Thursday 16 June 2022

CONTOH LAPORAN LAMAN PRAKTIK KELAS RANGKAP

0 comments

 

 

LAPORAN PRAKTIK PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

MODEL 221 DAN 222

 

Dosen Pembimbing Neneng

Dahlia Puspa, M.Pd




 

Disusun Oleh:

Nama                 :      RIZA BADRUZZAMN

NIM                   :      857129148

Pokjar                :      CIPUTAT

Kab/Kota           :      TANGERANG SELATAN

 

 

UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH UNIVERSITAS TERBUKA

UPBJJ JAKARTA

2022.1


 

KATA PENGANTAR

 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih dan maha penyayang yang telah memberi kesehatan jasmani dan rohani sampai saat ini hingga dapat melakukan aktivitas perkuliahan dan kembali belajar. Sholawat serta Salam tak lupa kami curahkan untuk baginda Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita pada agama yang indah dan menyinari dunia dengan cahaya ilmu.

Penulis merasa bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Maka dari itu kami mengucapkan terimakasih kepada banyak pihak yang sudah membantu menyelesaikan makalah ini. Dan penulis juga memahami banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan dalam pembuat makalah ini. Maka penulis menerima segala kritik dan saran supaya dapat memperbaiki penulisan - penulisan dilain waktu.

 

Tangsel, 4 juni 2022

 

 

Penulis

 

 

 

                                                                                                            RIZA BADRUZZAMAN


 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR ................................................................................          i

DAFTAR ISI ...............................................................................................       iii

A.       PRAKTIK PKR MODEL 221 DI SEKOLAH

1.1      RPP Pembelajaran Kelas Rangkap Model 221 ..........................          1

1.2      Link Video PKR Model 221 ......................................................         7

1.3      APKG 1 ....................................................................................         8

1.4      APKG 2 ....................................................................................       12

B.        PRAKTIK PKR MODEL 222 DI SEKOLAH

2.1      RPP Pembelajaran Kelas Rangkap Model 222 ..........................        15

2.2      Link Video PKR Model 222 ......................................................       21

2.3      APKG 1 ....................................................................................       27

2.4      APKG 2 ....................................................................................       32

C.       LEMBAR REFLEKSI PELAKSANAAN PRAKTEK PKR              35



 

RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

KELAS RANGKAP

MODEL 221

 

Sekolah                       : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 03

Mata Pembelajaran      : MTK Kelas 1 Semester 2

                                       IPA Kelas II  Semester 2

AlokasiWaktu             : 2 x 30 ( Menit)

Jam ke                         : 3

Hari / Tanggal             : Kamis,  19 mei 2022          

I.                   StandarKompetensi

MTK Kelas I      1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan   sampai

                                  20.

IPA Kelas II         : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan

    pertumbuhan hewan dan tumbuhan , serta berbagai tempat

    hidup makhluk hidup .                           

II.                Kompetensi Dasar

MTK Kelas I         : 1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan

1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan

      Penjumlahan.

                  IPA Kelas II         : 1.2 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di

                                                        Sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan

III.             Indikator

MTK Kelas I         : 1.3.1  Menjelaskan cara menghitung penjumlahan

                                 1.3.2. Menjelaaskan cara menghitung pengurangan

IPA Kelas II         : 1.2.1  Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan

                                 1.2.2  Menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan

IV.             Pokok materi

MTK Kelas 1      :  Penjumlahan dan pengurangan .

IPA Kelas II        :  Pertumbuhan  hewan dan tumbuhan.

 

IV.             Metodedan Model Pembelajaran

1.      Diskusi

2.      Tanya jawab

3.      Pemberian tugas

V.                KegiatanPembelajaran

1.      Kegiatanawal ( 10Menit ) ;

Ø  Mengucapkan salam dan berdoa

Ø  Presensi dan apersepsi

Ø  Menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiataninti ( 40 Menit )

Eksplorasi

Kelas I ( MTK )

Ø  Guru menjelaskan tentang cara penjumlahan dan pengurangan bilangan

Ø  Guru menyebutkan bilangan 1 sampai 20

Kelas II ( IPA ) :

Ø  Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan

Ø  Siswa menjawab pertanyaan  yang di berikan guru tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan.

