LAPORAN PRAKTIK PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
MODEL 221 DAN 222
Dosen Pembimbing Neneng
Dahlia Puspa, M.Pd
Disusun Oleh:
Nama : RIZA BADRUZZAMN
NIM : 857129148
Pokjar : CIPUTAT
Kab/Kota : TANGERANG
SELATAN
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ JAKARTA
2022.1
Dengan menyebut nama Allah SWT yang
maha pengasih dan maha penyayang yang telah memberi kesehatan jasmani dan
rohani sampai saat ini hingga dapat melakukan aktivitas perkuliahan dan kembali
belajar. Sholawat serta Salam tak lupa kami curahkan untuk baginda Muhammad SAW
yang telah menunjukkan kita pada agama yang indah dan menyinari dunia dengan
cahaya ilmu.
Penulis merasa bersyukur karena dapat
menyelesaikan makalah ini dengan baik. Maka dari itu kami mengucapkan
terimakasih kepada banyak pihak yang sudah membantu menyelesaikan makalah ini.
Dan penulis juga memahami banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan dalam
pembuat makalah ini. Maka penulis menerima segala kritik dan saran supaya dapat
memperbaiki penulisan - penulisan dilain waktu.
Tangsel, 4 juni 2022
Penulis
RIZA
BADRUZZAMAN
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
................................................................................ i
DAFTAR ISI ............................................................................................... iii
A.
PRAKTIK PKR
MODEL 221 DI SEKOLAH
1.1 RPP Pembelajaran Kelas Rangkap Model 221 .......................... 1
1.2 Link Video
PKR Model 221 ...................................................... 7
1.3 APKG 1 .................................................................................... 8
1.4 APKG 2
.................................................................................... 12
B.
PRAKTIK PKR MODEL
222 DI SEKOLAH
2.1 RPP Pembelajaran Kelas Rangkap Model
222 .......................... 15
2.2 Link Video
PKR Model 222 ...................................................... 21
2.3 APKG 1
.................................................................................... 27
2.4 APKG 2
.................................................................................... 32
C.
LEMBAR REFLEKSI PELAKSANAAN PRAKTEK PKR 35
RENCANA
PELAKSANAN PEMBELAJARAN
KELAS
RANGKAP
MODEL
221
Sekolah : SDN KEBAYORAN LAMA
SELATAN 03
Mata Pembelajaran : MTK Kelas 1 Semester 2
IPA Kelas II Semester 2
AlokasiWaktu : 2 x 30 ( Menit)
Jam ke : 3
Hari /
Tanggal : Kamis, 19 mei 2022
I. StandarKompetensi
MTK Kelas I
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai
20.
IPA Kelas II : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan
dan tumbuhan
pertumbuhan hewan dan tumbuhan , serta berbagai tempat
hidup
makhluk hidup .
II. Kompetensi Dasar
MTK Kelas I : 1.3 Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Penjumlahan.
IPA Kelas II : 1.2 Mengenal bagian-bagian utama
hewan dan tumbuhan di
Sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
III.
Indikator
MTK Kelas I : 1.3.1 Menjelaskan cara menghitung penjumlahan
1.3.2.
Menjelaaskan cara menghitung pengurangan
IPA Kelas II : 1.2.1 Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
1.2.2 Menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan
IV.
Pokok materi
MTK Kelas 1
: Penjumlahan dan pengurangan .
IPA Kelas II :
Pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
IV.
Metodedan Model Pembelajaran
1.
Diskusi
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
V. KegiatanPembelajaran
1.
Kegiatanawal ( 10Menit ) ;
Ø
Mengucapkan salam dan berdoa
Ø
Presensi dan apersepsi
Ø
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiataninti ( 40 Menit )
Eksplorasi
Kelas I ( MTK )
Ø Guru
menjelaskan tentang cara penjumlahan dan pengurangan bilangan
Ø Guru
menyebutkan bilangan 1 sampai 20
Kelas II ( IPA ) :
Ø Guru
menjelaskan tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan
Ø Siswa
menjawab pertanyaan yang di berikan guru
tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Elaborasi
Kelas I
( MTK )
Ø Guru
memberikan beberpa pertanyaan mengenai
materi yang telah di sampaikan.
Ø Guru
memberi tugas kepada siswa tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 20.
Ø Siswa
mengerjakan tugas dari guru.
Kelas II ( IPA )
Ø Guru
memberikan beberpa pertanyaan
mengenai materi yang telah di sampaikan.
Ø Guru
melakukan Tanya jawab dengan siswa.
Ø Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk membedakan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegitan konfirmasi guru :
Ø Guru
bertanya jawab tentang hal – hal yang belum di ketahui siswa.
Ø Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan akhir ( 10 menit )
Ø Guru
memberikan postest.
Ø Guru
menyuruh siswa membuat rangkuman.
