Sunday 19 June 2022

KASUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DI SD ISLAM PLUS TAHFIDZ IBNU UMAR

0 comments

 

TUGAS KELOMPOK MATA KULIAH

PANDUAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FKIP (IDIK4500)


 

KASUS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA  TENTANG PENGGUNAAN HURUF KAPITAL DI SD ISLAM PLUS TAHFIDZ IBNU UMAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.

Latar Belakang

 

Pengenalan huruf kapital sangat penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya di kelas 1, walaupun banyak kasus yang ditemukan di kelas rendah. Dan masih banyak siswa kelas 1 yang belum bisa menulis kalimat dengan kaidah penulisan huruf kapital yang tepat.

B.

Wacana Kasus

 

Saya guru kelas 1 SD Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar. Hari ini adalah permulaan belajar di kelas 1 semester genap. Saya ingin mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang penggunaan huruf kapital dan menulis soal berkaitan dengan memperbaiki penulisan kalimat sesuai dengan penggunaan huruf kapital.

 

Jumlah siswa kelas 1 rombel B sebanyak 12 siswa. Hasil belajar yang diharapkan dari pembelajaran ini adalah siswa mampu membedakan dan menulis kalimat dengan penggunaan huruf kapital yang tepat.

 

Di dalam kegiatan belajar di kelas saya mengawali dengan salam, mendoakan, mengecek kehadiran siswa, apersepsi, dan tujuan pembelajaran. Kemudian saya meminta siswa membuka buku halaman 11 subtema 1 tema 1E yang berjudul “Pengalamanku” untuk mengamati tabel huruf kapital. Kemudian saya menjelaskan beberapa huruf kapital yang bentuknya sama dengan huruf kecilnya. Setelah itu saya menjelaskan kepada siswa tentang penggunaan huruf kapital pada sebuah kalimat, yaitu huruf pertama pada awal kalimat dan huruf pertama nama orang.

 

Lalu setelah memberikan penjelasan, siswa diberi waktu untuk berlatih menulis dengan memperbaiki beberapa kalimat yang tersedia sesuai dengan kaidah penulisan huruf kapital yang sudah dijelaskan.

 

Setelah waktu selesai ternyata apa yang diharapkan saya tidak seluruhnya tercapai, yaitu tidak seluruh siswa paham dalam penggunaan huruf kapital terlihat dari hasil latihan menulis yang diberikan, hanya 2 siswa yang bisa memperbaiki dengan baik, 4 siswa dapat memperbaiki sebagian, 6 siswa tidak memperbaiki dengan penulisan yang tepat.

 

 

 

 

 

C.

Identifikasi Masalah

 

1.

Pembelajaran saya kurang berhasil.

 

2.

Siswa ada yang belum paham penggunaan huruf kapital dalam kalimat.

 

3.

6 siswa dari 12 siswa tidak bisa memperbaiki kalimat dengan penulisan huruf kapital yang tepat.

D.

Analisis Masalah

 

1.

Guru tidak memberikan contoh penulisan kalimat dengan huruf kapital yang tepat.

 

2.

Guru belum mengecek kerapihan tulisan siswa setelah liburan semester ganjil.

 

3.

Siswa ada yang belum bisa menulis dengan ukuran huruf yang sesuai.

E.

Rumusan Masalah

 

Bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis kalimat dengan penggunaan huruf kapital yang tepat?

F.

Tujuan Perbaikan

 

·          

Guru lebih siap dan matang dalam menyampaikan materi.

 

·          

Mendapatkan strategi pembelajaran yang efektif untuk pemahaman penggunaan huruf kapital pada siswa kelas 1.

G.

Langkah-langkah yang diambil untuk mengatasi kasus tersebut

 

1.

Pemberian contoh kalimat diluar contoh yang ada di buku.

 

2.

Guru memberikan penekanan tentang penggunaan huruf kapital.

 

3.

Mengidentifikasi kemampuan siswa di awal, sebelum memberikan materi.

 

4.

Memberikan latihan, pembiasaan, dan koreksian setiap ada kegiatan menulis.

 

5.

Menggunakan media pembelajaran berupa flash card atau kartu huruf.

 

6.

Memberikan contoh agar siswa dapat menyalin menggunakan buku garis 5.

H.

Kesimpulan

 

·          

Siswa kelas 1 membutuhkan penjelasan dengan contoh kongkret agar lebih cepat paham agar bisa membedakan antara huruf kecil dan kapital, kemudian membuat sebuah kalimat.

 

·          

Mempraktekan beberapa cara agar mendapatkan cara yang lebih efektif untuk memahamkan anak tentang membuat kalimat dengan penulisan huruf kapital yang benar.

 

0 comments:

Post a Comment