Elaborasi

Kelas I ( MTK )

Ø  Guru memberikan beberpa pertanyaan  mengenai materi yang telah di sampaikan.

Ø  Guru memberi tugas kepada siswa tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan 20.

Ø  Siswa mengerjakan tugas dari guru.

 

Kelas II ( IPA )

Ø  Guru memberikan  beberpa  pertanyaan  mengenai materi yang telah di sampaikan.

Ø  Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa.

Ø  Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membedakan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.

Konfirmasi                                            

Dalam kegitan konfirmasi guru :

Ø  Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum di ketahui siswa.

Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.      Kegiatan akhir ( 10 menit )

Ø  Guru memberikan postest.

Ø  Guru menyuruh siswa membuat rangkuman.

Ø  Guru memberikan PR.

 

VI.             Sumberdan Media Pembelajaran

MTK kelas 1

Ø  Sumber Belajar : Buku  MTK kelas I hal 20 – 26, oleh : CV SETI-AJI

Ø  Media                : Alat peraga / gambar

IPA

Ø  Sumber Belajar : Buku IPA Kelas II hal 19 – 24, oleh : CV SETI-AJI

Ø  Media                : Gambar / alat peraga

VII.          Evaluasi Penilaian

Soal-soal latihan Matematika kelas 1

1.      7 + 4 =

2.      3 + 8 =

3.      5 + 1 =

4.      7 + 3 =

5.      9 + 5 =

KunciJawaban

1.      11

2.      11

3.      6

4.      10

5.      14

            IPA

            Soal- soal IPA kelas II

1.      Ayam berkembang biak dengan cara ........................

2.      Kucing berkembang biak dengan cara ......................

3.      Pertumbuhan pohon mangga dimulai dari ....................

4.      Sebutkan dua contoh tumbuhan yang berasal dari batang .....................

5.      Berikan 3 contoh hewan yang beranak ................................

 

Kunci Jawaban

1.      Bertelur

2.      Beranak

3.      Dari biji

4.    pohon singkong dan bambu

5.      Kambing, kucing, sapi

VIII . PENILAIAN

1.      Prosedur penilaian

·         Tes akhir evaluasi

2.      Jenis penilaian

·         Tes tertulis (objektif / isian )

3.      Alat penilaian

·         Soal (terlampir)

·         Kunci jawaban

·         Pedoman penilaian

 a

  ̶     x  100 = X

 b

                        Keterangan :

                                    a : jumlah soal benar

                                    b : jumlah soal

                                    x : nilai

                                                                                  jakarta, ,  17 mei 2022    

                                                                      Praktikan/mahasiswa          

 

RIZA BADRUZZAMAN        

 


 

 

LINK VIDEO PEMBELAARAN KELAS RANGKAP RPP 221

 

https://youtu.be/zk913v_jBKw

 

DOKUMENTASI PEMBELAJARANN

 

 

 


 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                                       :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :    I (Satu) / II (Dua)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1.MATEMATIKA

                                                                    2. IPA

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN TEMA 6

7.      WAKTU                                                :    2 X 35 MENIT

8.      TANGGAL                                            :    19 MEI 2022

 

PETUNJUK

Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

 

1.

Menentukan tema, bahan pembelajaran

dan merumuskan tujuan/indicator

1

2

3

4

5

1.1

Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi

dasar 3 mata pelajaran

1.2

Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai

dengan Standar Isi dan Kompetensi

1.3

Merumuskan tujuan/indikator

Rata-rata butir 1 = A

2.