Ø Guru
memberikan PR.
VI. Sumberdan Media Pembelajaran
MTK kelas 1
Ø Sumber
Belajar : Buku MTK kelas I hal 20 – 26,
oleh : CV SETI-AJI
Ø
Media : Alat peraga
/ gambar
IPA
Ø Sumber
Belajar : Buku IPA Kelas II hal 19 – 24, oleh : CV SETI-AJI
Ø
Media : Gambar / alat peraga
VII.
Evaluasi Penilaian
Soal-soal latihan Matematika kelas 1
1. 7
+ 4 =
2. 3
+ 8 =
3. 5
+ 1 =
4. 7
+ 3 =
5. 9
+ 5 =
KunciJawaban
1.
11
2.
11
3. 6
4.
10
5.
14
IPA
Soal- soal IPA kelas II
1.
Ayam berkembang biak dengan cara ........................
2.
Kucing berkembang biak dengan cara ......................
3.
Pertumbuhan pohon mangga dimulai dari ....................
4. Sebutkan dua contoh tumbuhan yang berasal
dari batang .....................
5.
Berikan 3 contoh hewan yang beranak ................................
Kunci Jawaban
1.
Bertelur
2.
Beranak
3.
Dari biji
4.
pohon singkong dan bambu
5. Kambing, kucing, sapi
VIII . PENILAIAN
1.
Prosedur penilaian
·
Tes akhir evaluasi
2.
Jenis penilaian
·
Tes tertulis (objektif / isian )
3.
Alat penilaian
·
Soal (terlampir)
·
Kunci jawaban
·
Pedoman penilaian
a
̶ x
100 = X
b
Keterangan :
a : jumlah
soal benar
b : jumlah
soal
x : nilai
jakarta,
, 17 mei 2022
Praktikan/mahasiswa
RIZA BADRUZZAMAN
LINK VIDEO PEMBELAARAN
KELAS RANGKAP RPP 221
DOKUMENTASI PEMBELAJARANN
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN
05 4. KELAS /
SEMESTER
: I (Satu) / II
(Dua) 5. MATA
PELAJARAN : 1.MATEMATIKA 2. IPA 6. TEMA
: TEMA 5 DAN TEMA 6 7. WAKTU : 2 X 35 MENIT 8. TANGGAL
: 19 MEI 2022 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan
dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat
dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1. |
Menentukan tema, bahan pembelajaran |
||||||||||||||
dan merumuskan tujuan/indicator |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
1.1 |
Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi |
√ |
|||||||||||||
dasar 3 mata pelajaran |
|||||||||||||||
1.2 |
Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai |
√ |
|||||||||||||
dengan Standar Isi dan Kompetensi |
|||||||||||||||
1.3 |
Merumuskan tujuan/indikator |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 1 = A |
|||||||||||||||
2. |
Mengembangkan dan mengorganisasikan |
||||||||||||||
materi, media pembelajaran, dan sumber
belajar |
|||||||||||||||
2.1 |
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi |
√ |
|||||||||||||
dari 3 mata pelajaran |
|||||||||||||||
2.2 |
Menentukan dan mengembangkan alat |
√ |
|||||||||||||
bantu/media pembelajaran |
|||||||||||||||
2.3 |
Memilih sumber belajar |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 2 = B |
√ |
||||||||||||||
3. |
Merencanakan skenario kegiatan |
||||||||||||||
pembelajaran terpadu |
|||||||||||||||
3.1 |
Menentukan jenis kegiatan pembeljaran Terpadu |
√ |
|||||||||||||
3.2 |
Menyusun langkah-langkah pembelajaran Terpadu |
√ |
|||||||||||||
3.3 |
Menentukan alokasi waktu pembelajaran Terpadu |
√ |
|||||||||||||
3.4 |
Menentukan cara-cara memotivasi siswa |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 3 = C |
√ |
||||||||||||||
4. |
Merancang pengelolaan kelas |
||||||||||||||
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa |
√ |
||||||||||||||
agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
Terpadu |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 4 = D |
√ |
||||||||||||||
|
|||||||||||||||
5. |
Merencanakan prosedur, jenis, dan |
||||||||||||||
menyiapkan alat penilaian |
|||||||||||||||
5.1 |
Menentukanm prosedur dan jenis penilaian |
√ |
|||||||||||||
5.2 |
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 5 = E |
√ |
||||||||||||||
6. |
Tampilan dokumen rencana pembelajaran |
||||||||||||||
terpadu |
|||||||||||||||
6.1 |
Kebersihan dan kerapian |
√ |
|||||||||||||
6.2 |
Penggunaan bahasa tulis |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 6 = F |
√ |
||||||||||||||
7. |
Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik |
||||||||||||||
Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring
Tematik |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata butir 7 = G |
√ |
Nilai APKG 1 = R R =
R = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala
Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM |
Ciputat
Timur, …….2022 Teman
Sejawat, Miskiyah M. Pd NIP. |
|
|
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN
05 4. KELAS /
SEMESTER
: I (Satu) / II
(Dua) 5. MATA
PELAJARAN : 1.MATEMATIKA 2. BAHASA INDONESIA 6. TEMA
: TEMA 5 DAN TEMA 6 7. WAKTU : 2X35 MENIT 8. TANGGAL
: 19 MEI 2022 |
PETUNJUK
1. Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan
perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa
3. Nilaila
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4. Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang
sedang diajarkan
1. |
Melakukan pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
a. |
Melaksanakan tugas rutin kelas |
√ |
||||||||||||||
b. |
Memulai kegiatan pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
c. |
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan |
√ |
||||||||||||||
kemampuan/tujuan/ indikator, siswa, situasi, |
||||||||||||||||
& lingkungan |
||||||||||||||||
d. |
Melaksanakan kegiatan pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
secara individual, kelompok, atau klasikal |
||||||||||||||||
e. |
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan |
√ |
||||||||||||||
kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan
lingkungannya |
||||||||||||||||
f. |
Menggunakan media belajar yang sesuai dengan |
√ |
||||||||||||||
tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan |
||||||||||||||||
g. |
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien |
√ |
||||||||||||||
h. |
