BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama Program
Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 05/07/2021 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
: PDGK4205/Pembelajaran Terpadu di SD |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan, Juli 2021
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
Jawaban
1. Dari buku yang saya
baca, Aliran yang mempengaruhi pembelajaran terpadu secara filosofis ada 3
aliran yaitu sebagai berikut: (1) aliran progresivisme merupakan suatu proses
pembelajaran yang selalu di hadapi oleh para siswa tentang permasalahan yang
harus di selesaikan atau bersifat problem solving dan aliran ini menekankan
pada pembentukan kreativitas, pemberian sejumlah kegiatan, suasana alamiah dan
memperhatikan pengalaman siswa (2) aliran konstruktivisme merupakan suatu
pembelajaran yang menekankan pada pengalaman terhadap siswa dala,mmenghadapi
dan memecahkan permasalahan yang ia hadapi (3) aliran humainisme merupakan
proses pembelajaran yang menekankan pada perilaku siswa dalam menunjukkan
perubahan kedewasaan pada siswa dalam menghadapi permasalahan yang ada maupun
lingkungan sosal. Dan tugas guru untuk mengoptimalkan perkembangan siswa
melalui proses pembelajaran.
2. Menurut hemat
pikiran saya, Karena metode yang di kemukkan fogarty sangat cocok
sekali, mempunyai kelebihan yang bermanfaat dan mudah di terapkan oleh para
guru sekolah dasar, sebagai berikut : (1) model webbing merupakan model
pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik dan model ini
menekankan pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa memperoleh
pengalaman secara langsung dan mudah memahami konsep yang akan di pelajari (2)
model connected merupakan model pembelajaran terpadu yang menghubungkan satu
konsep dengan konsep lain yang di pelajari dalam satu bidang studi sehingga
pengalaman belajar siswa lebih luas dan menyeluruh (3) model intergrated
merupakan model pembelajaran merupakan model pembelajaran terpadu yang
menggunakan pendekatan antar pelajaran dan model ini menggambungkan bidang
studi yang tumpah tindih dengan topik, konsep sikap ang saling berhubungkan di
dalam beberapa mata pelajaran sehungga membutuhkan extra power yang kuat untuk
menggunakannyaa.
3. INI SILABUS
LAPORAN TUGAS 3
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH
DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok dan Uraian Materi |
Kegiatan Belajar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaia n |
Alokasi Waktu |
Sumber/ Bahan/
Alat |
B. Indonesia : Berbicara : ·
Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan
mendeskripsikan benda dan bercerita. Menulis : ·
Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak. |
B. Indonesia ·
Mendeskripsika n tumbuhan atau binatang di sekitar
sesuai ciri-cirinya dengan
menggunakan kalimat yang mudah
di pahami orang lain. ·
Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri ·
Mendeskripsika n tumbuhan atau binatang di sekitar
secara sederhana dengan bahasa tulis. · Menyalin puisi anak dengan |
·
Mendeskripsik an cirri tumbuhan dan hewan. ·
Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar. ·
Mendeklamasi kan
puisi |
·
Siswa dapat menirukan gerak dan suara
binatang. ·
Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci
sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman. ·
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita. ·
Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru. ·
Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga. ·
Siswa dapat
menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital
dan tanda baca dengan
tepat. · Siswa dapat membuat
karangan sederhana dengan |
·
Menirukan gerak dan suara binatang tertentu. ·
Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci
baik itu nama-nama cirri
khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut. ·
Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang
teman dan teman lainnya menebaknya. ·
Menjawab pertanyaan tentang isi cerita. ·
Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata- kata
sendiri. ·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru
dengan kata yang berhubungan |
Tertulis Perbuata n Lesan |
4 minggu |
Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok dan Uraian Materi |
Kegiatan Belajar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaia n |
Alokasi Waktu |
Sumber/ Bahan/
Alat |
|
huruf tegak bersambung yang rapi |
|
bantuan gambar yang
tersedia |
dengan tumbuhan dan binatang. ·
Melengkapi cerita
tentang data keluarga dengan kata yang tepat. ·
Menulis nama
orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan
huruf kapital dan tanda baca. ·
Menyalin kalimat cetak
menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat. ·
Menulis karangan dengan
melanjutkan sebuah cerita
yang sudah disediakan. ·
Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan
dengan tulisan yang
rapi dan kecepatan tertentu. |
|
|
|
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok dan Uraian Materi |