Mengembangkan dan mengorganisasikan

materi, media pembelajaran, dan sumber belajar

2.1

Mengembangkan dan mengorganisasikan materi

dari 3 mata pelajaran

2.2

Menentukan dan mengembangkan alat

bantu/media pembelajaran

2.3

Memilih sumber belajar

Rata-rata butir 2 = B

3.

Merencanakan skenario kegiatan

pembelajaran terpadu

3.1

Menentukan jenis kegiatan pembeljaran Terpadu

3.2

Menyusun langkah-langkah pembelajaran Terpadu

3.3

Menentukan alokasi waktu pembelajaran Terpadu

3.4

Menentukan cara-cara memotivasi siswa

Rata-rata butir 3 = C

4.

Merancang pengelolaan kelas

Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa

agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran Terpadu

Rata-rata butir 4 = D

 

 

5.

Merencanakan prosedur, jenis, dan

menyiapkan alat penilaian

5.1

Menentukanm prosedur dan jenis penilaian

5.2

Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

Rata-rata butir 5 = E

6.

Tampilan dokumen rencana pembelajaran

terpadu

6.1

Kebersihan dan kerapian

6.2

Penggunaan bahasa tulis

Rata-rata butir 6 = F

7.

Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik

Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik

Rata-rata butir 7 = G

 

Nilai APKG 1 = R

R =  

                

R =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

Miskiyah M. Pd

NIP.

 

 

 

 


 

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                         :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :    I (Satu) / II (Dua)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1.MATEMATIKA

                                                                    2. BAHASA INDONESIA

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN TEMA 6

7.      WAKTU                                                : 2X35 MENIT

8.      TANGGAL                                            19 MEI 2022

 

PETUNJUK

1.        Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung

2.        Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa

3.        Nilaila kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini

4.       Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang sedang diajarkan

 

1.

Melakukan pembelajaran

1

2

3

4

5

a.

Melaksanakan tugas rutin kelas

b.

Memulai kegiatan pembelajaran

c.

Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan/ indikator, siswa, situasi,

& lingkungan

d.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran

secara individual, kelompok, atau klasikal

e.

Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungannya

f.

Menggunakan media belajar yang sesuai dengan

tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

g.

Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien

h.

Mengakhiri kegiatan pembelajaran

Rata-rata butir 1 = P

2.

Mengelola interaksi kelas

a.

Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,

terbuka, dan penuh perhatian kepada siswa

b.

Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.

Melakukan komunikasi secara efektif

Rata-rata butir 2 = Q

3.

Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam

pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu

secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP

Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)

a.

Bahasa Indonesia

1)

Mendemonstrasikan penguasaan materi

bahasa Indonesia

2)

Memberikan latihan ketrampilan berbahasa

3)

Mengembangkan kemampuan siswa untuk

berkomunikasi dan bernalar

Rata-rata butir 3a = R

b.

Matematika

1)

Menanamkan konsep matematika melalui

kegiatan manipulatif

2)

Menguasai simbol-simbol matematika

3)

Memberikan latihan penggunaan konsep matematika

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3b = R

c.

IPA

1)

Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui

pengalaman langsung

2)

Meningkatkan keterlibatan siswa melalui

pengalaman langsung

3)

Menampilkan penguasaan IPA

Rata-rata butir 3c = R

d.

IPS

1)

Mengembangkan pemahaman konsep waktu

2)

Mengembangkan pemahaman konsep ruang

3)

Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan

 (scarcity)

Rata-rata butir 3d = R

e.

PKn

1)

Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan

konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan

2)

Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan

3)

Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3e = R

4.

Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

a.

Melaksanakan penilaian selama proses

pembelajaran

b.

Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir

Pembelajaran

Rata-rata butir 4 = S

5.

Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

a.

Peka terhadap kemampuan berbahasa

b.

Penampilan guru dalam pembelajaran

c.

Keefektifan pembelajaran terpadu

Rata-rata butir 5 = T

 

Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.

