Thursday 23 June 2022

PDGK4104/PERSPEKTIF PENDIDIKAN SD

0 comments

 BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.2 (2022.1)



Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4104/PERSPEKTIF PENDIDIKAN SD

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 19/06/2022

                             

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4104/PERSPEKTIF PENDIDIKAN SD

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,18 juni 2022

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman       

JAWABAN

1.       Jawaban nomor 1

·         Menurut pemikiran saya teori yang di terapkan pada cerita ituu adalah teori humanistik. pada pembelajaran yang di lakukan oleh guru dalam ilustrasi, guru menunjukkan dengan menggunakan stratego bermain peran yang memiliki karakteristik sama dengan teori humanistik yaitu menggunakan permainan, iprovisasi dan bermain peran sebagai wahana simulasi prilaku yang dapat di kadi dan di ubah. Guru juga telah memberikan kesempatan siswa untuk merancang naskah dan menampilkan drama sesuai dengan rancangan mereka sendiri, hal ini menunjukkan pembelajaran yang di lakukan guru sesuai dengan teori belajar humanistik dimana guru hanya menjadi pemberi kemudahan belajar dan kelas menjadi labotarium belajar peserta didik.

·         Alasan menggunakan teori humanistik yaitu  Mengedepankan demokratis, partisipatif dialogis, dan humanis Kelebihan pertama yang dapat diperoleh dari ilmu psikologi humanistis adalah prinsipnya yang selalu mengedepankan sifat sifat dan aturan yang berakitan dengan demokratis, partisipasif dialogis, dan humanis sehingga sangat mengesankan menghargai seseorang dengan baik. Teori humanistik menjadi lebih baik dibandingkan teori belajar kognitif. Suasana yang saling menghargai Kelebihan selanjutnya dari teori pembelajaran humanistik adalah dapat membuat suasana jadi semakin menghargai satu sama lain, Munculnya kebebasan untuk berpendapat tanpa dibatasi, dan kebebasan mengungkapkan batasan. Dengan begitu maka peserta didik dapat menjadi lebih kreatif. Ada banyak contoh penerapan psikologi humanistik dalam pembelajaran yang berhasil dilakukan dalam suasana saling menghargai. Peran aktif peserta didik, Sebagai teori untuk memberikan pembelajaran yang baik berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan teori humanitis, pendekatan demokratis, humanis seperti yang disebutkan sebelumnya dapat menjadikan pembelajaran lebih mendapatkan peran aktif dari peserta didik. Selain peran aktif, antar individu juga dapat hidup bersama meskipun memiliki berbagai macam pertimbangan masing masing yang memicu perbedaan.

2.       Jawaban nomor 2

·         Menurut pemikiran saya, apa yang di lakukan oleh bu sinta kurang tepat. Secara sosiologis dan antrpologis, masyarakat di bandung dan jakarta sangat berbeda. Kehidupan masyarakat dan kebudayaan masyarakat di bandung berbeda dengan di jakarta. Oleh karena itu, sagat tidak tepat jika bu sintameminta rancangan kurikulum yang di kembangkan oleh bu arni untuk di gunakan di sekolahnyan

·         Menurut wawasan saya, seharusnya bu sinta mengembangkan kurikulu, tingkat satuan pendidikan KTSP sendiri agar dapat mengakomodasi keunikan lingkungan sekolah serta kebudayaan setempat dengan tetap merujuk pada standar nasional pendidikan.

3.       Jawaban nomor 3

Menurut pemikiran saya, yang melatarbelakangi armando memiliki perilaku pendiam dan suka menyendiri adalah pola pendidikan anak dalam keluarga yang tidak benar, mungkin orang tua armando sangat otoriter dalam mendidik anak-anaknya. Hal ini yang membuat armando selalu diam tidak mau menjwab karena kebiasaan dimarahi oleh orang tuanya ketika salah. Selain itu sikap armando yang suka menyendiri juga disebabkan oleh sikap orang tua yang otoriter yang membuat perkembangan sosial armando tidak berkembang dengan baik. Ketika kecil armando tidak di ajak bersosialisasi dengan keluarga maupun tetangga di rumah

4.       Jawaban nomor 4

·         Menurut wawasan saya, (1)  alex tidak memiliki kompetensi dalam merancang pembelajaran yang mendidik karena beliau selalu meminta bantuan guru wiyata bakti dan guru baru untuk membuatkan media pembelajaran. (2) Pak alex tidak memiliki kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidika karena beliau meminta guru baru untuk menggantikkan mengajar di kelas. (3) Pak alex juga tidak mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

·         Menurut pemikiran saya, untuk mengembangkan kompetensi, seharusnya pak alex melakukan pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif. Dia harus menyadari ketidakmampuan dalam membuat media pembelajaran harus di perbaiki dengan mengikuti berbagai kegiatan peningkatan kompetensi yang berhubungan dalam pembauata media pembelajaran

0 comments:

Post a Comment