Kegiatan Belajar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaia n |
Alokasi Waktu |
Sumber/ Bahan/
Alat |
Matematika ·
Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. ·
Geometri : mengenal unsure bangun
datar sederhana |
Matematika ·
Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka. ·
Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka. ·
Melakukan operasi bilangan campuran. ·
Mengelompokk an bangun datar. ·
Mengenal sudut
bangun datar |
·
Perkalian
dan pembagian. ·
Bangun
datar dan unsure bangun datar |
·
Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai
cara mulai dari penjumlahan berulang. ·
Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara. ·
Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian ·
Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut
bentuknya. ·
Siswa dapat menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut,
garis, sisi |
· Mengingat pakta perkalian sampai
50 dengan berbagai cara. · Mengingat pakta pembagian
sampai 50 dengan berbagai cara. · Menghitung secara cepat
perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokka n
bilangan datar, menurut
bentuknya. · Menggunakan bangun datar menurut ukurannya. · Menyebutkan bentuk kolam pengolahan limbah. · Menentukan unsure bangun
datar yaitu titik sudut,
garis, sisi. · Menentukan unsure- unsur bangun datar yaitu
sudut. · Menggambar dan membuat
bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut |
Tertulis Perbuata n Lesan |
|
Buku tematik
kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Standar Kompetensi |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok dan Uraian Materi |
Kegiatan Belajar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaia n |
Alokasi Waktu |
Sumber/ Bahan/
Alat |
IPA ·
Mengenal berbagai sumber energi yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya. ·
Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam
kehidupan sehari-hari |
IPA ·
Mengidentifikasi sumber-sumber energi
panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar. ·
Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering
digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya. ·
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari. ·
Mendeskripsika n kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari |
·
Sumber
panas dan energi serta kegunaannya |
·
Siswa dapat mencari sumber
bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang
menghasilkan panas, sumber
energi yang menghasilkan cahaya. ·
Siswa dapat
memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis
energi ·
Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi,
siang dan sore
hari. ·
Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada
pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara
kedudukan matahari dengan baying-bayang |
·
Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat
rumah tangga. ·
Mencari contoh
alat rumah tangga yang menggunakan energi. ·
Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. ·
Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik. ·
Menceritakan kedudukan
matahari pagi, siang dan
sore hari. ·
Membedakan
panas matahari pada pagi, siang
dan sore hari. ·
Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari
dengan baying-bayang yang
terbentuk. ·
Menjelaskan kegunaan
panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari- |
Tertulis Perbuata n Lesan |
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru Gambar
Siswa |
Rencanan Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN Kebayoran
Lama Selatan 05
Kelas / Semester : II / 2
Tema :Lingkungan
Waktu :2 minggu
Standar Kompetensi
B. Indonesia
Berbicara
- Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan
benda dan bercerita.
- Menulis
- Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin
puisi anak.
Matematika
- Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua
angka.
- Geometri :
mengenal unsure bangun datar sederhana.
IPA
- Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan kegunaannya.
- Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar
B. Indonesia
·
Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai
ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·
Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan
menggunakan kata-kata sendiri
·
Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara
sederhana dengan bahasa tulis.
·
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang
rapi.
Matematika
·
Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua
angka.
·
Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·
Melakukan operasi bilangan campuran.
·
Mengelompokkan bangun datar.
·
Mengenal sudut bangun datar.
IPA
·
Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik,
cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·
Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering
digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan
sore hari.
·
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
B. Indonesia
·
Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.