 

 

 

 

Nilai APKG 2 = K

K = 

                

K =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

                                                                                                 

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

Miskiyah M. Pd

NIP.

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (RPP 222)

Satuan Pendidikan            :           SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 03

 Kelas / Semester                :     II dan III / 2

Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia ( Kelas II )

Matematika (Kelas III )

Waktu                               :     2 X 35 Menit

Hari/Tanggal                     :     KAMIS 19 MEI  2022

Model PKR                       :     222

 

 

I.                  KOMPETENSI INTI

 

 

1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

2.          Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru

3.          Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.

4.          Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

II.                 KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR Kelas II

Bahasa Indonesia

 

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun

Menyebutkan    ungkapan    yang                          terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.

2

4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun

Mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat

 

Matematika

 

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya

Menyatakan     kumpulan     objek                         dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.

2

4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret

Membaca     lambang     bilangan     sampa dengan 999 dengan tepat

 

Kelas III

 

Bahasa Indonesia

 

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang           konsep           ciri-ciri,

3.4.1 Menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup.

 

kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

 

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan,    dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.

 

Matematika

 

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

3.1.1 Membilang secara urut bilangan

1.000 sampai dengan 10.000.

3.1.2 Membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.

2

4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat- sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1.1 Membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan,

puluhan, dan satuan).

 

III.               TUJUAN PEMBELAJARAN Kelas II

                    Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.


                    Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan

tepat.

                    Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.

                    Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.

 

Kelas III

 

·         Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

·         Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.

·         Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

·         Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.

·         Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan

1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.

Kelas II

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Religius

 

Nasionalis Mandiri Gotong-royong Integritas

 

Kelas III

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Religius

 

Nasionalis


 

 

 

 

 

IV.               MATERI PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia Kelas II


Mandiri Gotong-royong Integritas


 

 

 

Matematika Kelas III

 

PENDEKATAN METODE PEMBELAJARAN KELAS II DAN KELAS III

Pendekatan             : Saintifik

 

Metode                       : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

 

 

V.                 KEGIATAN PEMBELAJARAN Kelas II

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

§  Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan doa bersama. (Religius)

§  Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memancing motivasi siswa dengan bertanya jawab dengan siswa.

Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di bawah gambar utama dapat digunakan sebagai bahan untuk bertanya jawab dengan siswa.

§  Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana agar kerukunan dapat terjaga di rumah, tempat bermain, sekolah, dan masyarakat?

§  Guru merespons setiap jawaban siswa sehingga terjadi suasana diskusi yang hidup.

§  Pertanyaaan besar tersebut akan dijawab dengan kegiatan pembelajaran menggunakan Tema Hidup Rukun. (Nasionalis)

10 menit


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

§  Guru menyampaikan subtema yang akan digunakan untuk pembelajaran, yaitu Hidup Rukun di Rumah. Yang perlu diketahui bahwa kegiatan pembelajaran bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah dipetakan dalam subtema.

 

Inti

§  Siswa mengamati gambar yang ada pada Buku Siswa. Kemudian, guru bertanya jawab dengan siswa mengenai kerukunan di rumah. ( Communication )

§  Siswa menuliskan jawaban pertanyaan yang ada di Buku Siswa pada selembar kertas. Hal itu untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami arti pentingnya hidup rukun di rumah dan membuat siswa terbiasa dan berani mengemukakan pendapatnya. (Mandiri)

§  Kertas jawaban itu dikumpulkan, kemudian secara bergantian, siswa membaca jawaban temannya. Siswa dan guru menanggapi jawaban tersebut. (Collaboration )

§  Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa, guru mengajak siswa untuk memulai langkah-langkah Pembelajaran 1.

§  Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. ( Literasi )

§  Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan. Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan. Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.

§  Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)

§  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks. ( Communication )

§  Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri)

§  Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.

§  Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.

