TUGAS AKHIR PROGRAM – IDIK4005
Pembelajaran Yang Bu Lusi Lakukan Bersama Siswa Kelas 2 Dengan Tema Buah-buahan
Latar belakang Masalah
Bu Lusi mengajar
di kelas 2 SDN
Cireundeu 01 yang terletak di Tangerang Selatan . Suatu hari Bu Lusi mengajak anak-anak berbincang-bincang mengenai
Buah-buahan yang banyak dijual di pasar. Anak-anak diminta
menyebutkan buah yang paling disukainya dan menuliskannya di buku
masing-masing. Anak-anak kelihatan gembira dan berlomba menyebutkan dan
menuliskan buah yang disukainya. Pada akhir perbincangan Bu Lusi
meminta seorang anak menuliskan nama sayur yang sudah disebutkan, sedangkan
anak-anak lain mencocokkan pekerjaannya dengan tulisan di papan. Setelah
selesai anak-anak diminta membuat kalimat dengan menggunakan kata-kata yang
ditulis di papan tulis.
ILustrasi
Bu Lusi:
"Anak-anak, lihat kata-kata ini. Ini nama buah-buahan. Baca baik-baik, buat kalimat dengan kata-kata itu ya." Anak-anak
menjawab serentak: "Ya, Bu." Kemudian Bu Lusi
pergi ke mejanya dan memperhatikan apa yang dilakukan anak-anak. Karena tak
seorangpun yang mulai bekerja, Bu Lusi kelihatan tidak sabar.
"Cepat bekerja, dan angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Bu
Lusi dengan suara keras. Anak-anak kelihatan bingung,
namun Bu Lusi diam saja dan tetap duduk di kursinya. Perhatian
anak-anak menjadi berkurang, bahkan ada yang mulai mengantuk, dan sebagian
mulai bermain-main. Mendengar suara gaduh, Bu Lusi
dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak untuk membacakan
kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya kalimat yang akan
dibacakan. Bu Lusi memanggil kembali dengan suara keras agar semua
anak membuat kalimat.
1. Kasus diatas Tentang Pembelajaran Yang Bu Lusi Lakukan Bersama Siswa Kelas 2
Dengan Tema Buah-buahan
2. Identifikasi Informasi Kunci Atau Penting Yang Terdapat Di Dalam
Kasus
Dari ilustrasi pembelajaran yang dilakuakn oleh Bu Lusi di Kelas 2 SD diatas dapat
diketahui beberapa informasi penting, diataranya:
- Bu Lusi
berbincang-bincang dengan siswa tentang buah-buahan yang
ada di pasar dan meminta siswa menyebutkan nama buah-buahan
tersebut
- Bu Lusi
meminta seorang anak untuk menuliskan nama buah yang
telah dituliskan disebuah buku ke papan tulis
- Bu Lusi
meminta siswa untuk membuat kalimat dari kata-kata nama buah yang
telah dituliskan di papan tulis
- "Cepat bekerja, dan
angkat tangan jika sudah punya kalimat." kata Bu Lusi dengan
suara keras. Bu Lusi dengan keras menyuruh anak-anak diam dan menunjuk seorang anak
untuk membacakan kalimatnya. Anak yang ditunjuk diam karena tidak punya
kalimat yang akan dibacakan. Bu Lusi memanggil kembali dengan suara keras agar semua anak membuat
kalimat.
3.
Mengaitkan Informasi-informasi Tersebut Sehingga Muncul Permasalahan Atau
Pertanyaan Dari Kasus Tersebut
Setalah
melakukan identifikasi malasah diatas, selanjutnya dapat dibuat perumusan
masalah sebagai berikut ini:
- Mengapa Bu Lusi tidak memberikan
penjelasan dan tidak memberikan contoh cara membuat kalimat yang terdiri
dari kata-kata buah?
- Mengapa Bu Lusi harus berkata-kata
dengan suara keras agar siswa mau mengerjakan tugas yang diberikan?
- Pendekatan apa yang bisa di lakukan oleh Bu Lusi untuk
siswa kelas 2 tersebut agar bisa membuat kalimata dari kata-kata yang
telah ada?
4. Analisis penyebab masalah yang terjadi
Dari
perumusan masalah pada langkah nomor 3, teridentifikasi beberapa masalah
seperti berikut ini:
- Bu Lusi tidak
memberikan penjelasan tentang cara membuat kalimat serta tidak memberikan
contoh kalimat sederhana sesuai dengan kata-kata yang telah dituliskan
dipapan tulis tersebut
- Bersuara keras tidak akan
menyelsaikan masalah saat dikelas terlebih lagi untuk siswa kelas 2 SD dan
ini yang terjadi pada pembelajaran yang Bu Lusi lakukan
- Bu Lusi tidak menggunakan
pendekatan yang sesuai baik saat menyampaikan pembelajaran dan meminta
siswa untuk membuatkan kalimat yang terdiri dari kata-kata buah
5. Mengembangkan Alternatif Pemecahan Masalah
Adapun
alternatif pemecahan masalah yang dapat dimunculkan berdasarkan ilustrasi
pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Lusi terhadap siswa kelas 2 SD, yaitu:
- Seharusnya Bu Lusi
memberikan penjelasan tentang cara membuat kalimat yang baik dan benar,
lalu kemudian memberikan contoh kalimat sederhana yang terdiri dari
kata-kata buah-buahan , misalnya: Apel berwarna merah, ibu membeli jeruk
dan sebagainya, cukup dengan kalimat sederhana yang terdiri dari 2-3 kata
saja
- Seharusnya Bu Lusi tidak
berkata-kata yang keras terlebih lagi untuk siswa kelas 2, sebab perkataan
yang keras bisa membuat siswa trauma atau merasa takut dalam mengikuti
pembelajaran dikelas, jika siswa sudah merasa takut bisa saja membuat
siswa tidak ingin lagi belajar di kelas tersebut dan tidak berani lagi
bertemu guru yang bersangkutan
- Seharusnya Bu Lusi
menggunakan pendekatan di dalam pembelajaran tersebut, seperti pendekatan
tematik. Pendekatan tematik bisa dilakukan karena pemikiran siswakelas 2
masih bersifat holistik. Dalam KBBI kata holisme (holistik) didefiniskan
sebagai carapendekatan terhadap suatumasalah ataugejala, dengan memandang
gejala atau masalah tersebut sebagai suatu kesatuan yang utuh.