·
Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci
sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
·
Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
·
Siswa
dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
·
Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta
penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
·
Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan
gambar yang tersedia.
Matematika
·
Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai
cara mulai dari penjumlahan berulang.
·
Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai
cara.
·
Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan
pembagian
·
Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut
bentuknya.
·
Siswa dapat menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi.
IPA
·
Siswa
dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi
yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
·
Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan
jenis energi
·
Siswa
dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Siswa
dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta
menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Materi ajar (materi pokok)
- Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
- Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
- Mendeklamasikan
puisi.
- Perkalian
dan pembagian.
- Bangun
datar dan unsure bangun datar.
- Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
- Menceritakan
pengalaman.
- Lingkungan
alam dan buatan.
- Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari
bahan alam dan buatan.
Metoda pembelajaran
- Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
Langkah-langkah
A. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur tempat
duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia,
Matematika). 3 x 35’.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan
dan binatang secara lisan dan dituangkan dalam tulisan.
F Mengingat fakta
perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.
Pertemuan kedua (B. Indonesia,
Matematika). 4 x
35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi,
guru:
F Dengan penjelasan tentang suara dan gerakan binatang siswa dapat
menirukannya dengan riang dan gembira.
F Menjelaskan perkalian
dengan penjumlahan berulang.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika,
IPA). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya melalui
bacaan atau cerita yang tersedia.
·
Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
·
Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mengerti dan paham serta
dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering digunakan, sumber energi di
lingkungan sekitar.
Pertemuan keempat (B. Indonesia,
Matematika). 4 x
35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menjelaskan unsure cetak gambar / cetak tinggi.
·
Membaca dengan intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita
binatang.
·
Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
·
Mendemontrasikan
hitung perkalian 1 dan 2
Pertemuan kelima (Matematika, B.
Indonesia). 3 x
35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Menirukan suara binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke
dalam tulisan tegak bersambung dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.
·
Mendemontrasikan
hitung perkalian 1 – 3.
Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Mengerjakan perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian
satu sampai tiga.
·
Menyusun
kalimat sederhana.
Minggu ke 2
Pertemuan
pertama (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang dari
perkalian satu sampai lima.
·
Membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang benar
secara seksama.
Pertemuan kedua (Matematika, B.
Indonesia). 3 x
35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Memperagakan peran tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang
memerlukan lingkungan sekitarnya.
·
Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mampu mengungkapkan dan
hafal hitung perkalian.
·
Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang dibacanya.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia,
Matematika). 3 x
35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Melalui penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi
bunyi, panas dan energi listrik diharapkan siswa dapat mengungkapkan alasan
yang tepat tentang penggunaan energi tersebut.
·
Menuliskan yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung
yang baik dan benar.
·
Melalui penjelasan tentang pembagian diharapkan akan lebih memahami
tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan keempat (B. Indonesia,
Matematika). 3 x
35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Membaca dan menjawab pertanyaan dari isi cerita kemudain dituangkan
kedalam tulisan dengan bentuk karangan pendek.
·
Mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang sampai nol.
Pertemuan Kelima (Matematika B.
Indonesia) 2 x 35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Mengerjakan hitung pembagian satu sampai 5
·
Menyusun
kalimat sederhana.
Pertemuan keenam (B. Indonesia,) 4x 35’
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Membaca kalimat bersuara nyaring dengan intonasi yang benar
kemudain di tulis dengan menggunakan huruf sambung dan penerapan penggunaan
huruf besar dan tanda baca.
·
Membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif
imajinatif dari bahan alam.
