Monday 13 June 2022

RPP SIKLUS 1 TUGAS PKP

0 comments

RPP SIKLUS 1 TUGAS PKP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Satuan pendidikan      : sekolah dasar

Nama sekolah                         : SDN kebayoran lama selatan 05

Pelajaran                    : bahasa indonesia

Kelas/semester            : 2 / 2

Alokasi waktu                         : 6 x 35 menit

Siklus                           : I

 

 

I.              STANDAR KOMPETENSI

 

6.  Berbicara: Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.

II.                KOMPETENSI DASAR

 

6.1     Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.

III.                  INDIKATOR

 

1.      Memperagakan percakapan tentang persoalan faktual.

 

2.      Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman.

 

3.      Menanyakan tentang persoalan yang dikemukakan teman sesuai tema.

 

4.      Memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman.


IV.                  TUJUAN PEMBELAJARAN

 

1.      Setelah siswa memperhatikan contoh peragaan percakapan, siswa dapat memperagakan percakapan tentang persoalan faktual dengan lancar dan jelas.

2.      Setelah siswa melakukan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi pokok- pokok persoalan yang dikemukakan dengan benar.

3.      Setelah siswa melakukan tanya jawab, siswa dapat menanyakan persoalan yang dikemukakan teman sesuai tema dengan tepat.

4.      Setelah siswa memberikan pendapat persoalan faktual, siswa lain dapat memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman secara tepat.

Karakter siswa yang dikembangkan:

 

Berani, tanggung jawab, rasa hormat dan perhatian.

 

V.                MATERI AJAR

 

Persoalan Faktual

 

VI.                  METODE PEMBELAJARAN

 

Bermain peran

 

VII.                    LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN

 

A.     Pertemuan ke-1

 

1.      Kegiatan Awal 5 menit)

 

a.       Berdo‟a.

 

b.      Siswa menjawab pertanyaan guru siapa yang tidak masuk hari itu.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum memulai pelajaran.

 

d.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.


2.      Kegiatan Inti (±55 menit)

 

d)      Eksplorasi

 

1)       Siswa    melakukan     brainstorming     (curah    pendapat)    dengan bimbingan guru untuk memilih tema yang dipelajari.

2)       Siswa memilih dan memahami tema yang akan dipelajari dengan bimbingan guru.

3)       Siswa menerima naskah percakapan drama tentang persoalan faktual yang dibagikan oleh guru.

4)       Siswa membentuk kelompok bermain peran.

 

5)       Siswa menentukan tokoh yang akan diperankan bersama anggota kelompoknya masing-masing.

6)       Siswa mengatur seting tempat pemeranan dengan bimbingan guru.

 

e)       Elaborasi

 

1)       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang ciri-ciri orang yang terampil berbicara dengan baik.

2)       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang hal yang perlu dipersiapkan dalam berbicara.

3)       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang metode bermain peran.

4)       Siswa    mendengarkan    penjelasan    dari   guru    tentang   langkah berbicara melalui metode bermain peran.

5)       Siswa memperhatikan contoh peragaan percakapan oleh guru.


6)       Siswa membaca naskah percakapan tentang persoalan faktual bersama anggota kelompoknya untuk mendalami peran masing- masing.

7)       Siswa mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan dalam percakapan.

8)       Siswa menanyakan persoalan yang dikemukakan teman sesuai tema percakapan.

9)       Siswa lain memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman sebelumnya.

f)       Konfirmasi

 

1)       Siswa membuat kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

2)       Siswa menanyakan materi yang belum dipahami setelah diberikan kesempatan oleh guru.

3.      Kegiatan Akhir (±10 menit)

 

a.       Siswa merefleksi pembelajaran yang telah dilakukan dengan bimbingan guru.

b.      Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum mengakhiri pembelajaran.

 

d.      Guru menutup pelajaran.


B.      Pertemuan ke-2

 

1.      Kegiatan Awal 5 menit)

 

a.       Berdo‟a.

 

b.      Siswa menjawab pertanyaan guru siapa yang tidak masuk hari itu.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum memulai pelajaran.

 

d.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.

 

2.      Kegiatan Inti 55 menit)

 

a.      Eksplorasi

 

1)       Siswa mengatur seting tempat pemeranan dengan bimbingan guru.