Mengakhiri kegiatan pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 1 = P |
√ |
|||||||||||||||
2. |
Mengelola interaksi kelas |
|||||||||||||||
a. |
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, |
√ |
||||||||||||||
terbuka, dan penuh perhatian kepada siswa |
||||||||||||||||
b. |
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa |
√ |
||||||||||||||
c. |
Melakukan komunikasi secara efektif |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 2 = Q |
√ |
|||||||||||||||
3. |
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam |
|||||||||||||||
pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran
tertentu |
||||||||||||||||
secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP |
||||||||||||||||
Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai) |
||||||||||||||||
a. |
Bahasa Indonesia |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan penguasaan materi |
√ |
||||||||||||||
bahasa Indonesia |
||||||||||||||||
2) |
Memberikan latihan ketrampilan berbahasa |
√ |
||||||||||||||
3) |
Mengembangkan kemampuan siswa untuk |
√ |
||||||||||||||
berkomunikasi dan bernalar |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3a = R |
√ |
|||||||||||||||
b. |
Matematika |
|||||||||||||||
1) |
Menanamkan konsep matematika melalui |
√ |
||||||||||||||
kegiatan manipulatif |
||||||||||||||||
2) |
Menguasai simbol-simbol matematika |
√ |
||||||||||||||
3) |
Memberikan latihan penggunaan konsep
matematika |
√ |
||||||||||||||
dalam kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3b = R |
√ |
|||||||||||||||
c. |
IPA |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui |
√ |
||||||||||||||
pengalaman langsung |
||||||||||||||||
2) |
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui |
√ |
||||||||||||||
pengalaman langsung |
||||||||||||||||
3) |
Menampilkan penguasaan IPA |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 3c = R |
√ |
|||||||||||||||
d. |
IPS |
|||||||||||||||
1) |
Mengembangkan pemahaman konsep waktu |
√ |
||||||||||||||
2) |
Mengembangkan pemahaman konsep ruang |
√ |
||||||||||||||
3) |
Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan |
√ |
||||||||||||||
(scarcity) |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3d = R |
√ |
|||||||||||||||
e. |
PKn |
|||||||||||||||
1) |
Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan |
√ |
||||||||||||||
konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan |
||||||||||||||||
2) |
Penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan |
√ |
||||||||||||||
3) |
Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan |
√ |
||||||||||||||
dalam kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3e = R |
√ |
|||||||||||||||
4. |
Melaksanakan penilaian proses dan hasil
belajar |
|||||||||||||||
a. |
Melaksanakan penilaian selama proses |
√ |
||||||||||||||
pembelajaran |
||||||||||||||||
b. |
Melaksanakan penilaian hasil belajar pada
akhir |
√ |
||||||||||||||
Pembelajaran |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 4 = S |
√ |
|||||||||||||||
5. |
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran |
|||||||||||||||
a. |
Peka terhadap kemampuan berbahasa |
√ |
||||||||||||||
b. |
Penampilan guru dalam pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
c. |
Keefektifan pembelajaran terpadu |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 5 = T |
√ |
|||||||||||||||
Catatan
singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam
pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan. |
Nilai APKG 2 = K K
= K = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala
Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM |
Ciputat
Timur, …….2022 Teman
Sejawat, Miskiyah M. Pd NIP. |
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (RPP 222)
Satuan Pendidikan : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 03
Kelas / Semester : II dan III / 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia ( Kelas
II )
Matematika (Kelas
III )
Waktu : 2 X 35 Menit
Hari/Tanggal : KAMIS
19 MEI 2022
Model PKR : 222
I.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR Kelas
II
Bahasa Indonesia
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun |
Menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita
tersebut dengan tepat. |
2 |
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita
atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun |
Mengucapkan
ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat |
Matematika
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan
menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara
membacanya |
Menyatakan kumpulan objek dengan
bilangan sampai dengan 999 dengan benar. |
2 |
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah
dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret |
Membaca lambang bilangan sampa dengan 999 dengan tepat |
Kelas III
Bahasa Indonesia
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.4 Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep ciri-ciri, |
3.4.1 Menyebutkan minimal
4 ciri-ciri makhluk hidup. |
|
kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk
lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan. |
|
2 |
4.4 Menyajikan laporan
tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup
yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif. |
4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup. |
Matematika
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan
10.000. 3.1.2 Membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000. |
2 |
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat- sifat operasi
hitung pada bilangan cacah. |
4.1.1 Membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara
panjang (sepuluh ribuan,
ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan). |
III.