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
·
Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
·
Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan
maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
·
Memberikan tugas atau PR
Alat dan sumber :
·
Buku paket
·
Alat peraga
·
Media cetak
·
Media elektronik
·
Lingkungan sekitar
·
Kreatifitas guru
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|
B. Indonesia ·
Menirukan
gerak dan suara binatang tertentu. ·
Menjelaskan
cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri
khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut. ·
Mendeskripsikan
cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya. ·
Menjawab
pertanyaan tentang isi cerita. ·
Menceritakan
kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri. ·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan
binatang. ·
Melengkapi
cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat. ·
Menulis
nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf
kapital dan tanda baca. ·
Menyalin
kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat. ·
Menulis
karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah
disediakan. ·
Menulis
karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi
dan kecepatan tertentu. Matematika
·
Mengingat
pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara. ·
Mengingat
pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara. ·
Menghitung
secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan
bilangan datar, menurut bentuknya. ·
Menggunakan
bangun datar menurut ukurannya. ·
Menentukan
unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi. ·
Menentukan
unsure-unsur bangun datar yaitu sudut. ·
Menggambar
dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut. IPA
·
Mencari
sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga. ·
Mencari
contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi. ·
Memberi
contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. ·
Memberi
alasan penggunaan jenis energi listrik. ·
Menceritakan
kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari. ·
Membedakan
panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. ·
Menceritakan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang
terbentuk. ·
Menjelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. |
tertulis, lisan, perbuatan |
isian,essay, skala sikap, portofolio |
B. Indonesia ·
Bagaimana
cara Menirukan gerak dan suara binatang tertentu. ·
Jelaskan
cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri
khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut. ·
Jelaskanlah
cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya. ·
Jelaskanlah
pertanyaan tentang isi cerita. ·
Ceritakan
kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri. ·
Tuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan
binatang. ·
Jelaskanlah
cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat. ·
Tuliskanlah
nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf
kapital dan tanda baca. ·
Salinkanlah
kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat. ·
Tuliskanlah
karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah
disediakan. ·
Tuliskanlah
karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi
dan kecepatan tertentu. Matematika
·
Jelaskanlah
pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara. ·
Jelaskanlah
pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara. ·
Hitungkanlah
secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan
bilangan datar, menurut bentuknya. ·
Hitungkanlah
bangun datar menurut ukurannya. ·
Tentukanlah
unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi. ·
Tentukan
unsure-unsur bangun datar yaitu sudut. ·
Bagaimana
cara Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut. IPA
·
Sebutkanlah
sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga. ·
Sebutkanlah
contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi. ·
Sebutkanlah
contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. ·
Jelaskanlah
alasan penggunaan jenis energi listrik. ·
Ceritakan
kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari. ·
Bedakan
panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. ·
Ceritakan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang
terbentuk. ·
Jelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. |
4.
Instrument pengembangan
keterampilan prosedur bagi siswa
Lembar penilaian keterampilan
Nama siswa :
Kelas :
Mohon di jawab dengan memberika tanda (√) pada
skor yang sudah di sediakan pada kolom tersebut sesuai praktikum siswa
No |
Aspek Yang Di Nilai
|
Skor |
Keterangan |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Keterampilan
Menulis Laporan |
|
|
|
|
|
2 |
Cara
Mengeluarkan Thermometer Dari Wadah |
|
|
|
|
|
3 |
Cara
Memegang Thermometer Dengan Baik |
|
|
|
|
|
4 |
Cara
Melakukan Pengukuran Suhu Tubuh Dengan Baik |
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : Sangat Baik
2 : Baik
3 : Cukup
4 : Kurang
Lembar penilaian penguasaan
Nama siswa :
Kelas :
Mohon di jawab dengan memberika tanda (√) pada
skor yang sudah di sediakan pada kolom tersebut sesuai praktikum siswa
No |
Kriteria |
Skor |
Keterangan |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Penguasaan
Menulis Laporan |
|
|
|
|
|
2 |
Penguasaan
Dalam Percobaan Mengukur Suhu Tubuh Dengan Benar |
|
|
|
|
|
3 |
Hasil
Pengukuran Suhu |
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : Sangat Baik
2 : Baik
3 : Cukup
4 : Kurang
0 comments:
Post a Comment