     Perkalian dan pembagian.

·     Bangun datar dan unsure bangun datar

·      Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.

·      Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.

·      Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian

·      Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.

·      Siswa dapat menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi

·     Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.

·     Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.

·     Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokka n bilangan datar, menurut bentuknya.

·     Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.

·     Menyebutkan bentuk kolam pengolahan limbah.

·     Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.

·     Menentukan unsure- unsur bangun datar yaitu sudut.

·     Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut

Tertulis Perbuata n

Lesan

 

Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian

Materi

 

Kegiatan Belajar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaia n

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

IPA

·      Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.

·      Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

IPA

·     Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.

·     Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.

·     Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·     Mendeskripsika n kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari

·     Sumber panas dan energi serta kegunaannya

·      Siswa dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.

·      Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi

·      Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·      Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang

·     Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.

·     Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.

·     Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.

·     Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.

·     Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

·     Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·     Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.

·     Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam

kehidupan sehari-

Tertulis Perbuata n

Lesan

 

Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)  Tematik

 

Nama Sekolah     : SDN Kebayoran Lama Selatan 05

Kelas / Semester        : II / 2

Tema                          :Lingkungan

Waktu                                    :2 minggu

Standar Kompetensi

B. Indonesia

Berbicara

  • Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
  • Menulis
  • Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.

Matematika

  • Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
  • Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.

IPA

  • Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
  • Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar

 B. Indonesia

·        Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.

·        Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri

·        Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.

·        Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

Matematika

·        Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.

·        Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.

·        Melakukan operasi bilangan campuran.

·        Mengelompokkan bangun datar.

·        Mengenal sudut bangun datar.

IPA

·        Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.

·        Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.

·        Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·        Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran

B. Indonesia

·        Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.

·        Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.

·        Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.

·        Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.

·        Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.

·        Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.

·        Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.

Matematika

·        Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.

·        Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.

·        Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian

·        Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.

·        Siswa dapat menentukan, menggambar  bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi.

IPA

·        Siswa dapat mencari sumber  bunyi  alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.

·        Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi

·        Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·        Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

Materi ajar (materi pokok)

  • Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
  • Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
  • Mendeklamasikan puisi.
  • Perkalian dan pembagian.
  • Bangun datar dan unsure bangun datar.
  • Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
  • Menceritakan pengalaman.
  • Lingkungan alam dan buatan.
  • Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.

 

Metoda pembelajaran

  • Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

 

Langkah-langkah

A. Kegiatan awal

Apresepsi/ Motivasi :

merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur tempat duduk, mengabsen.

tes awal pelajaran.

B. Kegiatan inti

Minggu ke I

Pertemuan pertama (B. Indonesia, Matematika).  3 x 35’.

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan binatang secara lisan dan dituangkan dalam tulisan.

F Mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.

F Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.

 

Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika).  4 x 35’

§ Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Dengan penjelasan tentang suara dan gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan riang dan gembira.

F Menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.

 

Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya melalui bacaan atau cerita yang tersedia.

·         Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.

·         Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering digunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.

Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika).  4 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Menjelaskan unsure cetak gambar / cetak tinggi.

·         Membaca dengan intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita binatang.

·         Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.

·         Mendemontrasikan hitung perkalian 1 dan 2

Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Menirukan suara binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak bersambung dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.

·         Mendemontrasikan hitung perkalian 1 – 3.

 

Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Mengerjakan perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai tiga.

·         Menyusun kalimat sederhana.

 

Minggu ke 2

Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai lima.

·         Membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang benar secara seksama.

 

Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Memperagakan peran tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan sekitarnya.

·         Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mampu mengungkapkan dan hafal hitung perkalian.

·         Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang dibacanya.

 

Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika).  3 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Melalui penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi bunyi, panas dan energi listrik diharapkan siswa dapat mengungkapkan alasan yang tepat tentang penggunaan energi tersebut.

·         Menuliskan yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.

·         Melalui penjelasan tentang pembagian diharapkan akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika).  3 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Membaca dan menjawab pertanyaan dari isi cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan dengan bentuk karangan pendek.

·         Mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang sampai nol.

 

Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia)  2 x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Mengerjakan hitung pembagian satu sampai 5

·         Menyusun kalimat sederhana.

 

Pertemuan keenam (B. Indonesia,)  4x 35’

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

·         Membaca kalimat bersuara nyaring dengan intonasi yang benar kemudain di tulis dengan menggunakan huruf sambung dan penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.

·         Membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif dari bahan alam.

C. Kegiatan akhir

Dalam kegiatan akhir, guru:

·         Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.

·         Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.

·         Memberikan tugas atau PR

Alat dan sumber :

·         Buku paket

·         Alat peraga

·         Media cetak

·         Media elektronik

·         Lingkungan sekitar

·         Kreatifitas guru

Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

B. Indonesia

·         Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.

·         Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.

·         Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.

·         Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.

·         Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.

·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.

·         Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.

·         Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.

·         Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.

·         Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

·         Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

Matematika

·         Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.

·         Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.

·         Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.

·         Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.

·         Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.

·         Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.

·         Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.

IPA

·         Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.

·         Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.

·         Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.

·         Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.

·         Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

·         Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·         Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.

·         Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

tertulis, lisan, perbuatan

 

isian,essay, skala sikap, portofolio

B. Indonesia

·         Bagaimana cara Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.

·         Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.

·         Jelaskanlah cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.

·         Jelaskanlah pertanyaan tentang isi cerita.

·         Ceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.

·         Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.

·         Jelaskanlah cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.

·         Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.

·         Salinkanlah kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.

·         Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

·         Tuliskanlah karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

Matematika

·         Jelaskanlah pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.

·         Jelaskanlah pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.

·         Hitungkanlah secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.

·         Hitungkanlah bangun datar menurut ukurannya.

·         Tentukanlah unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.

·         Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.

·         Bagaimana cara Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.

IPA

·         Sebutkanlah sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.

·         Sebutkanlah contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.

·         Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.

·         Jelaskanlah alasan penggunaan jenis energi listrik.

·         Ceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.

·         Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.

·         Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.

·         Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

 


 

4.      Instrument pengembangan keterampilan prosedur bagi siswa

Lembar penilaian keterampilan

Nama siswa     :

Kelas               :

 

Mohon di jawab dengan memberika tanda (√) pada skor yang sudah di sediakan pada kolom tersebut sesuai praktikum siswa

No

Aspek Yang Di Nilai

Skor

Keterangan

1

2

3

4

1

Keterampilan Menulis Laporan

 

 

 

 

 

2

Cara Mengeluarkan Thermometer Dari Wadah

 

 

 

 

 

3

Cara Memegang Thermometer Dengan Baik

 

 

 

 

 

4

Cara Melakukan Pengukuran Suhu Tubuh Dengan Baik

 

 

 

 

 

Keterangan :

1 : Sangat Baik

2 : Baik

3 : Cukup

4 : Kurang

 

Lembar penilaian penguasaan

Nama siswa     :

Kelas               :

 

Mohon di jawab dengan memberika tanda (√) pada skor yang sudah di sediakan pada kolom tersebut sesuai praktikum siswa

No

Kriteria

Skor

Keterangan

1

2

3

4

1

Penguasaan Menulis Laporan

 

 

 

 

 

2

Penguasaan Dalam Percobaan Mengukur Suhu Tubuh Dengan Benar

 

 

 

 

 

3

Hasil Pengukuran Suhu

 

 

 

 

 

Keterangan :

1 : Sangat Baik

2 : Baik

3 : Cukup

4 : Kurang

 

0 comments:

Post a Comment