TUJUAN PEMBELAJARAN Kelas II
◾
Dengan diberikan teks cerita tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat
pada teks cerita
tersebut dengan tepat.
◾
Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat
pada teks percakapan tersebut dengan
tepat.
◾
Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
◾
Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999
dengan tepat.
Kelas III
·
Setelah mengamati gambar,
siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
·
Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
·
Setelah bermain mencari
pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan
1.000 sampai dengan 10.000 dengan
benar.
·
Setelah bermain mencari
pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan
1.000 sampai dengan
10.000 dengan benar.
·
Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan
1.000 sampai
10.000 secara panjang
(sepuluh ribuan, ribuan,
ratusan, puluhan, dan satuan)
dengan benar.
Kelas II
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis Mandiri
Gotong-royong Integritas
Kelas III
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
IV.
MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia Kelas II …
Mandiri Gotong-royong Integritas
Matematika Kelas III …
PENDEKATAN METODE PEMBELAJARAN KELAS II DAN KELAS
III
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
V.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Kelas
II
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
§ Kelas dibuka dengan
salam, menanyakan kabar,
dan doa bersama. (Religius) § Siswa mengamati gambar
yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memancing motivasi siswa
dengan bertanya jawab dengan siswa. Pertanyaan-pertanyaan
yang terdapat di bawah gambar utama
dapat digunakan sebagai bahan untuk bertanya
jawab dengan siswa. § Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana agar kerukunan dapat terjaga di rumah, tempat
bermain, sekolah, dan masyarakat? § Guru merespons setiap jawaban siswa sehingga
terjadi suasana diskusi
yang hidup. § Pertanyaaan besar tersebut akan dijawab
dengan kegiatan pembelajaran menggunakan Tema Hidup
Rukun. (Nasionalis) |
10
menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
§ Guru menyampaikan subtema yang akan digunakan untuk pembelajaran, yaitu Hidup Rukun di Rumah. Yang perlu diketahui bahwa kegiatan
pembelajaran bertujuan untuk mencapai
kompetensi dasar yang sudah dipetakan dalam subtema. |
|
Inti |
§ Siswa mengamati gambar
yang ada pada
Buku Siswa. Kemudian, guru bertanya jawab dengan
siswa mengenai kerukunan di rumah. ( Communication ) § Siswa menuliskan jawaban pertanyaan yang ada
di Buku Siswa pada selembar kertas.
Hal itu untuk mengetahui sejauh
mana siswa memahami arti pentingnya
hidup rukun di rumah dan membuat siswa terbiasa
dan berani mengemukakan pendapatnya. (Mandiri) § Kertas
jawaban itu dikumpulkan, kemudian secara bergantian, siswa
membaca jawaban temannya. Siswa dan guru
menanggapi jawaban tersebut. (Collaboration ) § Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada
di Buku Siswa, guru mengajak siswa
untuk memulai langkah-langkah Pembelajaran 1. § Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa
yang dibacakan guru. ( Literasi ) § Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada
teks bacaan. Ketika guru membaca
teks, hendaknya guru memberi
penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.
Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah
buah tangan dan buah hati. § Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada
teks cerita. (Mandiri) § Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
arti ungkapan yang terdapat
pada teks. ( Communication ) § Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan
yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri) § Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks
percakapan. § Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut. |
150
menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
§ Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku. Siswa diberi keleluasaan untuk
menyusun kalimat berdasarkan teks
cerita yang sudah dibacanya. ( Collaboration ) § Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman
sebangkunya. Guru dapat mengamati
kemampuan siswa dalam menyebutkan
ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk
KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat
mengamati sikap percaya diri
siswa dalam melakukan percakapan dengan
temannya. ( Critical Thinking and
Problem Solving ) § Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus
dan kelompok 100
kubus. Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan
kubus. (Mandiri) § Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku
Siswa. ( Communication ) § Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga
kubus. Alat peraga
yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan
siswa mengenai bilangan tiga angka.