150 menit


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

§  Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku. Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya. ( Collaboration )

§  Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya. ( Critical Thinking and Problem Solving )

§  Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok 100 kubus. Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus. (Mandiri)

§  Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa. ( Communication )

§  Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka. ( Creativity and Innovation )

§  Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti.

§  Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek. (Integritas)

§  Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama sama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.

§  Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek. Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang

 


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang pendek bunyi. Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya. (Mandiri)

§  Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri.

 

Penutup

§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari (Integritas)

§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

§  Melakukan penilaian hasil belajar

§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius)

15 menit

 

 

Kelas III

 

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

                              Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.

                              Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh

salah satu siswa. Religius

                              Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama- sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis

                              Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.

                              Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi

10 menit


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

                              Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

                              Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak hewan atau bercerita pengalaman pergi

ke kebun binatang untuk mengawali pembahasan tentang ciriciri makhluk hidup.

 

Inti

§  Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.

§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Critical Thinking and Problem Solving

§  Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibuat dengan suara ta (pendek) dan taaa (suara panjang). Creativity and Innovation

§  Siswa mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau pendek semua)

§  Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.

§  Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan.

§  Siswa mengamati gambar.

§  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup.

§  Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Mandiri

§  Gambar cicak:

§ Cicak hidup di darat

§ Cicak bergerak merayap di dinding

§ Cicak makan nyamuk

§ Cicak suka memutuskan ekornya

§  Gambar ikan di aquarium

150

menit


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

» Ikan hidup di air.

» Ikan bergerak berenang menggunakan sirip.

» Dan lain-lain.

§  Kesimpulannya ikan dan cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup dari kedua hewan tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan lain-lain.

§  Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang.

§  Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Manusia berjalan atau berlari menggunakan kaki. Burung terbang menggunakan sayap. Ikan berenang menggunakan sirip, dan lain-lain.

§  Makhluk hidup bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam.

§  Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang. Serangga bernapas dengan trakea. Tumbuhan bernapas dengan stomata.

§  Makhluk hidup tumbuh. Manusia ketika bayi tubuhnya kecil lalu berangsur-angsur tumbuh menjadi besar. Begitupun hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran tubuh.

§  Makhluk hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia, ibu melahirkan bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak. Ada hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur. Begitupun tumbuhan juga berkembang biak. Tujuan berkembangbiak adalah melestarikan

jenisnya agar tidak punah.

 


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

§  Memerlukan makanan dan air. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Karena kalau tidak makan dan minum, makhluk hidup akan mati.

§  Makhluk hidup memiliki ciri peka terhadap rangsangan. Rangsang adalah sesuatu yang dapat memengaruhi kerja organ tubuh. Misalnya ketika melihat sinar matahari, secara spontan kita akan menutup mata.

§  Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur sampai dengan ribuan.

§  Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Communication

§  Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving

§  Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang

bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku.

 

Penutup

                              Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.

a.    Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?

b.    Bagaimana perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?

c.    Apa kegiatan yang paling disukai?

d.    Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?

e.    Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?

                              Pertanyaan yang diajukan guru dapat dijawab secara        lisan       atau       tulisan.       Jika       guru

menginginkan        siswa      menuliskan       jawaban

15 menit


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

 

pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus untuk refleksi.

                              Menyanyikan lagu daerah “Sinanggar Tulo”

                              Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-

masing oleh dipimpin oleh siswa yang diberi tugas. Religius

 

 

 

VI.               SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Kelas II

1.       Buku Siswa Tema : Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).

Kelas III

 

1.        Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Buku Siswa Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

3.     Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.

Mengetahui: Kepala Sekolah,

 

 

 

 

HJ, AHMAD SYATIRI, S. Pd. SD

NIP. 196406111986031009

JAKARTA  17 MEI 2022

 Mahasiswa

 

 

 

 

RIZA BADRUZZAMAN, S.Pd

 

 

Catatan Kepala Sekolah :

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………

 

LAMPIRAN 1

 

 

MATERI POKOK BAHASA INDONESIA KELAS II

·         Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.

