BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.2 (2022.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama
Program Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 19/06/2022 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
:
PDGK4104/PERSPEKTIF
PENDIDIKAN SD |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan,18 juni 2022
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
JAWABAN
1. Jawaban nomor 1
·
Menurut pemikiran saya teori yang di terapkan pada cerita ituu adalah teori
humanistik. pada pembelajaran yang di lakukan oleh guru dalam ilustrasi, guru
menunjukkan dengan menggunakan stratego bermain peran yang memiliki
karakteristik sama dengan teori humanistik yaitu menggunakan permainan,
iprovisasi dan bermain peran sebagai wahana simulasi prilaku yang dapat di kadi
dan di ubah. Guru juga telah memberikan kesempatan siswa untuk merancang naskah
dan menampilkan drama sesuai dengan rancangan mereka sendiri, hal ini
menunjukkan pembelajaran yang di lakukan guru sesuai dengan teori belajar
humanistik dimana guru hanya menjadi pemberi kemudahan belajar dan kelas
menjadi labotarium belajar peserta didik.
·
Alasan menggunakan teori
humanistik yaitu Mengedepankan demokratis, partisipatif dialogis, dan humanis Kelebihan pertama yang dapat diperoleh dari ilmu psikologi humanistis
adalah prinsipnya yang selalu mengedepankan sifat sifat dan aturan yang
berakitan dengan demokratis, partisipasif dialogis, dan humanis sehingga sangat
mengesankan menghargai seseorang dengan baik. Teori humanistik menjadi lebih
baik dibandingkan teori
belajar kognitif. Suasana yang saling
menghargai Kelebihan selanjutnya dari teori pembelajaran humanistik adalah
dapat membuat suasana jadi semakin menghargai satu sama lain, Munculnya
kebebasan untuk berpendapat tanpa dibatasi, dan kebebasan mengungkapkan
batasan. Dengan begitu maka peserta didik dapat menjadi lebih kreatif. Ada
banyak contoh
penerapan psikologi humanistik dalam pembelajaran yang berhasil dilakukan dalam suasana saling menghargai. Peran
aktif peserta didik, Sebagai teori untuk memberikan pembelajaran yang baik
berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan teori humanitis, pendekatan
demokratis, humanis seperti yang disebutkan sebelumnya dapat menjadikan
pembelajaran lebih mendapatkan peran aktif dari peserta didik. Selain peran
aktif, antar individu juga dapat hidup bersama meskipun memiliki berbagai macam
pertimbangan masing masing yang memicu perbedaan.
2. Jawaban nomor 2
·
Menurut pemikiran saya, apa yang di lakukan oleh bu sinta kurang tepat.
Secara sosiologis dan antrpologis, masyarakat di bandung dan jakarta sangat
berbeda. Kehidupan masyarakat dan kebudayaan masyarakat di bandung berbeda
dengan di jakarta. Oleh karena itu, sagat tidak tepat jika bu sintameminta
rancangan kurikulum yang di kembangkan oleh bu arni untuk di gunakan di
sekolahnyan
·
Menurut wawasan saya, seharusnya bu sinta mengembangkan kurikulu, tingkat
satuan pendidikan KTSP sendiri agar dapat mengakomodasi keunikan lingkungan
sekolah serta kebudayaan setempat dengan tetap merujuk pada standar nasional
pendidikan.
3. Jawaban nomor 3
Menurut
pemikiran saya, yang melatarbelakangi armando memiliki perilaku pendiam dan
suka menyendiri adalah pola pendidikan anak dalam keluarga yang tidak benar,
mungkin orang tua armando sangat otoriter dalam mendidik anak-anaknya. Hal ini
yang membuat armando selalu diam tidak mau menjwab karena kebiasaan dimarahi
oleh orang tuanya ketika salah. Selain itu sikap armando yang suka menyendiri
juga disebabkan oleh sikap orang tua yang otoriter yang membuat perkembangan
sosial armando tidak berkembang dengan baik. Ketika kecil armando tidak di ajak
bersosialisasi dengan keluarga maupun tetangga di rumah
4. Jawaban nomor 4
·
Menurut wawasan saya, (1) alex tidak
memiliki kompetensi dalam merancang pembelajaran yang mendidik karena beliau
selalu meminta bantuan guru wiyata bakti dan guru baru untuk membuatkan media
pembelajaran. (2) Pak alex tidak memiliki kompetensi dalam melaksanakan
pembelajaran yang mendidika karena beliau meminta guru baru untuk menggantikkan
mengajar di kelas. (3) Pak alex juga tidak mampu mengembangkan keprofesionalan
secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
·
Menurut pemikiran saya, untuk mengembangkan kompetensi, seharusnya pak alex
melakukan pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan
tindakan reflektif. Dia harus menyadari ketidakmampuan dalam membuat media
pembelajaran harus di perbaiki dengan mengikuti berbagai kegiatan peningkatan
kompetensi yang berhubungan dalam pembauata media pembelajaran
0 comments:
Post a Comment