( Creativity and Innovation ) § Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik
Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. § Siswa
menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan
Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan
dinyanyikan pendek. (Integritas) § Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama sama dengan guru. Siswa
merasakan panjang dan pendeknya nada. § Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu
yang dinyanyikan panjang
dan yang dinyanyikan pendek. Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang |
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
pendek
bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk
menjelaskan panjang pendek bunyi. Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh
menyanyikan bagian panjang pendek
lagu yang disesuaikan dengan notasinya. (Mandiri) § Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik
Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD
4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri. |
|
Penutup |
§ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
(Integritas) § Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) § Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti. § Melakukan penilaian hasil
belajar § Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama
dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius) |
15
menit |
Kelas III
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
◾
Guru menyapa siswa,
menanyakan kabar, dan
mengecek kehadiran siswa. ◾
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius ◾
Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama- sama.
dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”.
Nasionalis ◾
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan. ◾
Pembiasaan Membaca
15 menit. Literasi |
10 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
◾
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. ◾
Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak
hewan atau bercerita pengalaman pergi ke kebun binatang untuk mengawali pembahasan tentang ciriciri makhluk hidup. |
|
Inti |
§ Siswa dikenalkan dengan
lagu Cicak di Dinding. § Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
yang ada pada teks lagu. Critical
Thinking and Problem Solving § Lalu siswa
berlatih menyanyikan pola yang sudah
dibuat dengan suara
ta (pendek) dan taaa (suara panjang). Creativity and Innovation § Siswa
mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau
pendek semua) § Siswa
menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama. § Adanya berbagai variasi pola bunyi
lagu membuat lagu terdengar lebih
asyik tidak membosankan. § Siswa mengamati gambar. § Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
berdasarkan gambar. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. § Siswa
menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang
ada pada gambar. Mandiri § Gambar cicak: § Cicak hidup di darat § Cicak bergerak merayap di dinding § Cicak makan nyamuk § Cicak suka memutuskan ekornya § Gambar ikan di aquarium |
150 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
» Ikan
hidup di air. » Ikan
bergerak berenang menggunakan sirip. » Dan lain-lain. § Kesimpulannya ikan dan cicak
sama-sama makhluk hidup.
Ciri-ciri makhluk hidup
dari kedua hewan
tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan lain-lain. § Ciri-ciri makhluk
hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan
makanan dan air, peka terhadap rangsang. § Makhluk
hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah
tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Manusia
berjalan atau berlari
menggunakan kaki. Burung
terbang menggunakan sayap.
Ikan berenang menggunakan sirip, dan lain-lain. § Makhluk hidup
bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam. § Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan
insang. Serangga bernapas dengan trakea. Tumbuhan bernapas dengan stomata. § Makhluk hidup
tumbuh. Manusia ketika
bayi tubuhnya kecil
lalu berangsur-angsur tumbuh
menjadi besar. Begitupun hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses
bertambahnya ukuran tubuh. § Makhluk
hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia,
ibu melahirkan bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak.
Ada hewan yang
berkembang biak dengan
cara melahirkan dan bertelur. Begitupun tumbuhan juga berkembang biak. Tujuan berkembangbiak adalah melestarikan jenisnya agar tidak
punah. |
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
§ Memerlukan
makanan dan air. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Karena kalau tidak makan dan minum, makhluk
hidup akan mati. § Makhluk hidup
memiliki ciri peka terhadap rangsangan. Rangsang adalah sesuatu
yang dapat memengaruhi kerja
organ tubuh. Misalnya ketika melihat
sinar matahari, secara spontan
kita akan menutup
mata. § Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur sampai
dengan ribuan. § Siswa
dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Communication § Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai
dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku. |
|
Penutup |
◾
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran. a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini? b.
Bagaimana perasaan setelah
mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek? c.
Apa kegiatan yang paling disukai? d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut? e.
Bagaimana cara siswa
mendapatkan informasi tersebut? ◾
Pertanyaan
yang diajukan guru
dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban |
15 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
pertanyaan
refleksi, sebaiknya siswa
memiliki buku tulis khusus untuk refleksi. ◾
Menyanyikan lagu
daerah “Sinanggar Tulo” ◾
Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing oleh dipimpin
oleh siswa yang diberi tugas. Religius |
|
VI.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Kelas
II
1. Buku Siswa Tema
: Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
Kelas III
1.
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Buku Siswa Tema
: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk
Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
3. Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.
Mengetahui: Kepala
Sekolah, HJ, AHMAD SYATIRI, S. Pd.