 

2)       Perwakilan salah satu kelompok siswa membaca naskah percakapan tentang persoalan faktual di depan kelas.

b.      Elaborasi

 

1)       Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru tentang aspek kebahasaan yang menjadi fokus penilaian dalam keterampilan berbicara.

2)       Siswa berlatih memerankan peran sesuai naskah percakapan bersama anggota kelompoknya di depan kelas secara bergantian.

c.       Konfirmasi

 

1)       Siswa membuat kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

2)       Siswa menanyakan materi yang belum dipahami setelah diberikan kesempatan oleh guru.


3.      Kegiatan Akhir (±10 menit)

 

a.       Siswa    merefleksi    pembelajaran     yang    telah    dilakukan    dengan bimbingan guru.

b.      Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum mengakhiri pembelajaran.

 

d.      Guru menutup pelajaran.

 

C.     Pertemuan ke-3

 

1.      Kegiatan Awal 5 menit)

 

a.       Berdo‟a.

 

b.      Siswa menjawab pertanyaan guru siapa yang tidak masuk hari itu.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum memulai pelajaran.

 

d.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.

 

2.      Kegiatan Inti (±55 menit)

 

a.      Eksplorasi

 

1)       Siswa mengatur seting tempat pemeranan dengan bimbingan guru.

 

2)       Perwakilan salah satu kelompok siswa membaca naskah percakapan tentang persoalan faktual di depan kelas.

b.      Elaborasi

 

1.      Siswa mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru tentang aspek nonkebahasaan yang menjadi fokus penilaian dalam keterampilan berbicara.

2.      Siswa berlatih memerankan peran sesuai naskah percakapan bersama anggota kelompoknya di depan kelas secara bergantian.


c.       Konfirmasi

 

1)       Siswa membuat kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

2)       Siswa menanyakan materi yang belum dipahami setelah diberikan kesempatan oleh guru.

3.      Kegiatan Akhir (±10 menit)

 

a.       Siswa    merefleksi    pembelajaran     yang    telah    dilakukan    dengan bimbingan guru.

b.      Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum mengakhiri pembelajaran.

 

d.      Guru menutup pelajaran.

 

D.     Pertemuan ke-4

 

1.      Kegiatan Awal 5 menit)

 

a.       Berdo‟a.

 

b.      Siswa menjawab pertanyaan guru siapa yang tidak masuk hari itu.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum memulai pelajaran.

 

d.      Siswa menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.

 

2.      Kegiatan Inti (±55 menit)

 

a.      Eksplorasi

 

Siswa mengatur seting tempat pemeranan dengan bimbingan guru.

 

b.      Elaborasi

 

1)       Siswa memeranklan peran sesuai naskah percakapan bersama anggota kelompoknya di depan kelas.


2)       Siswa melakukan diskusi dan mengevaluasi pemeranan percakapan yang diperankan dengan bimbingan guru.

3)       Siswa melakukan presentasi hasil diskusi dan saling berbagi pengalaman dengan bimbingan guru.

c.       Konfirmasi

 

1)       Siswa membuat kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dengan bimbingan guru.

2)       Siswa menanyakan materi yang belum dipahami setelah diberikan kesempatan oleh guru.

3.      Kegiatan Akhir (±10 menit)

 

a.       Siswa    merefleksi    pembelajaran     yang    telah    dilakukan    dengan bimbingan guru.

b.      Siswa mendengarkan motivasi yang disampaikan oleh guru.

 

c.       Siswa mengkondisikan diri sebelum mengakhiri pembelajaran.

 

d.      Guru menutup pelajaran.

 

VIII.                       SUMBER PEMBELAJARAN

 

1.      Buku pelajaran Bahasa Indonesia SD kelas V

 

Subarwati. 2009. Bahasaku, Bahasa Indonesia 5 : Untuk / MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

2.      Buku lain yang mendukung

 

IX.                   MEDIA PEMBELAJARAN

 

Naskah percakapan drama


X.                 PENILAIAN

 

1.      Pengamatan Siswa

 

2.      Penilaian Keterampilan Berbicara Siswa ( Tes Akhir)

 

3.      Kriteria Keberhasilan

 

Oleh karena konteks pembelajaran di SD Negeri 2 Wates, kriteria keberhasilan dipaparkan sebagai berikut.

a.    Siswa dianggap berhasil jika memperoleh nilai > 75.

 

b.    Pembelajaran dianggap mencapai tujuan apabila 75% memperoleh nilai

 

>75.

 

0 comments:

Post a Comment