6. Menganalisis Kekuatan Dan Kelemahan Setiap Alternatif
a. Kekuatan
Ada beberapa
kekuatan dari ilustrasi kegiatan pembelajaran diatas, yaitu:
- Bu Lusi telah berhasil
menjalin komunikasi yang sangat baik dengan siswa, hal ini terbukti dari
percakapan sederhana yang dilakukan oleh Bu Lusi dengan siswa kelas 2
untuk menyebutkan nama buah buahan yang ada dipasar
- Bu Lusi bisa
saja menggunakan pendekatan terpadu kepada siswa yaitu dengan memberikan
contoh cara membuat kalimat sederhana yang terdiri dari kata-kata buah buahan
- Bu Lusi bisa
saja berkata dengan lembut atau dengan menggunakan isyarat kepada siswa
agar diam dan tidak bermain-main saat pembelajaran sedang
berlangsung
b. Kelemahan
- Bu Lusi tidak
menjelaskan cara membuat kalimat sederhana dan juga tidak memberikan
contoh kalimat sederhana yang terdiri dari kata-kata buah-buahan
- Siswa tidak mengerti cara
mengerjakan soal yang diberikan oleh Bu Lusi
- Bu Lusi tidak
menggunakan pendekatan dalam pembelajaran
- Tidak
menggunakan media pendukung
7. Memilih Satu Alternatif Yang Dianggap Paling Efektif
Adapun
alternatif yang akan digunakan untuk memecahkan permasalahan terhadap ilustrasi
pembelajaran yang Bu Lusilakukan di Kelas 2 SD, yaitu dengan:
- Memilih salah satu
pendekatan yang tepat agar siswa bisa memahami tentang tugas atau latihan
yang akan diberikan, pendekatan tersebut adalah pendekatan terpadu. Bu Lusi
menggunakan pendekatan terpadu dengan meminta siswa menyebutkan nama-nama buah-buahan
yang ada dipasar, kemudian meminta siswa menuliskannya di buku, lalu
kemudian membuatnya menjadi sebuah kalimat sederhana.
8. Menyusun Dan Menuliskan Jawaban Dari Masalah/Kasus Tersebut
Adapun
solusi yang bisa dilakukan terhadap kasus Bu Lusi diatas, yaitu dengan:
- Menggunakan pendekatan
terpadu, penggunaan pendekatan terpadu bisa disebut dengan pendekatan
tematik, sehingga satu materi bisa digunakan untuk mata pelajaran yang
lain. Pendekatan terpadu adalah pendekatan yang lebih berpusat pada
kaaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung.
- Bu Lusi dapat memulai
pembelajaran sesuai yang terdapat
pada RPP, yaitu dengan adanya kegiatan awal atau pendahuluan,
kegiatan inti dan juga penutup
- Bu Lusi sudah sangat baik dalam memulai
pembelajaran terlebih lagi untuk siswa kelas 2 yaitu dengan mengajak
berbincang-bincang tentang lingkungan yang ada disekitarnya
- Untuk penugasan yang
diberikan kepada siswa, Bu Lusi bisa memberikan beberapa contoh kalimat
terlebih dahulu barulah kemudian meminta siswa membuat kalimat sederhana
yang cukup terdiri dari 2 – 3 kata
- Bu Lusi bisa membiarkan
setiap siswa untuk berfikir, berimajinasi dan mengungkapkan kalimat yang
dibuat siswa meskipun dengan bahasa sehari-hari (tidak menggunakan bahasa
baku), baru lah setalah siswa berhasil mengungkapkannya Bu Lusi memberikan
pernyataan yang benar terhadap kalimat yang baru saja diungkapkan siswa
tadi
- Hindari menyela atau
mengatakan bahwa kalimat yang diungkapkan siswa itu salah, meskipun memang
kenyataannya salah gunakan kalimat pembanding yang sebenarnya terhadap
ungkapan kalimat siswa tadi
- Suara yang keras untuk
menegur siswa bisa diganti dengan menggunakan bahasa isyarat tubuh,
seperti meletakkan jari telunjuk pada mulut untuk tanda agar siswa diam,
mengacungkan jempol tanda setuju terhadap jawaban siswa, dan menggelengkan
kepala tanda tidak setuju terhadap jawaban siswa.
- Bu
lusi dapat memberikan media seperti buah tiruan, ada kalimat yang
menggunakan kata buah buahan. Dan melibatkan siswa untuk mencontohkan ke
depan dan menuliskan bebrapa kalimat yang mengenai kata kata buah
0 comments:
Post a Comment