·         Menirukan ungkapan pada teks percakapan.

MATERI POKOK MATEMATIKA KELAS II

·         Menulis nama dan lambang bilangan.

·         Mengurutkan bilangan.

 

LAMPIRAN 2

Bahasa Indonesia Kelas II

1.  Teknik Penilaian

a.  Penilaian Sikap: Lembar Observasi

b.  Penilaian Pengetahuan: Tes

c.  Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja

 

 

2.  Bentuk Instrumen Penilaian

a.  Sikap

Sikap siswa yang muncul ketika proses pembelajaran. Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap

 

b.  Pengetahuan dan Keterampilan Skor penilaian: 100

 

Penilaian :

 

Paduan Kontroversi Nilai :

 

Konversi Nilai

 

(skala 0-100)

Predikat

Klasifikasi

81 – 100

A

SB ( Sangat Baik )

66 – 80

B

B ( Baik )

51 – 65

C

C ( Cukup )

0 – 50

D

K ( Kurang )

Contoh Rubrik:

1) Bahasa Indonesia

Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam teks (KD 3.1 dan 4.1)

 

 

Aspek/Kriteria

Skor

4

3

2

1

Pengetahuan:

Semua

Ada beberapa

Ada beberapa

Belum ada

(KD 3.1)

ungkapan di

ungkapan

ungkapan di

ungkapan yang

ketepatan

 

menyebutkan

dalam teks

 

disebutkan

di dalam

 

teks yang

dalam teks yang

disebutkan

 

dengan benar

 

 

 

masih salah

 

ungkapan di dalam

teks

dengan benar, tanpa bantuan guru.

masih salah disebutkan, tanpa bantuan

guru.

disebutkan, dengan bantuan guru.

meskipun dengan bantuan guru.

Keterampilan:

 

(KD 4.1)

 

ketepatan mengucapkan

ungkapan di dalam

teks

Semua ungkapan di dalam teks diucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru.

Ada beberapa ungkapan di

dalam teks yang

masih salah diucapkan, tanpa bantuan

guru.

Ada beberapa ungkapan di

dalam teks yang

masih salah diucapkan, dengan

bantuan guru.

Belum ada ungkapan yang diucapkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru.

 

LAMPIRAN 2

Matematika Kelas III Penilaian

1.      Penilaian Sikap

 

 

 

No

 

 

Nama

Perubanan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung

Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

 

 

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

……………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

 

K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4, K (Kurang)

 

2.      Pengetahuan: tes tertulis

a.       Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup minimal 4. Skor maksimal 100.

Nilai = (banyaknya jawaban benar : 4) × 100 Kunci jawaban.

b.      Membilang secara urut dan loncat serta mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000

Banyaknya soal 19.

Skor maksimal 100.

Nilai = (Banyaknya jawaban benar : 19) × 100 Jawaban bagian 1 membilang secara urut

1) 1.000, 2.000, 3.000, 4.000, 5.000

2) 1.500, 2.500, 3.500, 4.500

3) 2.000, 4.000, 6.000, 8.000, 10.000

Jawaban bagian II urutan bilangan. 1) 1.250, 2.250, 3.250, 4.250, 5.250

2) 1.300, 2.300, 3.300, 4.300, 5.300

3) 1.100, 2.250, 3.050, 4.200, 5.400

 

c.       Membilang dan menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 Banyaknya soal 8.

Nilai maksimal 100.

Nilai = (banyaknya jawaban benar : 8) × 100

3.      Penilaian Keterampilan

a.       Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.

Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan guru untuk mengamati kemampuan siswa. Tidak harus setiap hari nilai dicatat dalam daftar nilai. Guru menggunakan hasil penilaiaan sebagai pedoman untuk memahamkan siswa tentang materi yang sedang dipelajari.