SD NIP. 196406111986031009 |
JAKARTA 17 MEI 2022 Mahasiswa RIZA BADRUZZAMAN, S.Pd |
Catatan Kepala Sekolah
:
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………
LAMPIRAN 1
MATERI POKOK
BAHASA INDONESIA KELAS II
·
Menyebutkan ungkapan
dan arti ungkapan
dalam teks cerita tentang
hidup rukun.
·
Menirukan ungkapan
pada teks percakapan.
MATERI POKOK MATEMATIKA KELAS II
·
Menulis nama dan lambang
bilangan.
·
Mengurutkan bilangan.
LAMPIRAN 2
Bahasa Indonesia
Kelas II
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Sikap
Sikap siswa yang muncul
ketika proses pembelajaran. Contoh Format
Jurnal untuk Penilaian Sikap
b. Pengetahuan dan Keterampilan Skor penilaian: 100
Penilaian :
Paduan Kontroversi Nilai :
Konversi Nilai (skala 0-100) |
Predikat |
Klasifikasi |
81 – 100 |
A |
SB ( Sangat Baik
) |
66 – 80 |
B |
B ( Baik
) |
51 – 65 |
C |
C (
Cukup ) |
0 – 50 |
D |
K ( Kurang ) |
Contoh Rubrik:
1) Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam
teks (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan: |
Semua |
Ada beberapa |
Ada beberapa |
Belum ada |
(KD 3.1) |
ungkapan di |
ungkapan |
ungkapan di |
ungkapan
yang |
ketepatan menyebutkan |
dalam teks disebutkan |
di dalam teks yang |
dalam teks
yang |
disebutkan dengan benar |
|
|
|
masih salah |
|
ungkapan di
dalam teks |
dengan benar, tanpa bantuan guru. |
masih salah
disebutkan, tanpa bantuan guru. |
disebutkan,
dengan bantuan guru. |
meskipun dengan bantuan
guru. |
Keterampilan: (KD 4.1) ketepatan mengucapkan ungkapan di dalam teks |
Semua ungkapan
di dalam teks diucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru. |
Ada beberapa
ungkapan di dalam teks yang masih salah
diucapkan, tanpa bantuan guru. |
Ada beberapa
ungkapan di dalam teks
yang masih salah
diucapkan, dengan bantuan guru. |
Belum ada ungkapan
yang diucapkan dengan benar meskipun dengan bantuan
guru. |
LAMPIRAN 2
Matematika Kelas III Penilaian
1. Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB
(Sangat Baik) : 4, K (Kurang)
2. Pengetahuan: tes tertulis
a. Menyebutkan
ciri-ciri makhluk hidup minimal 4. Skor maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban
benar : 4) × 100 Kunci jawaban.
b. Membilang secara urut dan loncat serta mengurutkan bilangan
1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 19.
Skor maksimal 100.
Nilai = (Banyaknya jawaban
benar : 19) × 100 Jawaban bagian 1 membilang secara urut
1) 1.000,
2.000, 3.000, 4.000, 5.000
2) 1.500,
2.500, 3.500, 4.500
3) 2.000,
4.000, 6.000, 8.000, 10.000
Jawaban bagian II urutan bilangan. 1) 1.250, 2.250,
3.250, 4.250, 5.250
2) 1.300,
2.300, 3.300, 4.300, 5.300
3) 1.100,
2.250, 3.050, 4.200, 5.400
c. Membilang dan menulis lambang
bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 8.
Nilai maksimal
100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar : 8) × 100
3.
Penilaian Keterampilan
a. Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat
dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan
bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.
Catatan: Rubrik
penilaian ini sebagai
panduan guru untuk mengamati kemampuan siswa. Tidak harus setiap hari nilai dicatat dalam
daftar nilai. Guru menggunakan hasil penilaiaan sebagai pedoman untuk
memahamkan siswa tentang materi
yang sedang dipelajari.
Refleksi
2.
Hal-hal yang perlu menjadi
perhatian
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3.
Siswa yang perlu mendapat
perhatian khusus
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
4.
Hal-hal yang menjadi catatan
keberhasilan
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
5.
Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
·
Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan
lancar karena akan
berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
Pengayaan
·
Guru memberikan tugas
untuk menyebutkan ungkapan
lain dan artinya
yang terdapat dalam teks hidup rukun.