 

 

Refleksi

 

2.        Hal-hal yang perlu menjadi perhatian

 

………………………………………………………………………………………

 

………………………………………………………………………………………

 

3.        Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus

 

………………………………………………………………………………………

 

………………………………………………………………………………………

 

4.        Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan

 

………………………………………………………………………………………

 

………………………………………………………………………………………

 

5.        Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan

 

………………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………………

 

 

·         Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.

Pengayaan

·         Guru memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat dalam teks hidup rukun.


 

LINK VIDEO PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP RPP 222

https://youtu.be/twGAIHk4aKU

 

DOKUMENTASI PEMBELAJARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                                       :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :     II (Dua) / III (Tiga)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1. BAHASA INDONESIA

                                                                    2. MATEMATIKA

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN TEMA 6

7.      WAKTU                                                :    2 X 35 MENIT

8.      TANGGAL                                            :    20 MEI 2022

 

PETUNJUK

Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

 

1.

Menentukan tema, bahan pembelajaran

dan merumuskan tujuan/indicator

1

2

3

4

5

1.1

Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi

dasar 3 mata pelajaran

1.2

Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai

dengan Standar Isi dan Kompetensi

1.3

Merumuskan tujuan/indikator

Rata-rata butir 1 = A

2.

Mengembangkan dan mengorganisasikan

materi, media pembelajaran, dan sumber belajar

2.1

Mengembangkan dan mengorganisasikan materi

dari 3 mata pelajaran

2.2

Menentukan dan mengembangkan alat

bantu/media pembelajaran

2.3

Memilih sumber belajar

Rata-rata butir 2 = B

3.

Merencanakan skenario kegiatan

pembelajaran terpadu

3.1

Menentukan jenis kegiatan pembeljaran Terpadu

3.2

Menyusun langkah-langkah pembelajaran Terpadu

3.3

Menentukan alokasi waktu pembelajaran Terpadu

3.4

Menentukan cara-cara memotivasi siswa

Rata-rata butir 3 = C

4.

Merancang pengelolaan kelas

Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa

agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran Terpadu

Rata-rata butir 4 = D

 

 

5.

Merencanakan prosedur, jenis, dan

menyiapkan alat penilaian

5.1

Menentukanm prosedur dan jenis penilaian

5.2

Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban

Rata-rata butir 5 = E

6.

Tampilan dokumen rencana pembelajaran

terpadu

6.1

Kebersihan dan kerapian

6.2

Penggunaan bahasa tulis

Rata-rata butir 6 = F

7.

Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik

Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik

Rata-rata butir 7 = G

 

Nilai APKG 1 = R

R =  

                

R =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

Miskiyah M. Pd

NIP.


 

 

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)

LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN

PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :   RIZA BADRUZZAMAN

2.      NIM                                                       :    857129148

3.      TEMPAT MENGAJAR                        :    SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

4.      KELAS / SEMESTER                          :     II (Dua) / III (Tiga)

5.      MATA PELAJARAN                           :    1. BAHASA INDONESIA

                                                                    2. MATEMATIKA

6.      TEMA                                                    : TEMA 5 DAN TEMA 6

7.      WAKTU                                                :    2 X 35 MENIT

8.      TANGGAL                                            :    20 MEI 2022

 

PETUNJUK

1.        Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung

2.        Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa

3.        Nilaila kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini

4.       Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang sedang diajarkan

1.

Melakukan pembelajaran

1

2

3

4

5

a.

Melaksanakan tugas rutin kelas

b.

Memulai kegiatan pembelajaran

c.

Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan/ indikator, siswa, situasi,

& lingkungan

d.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran

secara individual, kelompok, atau klasikal

e.

Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan

kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungannya

f.

Menggunakan media belajar yang sesuai dengan

tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

g.

Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien

h.

Mengakhiri kegiatan pembelajaran

Rata-rata butir 1 = P

2.

Mengelola interaksi kelas

a.

Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,

terbuka, dan penuh perhatian kepada siswa

b.

Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.

Melakukan komunikasi secara efektif

Rata-rata butir 2 = Q

3.

Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam

pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu

secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP

Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)

a.

Bahasa Indonesia

1)

Mendemonstrasikan penguasaan materi

bahasa Indonesia

2)

Memberikan latihan ketrampilan berbahasa

3)

Mengembangkan kemampuan siswa untuk

berkomunikasi dan bernalar

Rata-rata butir 3a = R

b.

Matematika

1)

Menanamkan konsep matematika melalui

kegiatan manipulatif

2)

Menguasai simbol-simbol matematika

3)

Memberikan latihan penggunaan konsep matematika

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3b = R

c.

IPA

1)

Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui

pengalaman langsung

2)

Meningkatkan keterlibatan siswa melalui

pengalaman langsung

3)

Menampilkan penguasaan IPA

Rata-rata butir 3c = R

d.

IPS

1)

Mengembangkan pemahaman konsep waktu

2)

Mengembangkan pemahaman konsep ruang

3)

Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan

 (scarcity)

Rata-rata butir 3d = R

e.

PKn

1)

Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan

konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan

2)

Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan

3)

Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan

dalam kehidupan sehari-hari

Rata-rata butir 3e = R

4.

Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

a.

Melaksanakan penilaian selama proses

pembelajaran

b.

Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir

Pembelajaran

Rata-rata butir 4 = S

5.

Kesan umum pelaksanaan pembelajaran

a.

Peka terhadap kemampuan berbahasa

b.

Penampilan guru dalam pembelajaran

c.

Keefektifan pembelajaran terpadu

Rata-rata butir 5 = T

 

Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.

 

 

 

 

Nilai APKG 2 = K

K = 

                

K =  Rata-rata butir

 

 

 

 

 

                                                                                                 

 

 

 

Mengetahui:

Kepala Sekolah,

 

Dra. Ahmad Syatiri, MM

Ciputat Timur, …….2022

Teman Sejawat,

 

Miskiyah M. Pd

NIP.

 

 

 

 

 


Lembar Refleksi Pelaksanaan praktek Pembelajaran Kelas Rangkap

 

Nama saya                                     : RIZA BADRUZZAMAN

NIM                                                  857129148

 

Tempat / Alamat Mengajar           : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

 

SD saya terletak di dekat jalan raya, di kiri kanan SD merupakan perumahan penduduk. Bangunan SD saya sudah memadai. Mata pencaharian masyarakat di lingkungan SD saya adalah pedagang dan petani. Siswa siswi kami belajar di kelas yang berukuran 7 x 9 meter. Karena jumlah siswa kami agak sedikit dan terkadang ada tenaga pendidik yang berhalangan hadir maka saya adakan pembelajaran kelas rangkap.

1.      Saya memilih melakukan praktek Pembelajaran Kelas Rangkap model 221 karena saya mengajar dengan dua tingkatan kelas berbeda, dua mata pelajaran dan dalam satu ruangan.

2.      Perasaan saya saat melakukan praktek Pembelajaran Kelas Rangkap di kelas saya sendiri adalah

Saya sangat senang bisa tetap selalu bersama mereka,saya selalu berharap mereka menjadi anak yang pintar,cerdas,jujur dan bertanggungjawab.

3.      Masalah/kendala yang saya alami saat melakukan praktek Pembelajran Kelas Rangkap di kelas saya sendiri adalah

Anak – Anak sepertinya kurang maksimal dalam menerima pembelajaran karena terkadang .

4.      Reaksi siswa yang saya perhatikan saat saya melakukan praktek Pembelajran Kelas rangkap adalah

Anak – Anak begitu antusias ingin menerima pembelajaran dengan semaksimal mungkin.

5.      Menurut saya, PKR sesuai untuk diterapkan di kelas pada situasi dan kondisi seperti SD tempat saya mengajar .

 

0 comments:

Post a Comment