LINK VIDEO PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP RPP 222
DOKUMENTASI PEMBELAJARAN
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN
05 4. KELAS /
SEMESTER
: II (Dua) / III (Tiga) 5. MATA
PELAJARAN : 1. BAHASA INDONESIA 2. MATEMATIKA 6. TEMA
: TEMA 5 DAN TEMA 6 7. WAKTU : 2 X 35 MENIT 8. TANGGAL
: 20 MEI 2022 |
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan
dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat
dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1. |
Menentukan tema, bahan pembelajaran |
||||||||||||||
dan merumuskan tujuan/indicator |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
1.1 |
Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi |
√ |
|||||||||||||
dasar 3 mata pelajaran |
|||||||||||||||
1.2 |
Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai |
√ |
|||||||||||||
dengan Standar Isi dan Kompetensi |
|||||||||||||||
1.3 |
Merumuskan tujuan/indikator |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 1 = A |
|||||||||||||||
2. |
Mengembangkan dan mengorganisasikan |
||||||||||||||
materi, media pembelajaran, dan sumber
belajar |
|||||||||||||||
2.1 |
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi |
√ |
|||||||||||||
dari 3 mata pelajaran |
|||||||||||||||
2.2 |
Menentukan dan mengembangkan alat |
√ |
|||||||||||||
bantu/media pembelajaran |
|||||||||||||||
2.3 |
Memilih sumber belajar |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 2 = B |
√ |
||||||||||||||
3. |
Merencanakan skenario kegiatan |
||||||||||||||
pembelajaran terpadu |
|||||||||||||||
3.1 |
Menentukan jenis kegiatan pembeljaran Terpadu |
√ |
|||||||||||||
3.2 |
Menyusun langkah-langkah pembelajaran Terpadu |
√ |
|||||||||||||
3.3 |
Menentukan alokasi waktu pembelajaran Terpadu |
√ |
|||||||||||||
3.4 |
Menentukan cara-cara memotivasi siswa |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 3 = C |
√ |
||||||||||||||
4. |
Merancang pengelolaan kelas |
||||||||||||||
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa |
√ |
||||||||||||||
agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
Terpadu |
|||||||||||||||
Rata-rata butir 4 = D |
√ |
||||||||||||||
|
|||||||||||||||
5. |
Merencanakan prosedur, jenis, dan |
||||||||||||||
menyiapkan alat penilaian |
|||||||||||||||
5.1 |
Menentukanm prosedur dan jenis penilaian |
√ |
|||||||||||||
5.2 |
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 5 = E |
√ |
||||||||||||||
6. |
Tampilan dokumen rencana pembelajaran |
||||||||||||||
terpadu |
|||||||||||||||
6.1 |
Kebersihan dan kerapian |
√ |
|||||||||||||
6.2 |
Penggunaan bahasa tulis |
√ |
|||||||||||||
Rata-rata butir 6 = F |
√ |
||||||||||||||
7. |
Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik |
||||||||||||||
Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring
Tematik |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata butir 7 = G |
√ |
Nilai APKG 1 = R R =
R = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala
Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM |
Ciputat
Timur, …….2022 Teman
Sejawat, Miskiyah M. Pd NIP. |
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1. NAMA
GURU / MAHASISWA
: RIZA BADRUZZAMAN 2. NIM : 857129148 3. TEMPAT
MENGAJAR : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN
05 4. KELAS /
SEMESTER
: II (Dua) / III (Tiga) 5. MATA PELAJARAN : 1. BAHASA INDONESIA 2. MATEMATIKA 6. TEMA
: TEMA 5 DAN TEMA 6 7. WAKTU : 2 X 35 MENIT 8. TANGGAL
: 20 MEI 2022 |
PETUNJUK
1. Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkan
perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa
3. Nilaila
kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4. Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang
sedang diajarkan
1. |
Melakukan pembelajaran |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||||||||
a. |
Melaksanakan tugas rutin kelas |
√ |
||||||||||||||
b. |
Memulai kegiatan pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
c. |
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan |
√ |
||||||||||||||
kemampuan/tujuan/ indikator, siswa, situasi, |
||||||||||||||||
& lingkungan |
||||||||||||||||
d. |
Melaksanakan kegiatan pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
secara individual, kelompok, atau klasikal |
||||||||||||||||
e. |
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan |
√ |
||||||||||||||
kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan
lingkungannya |
||||||||||||||||
f. |
Menggunakan media belajar yang sesuai dengan |
√ |
||||||||||||||
tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan |
||||||||||||||||
g. |
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien |
√ |
||||||||||||||
h. |
Mengakhiri kegiatan pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 1 = P |
√ |
|||||||||||||||
2. |
Mengelola interaksi kelas |
|||||||||||||||
a. |
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, |
√ |
||||||||||||||
terbuka, dan penuh perhatian kepada siswa |
||||||||||||||||
b. |
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa |
√ |
||||||||||||||
c. |
Melakukan komunikasi secara efektif |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 2 = Q |
√ |
|||||||||||||||
3. |
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam |
|||||||||||||||
pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran
tertentu |
||||||||||||||||
secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP |
||||||||||||||||
Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai) |
||||||||||||||||
a. |
Bahasa Indonesia |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan penguasaan materi |
√ |
||||||||||||||
bahasa Indonesia |
||||||||||||||||
2) |
Memberikan latihan ketrampilan berbahasa |
√ |
||||||||||||||
3) |
Mengembangkan kemampuan siswa untuk |
√ |
||||||||||||||
berkomunikasi dan bernalar |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3a = R |
√ |
|||||||||||||||
b. |
Matematika |
|||||||||||||||
1) |
Menanamkan konsep matematika melalui |
√ |
||||||||||||||
kegiatan manipulatif |
||||||||||||||||
2) |
Menguasai simbol-simbol matematika |
√ |
||||||||||||||
3) |
Memberikan latihan penggunaan konsep
matematika |
√ |
||||||||||||||
dalam kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3b = R |
√ |
|||||||||||||||
c. |
IPA |
|||||||||||||||
1) |
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui |
√ |
||||||||||||||
pengalaman langsung |
||||||||||||||||
2) |
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui |
√ |
||||||||||||||
pengalaman langsung |
||||||||||||||||
3) |
Menampilkan penguasaan IPA |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 3c = R |
√ |
|||||||||||||||
d. |
IPS |
|||||||||||||||
1) |
Mengembangkan pemahaman konsep waktu |
√ |
||||||||||||||
2) |
Mengembangkan pemahaman konsep ruang |
√ |
||||||||||||||
3) |
Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan |
√ |
||||||||||||||
(scarcity) |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3d = R |
√ |
|||||||||||||||
e. |
PKn |
|||||||||||||||
1) |
Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus
dan |
√ |
||||||||||||||
konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan |
||||||||||||||||
2) |
Penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan |
√ |
||||||||||||||
3) |
Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan |
√ |
||||||||||||||
dalam kehidupan sehari-hari |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 3e = R |
√ |
|||||||||||||||
4. |
Melaksanakan penilaian proses dan hasil
belajar |
|||||||||||||||
a. |
Melaksanakan penilaian selama proses |
√ |
||||||||||||||
pembelajaran |
||||||||||||||||
b. |
Melaksanakan penilaian hasil belajar pada
akhir |
√ |
||||||||||||||
Pembelajaran |
||||||||||||||||
Rata-rata
butir 4 = S |
√ |
|||||||||||||||
5. |
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran |
|||||||||||||||
a. |
Peka terhadap kemampuan berbahasa |
√ |
||||||||||||||
b. |
Penampilan guru dalam pembelajaran |
√ |
||||||||||||||
c. |
Keefektifan pembelajaran terpadu |
√ |
||||||||||||||
Rata-rata
butir 5 = T |
√ |
|||||||||||||||
Catatan
singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam
pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan. |
Nilai APKG 2 = K K
= K = Rata-rata butir |
Mengetahui: Kepala
Sekolah, Dra. Ahmad Syatiri, MM |
Ciputat
Timur, …….2022 Teman
Sejawat, Miskiyah M. Pd NIP. |
|
|
|
Lembar Refleksi Pelaksanaan
praktek Pembelajaran Kelas Rangkap
Nama saya : RIZA BADRUZZAMAN
NIM 857129148
Tempat / Alamat
Mengajar : SDN KEBAYORAN
LAMA SELATAN 05
SD saya terletak di dekat jalan raya, di kiri kanan SD merupakan
perumahan penduduk. Bangunan SD saya sudah memadai. Mata pencaharian masyarakat
di lingkungan SD saya adalah pedagang dan petani. Siswa siswi kami belajar di
kelas yang berukuran 7 x 9 meter. Karena jumlah siswa kami agak sedikit dan
terkadang ada tenaga pendidik yang berhalangan hadir maka saya adakan
pembelajaran kelas rangkap.
1.
Saya
memilih melakukan praktek Pembelajaran Kelas Rangkap model 221 karena saya
mengajar dengan dua tingkatan kelas berbeda, dua mata pelajaran dan dalam satu
ruangan.
2.
Perasaan
saya saat melakukan praktek Pembelajaran Kelas Rangkap di kelas saya sendiri
adalah
Saya sangat senang bisa
tetap selalu bersama mereka,saya selalu berharap mereka menjadi anak yang
pintar,cerdas,jujur dan bertanggungjawab.
3.
Masalah/kendala
yang saya alami saat melakukan praktek Pembelajran Kelas Rangkap di kelas saya
sendiri adalah
Anak – Anak sepertinya
kurang maksimal dalam menerima pembelajaran karena terkadang .
4.
Reaksi
siswa yang saya perhatikan saat saya melakukan praktek Pembelajran Kelas
rangkap adalah
Anak – Anak begitu antusias
ingin menerima pembelajaran dengan semaksimal mungkin.
5.
Menurut
saya, PKR sesuai untuk diterapkan di kelas pada situasi dan kondisi seperti SD
tempat saya mengajar .
0 comments:
Post a Comment