TUGAS
KELOMPOK MATA KULIAH |
PANDUAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FKIP (IDIK4500) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
A. |
Latar Belakang |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Pengenalan huruf kapital sangat penting dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia khususnya di kelas 1, walaupun banyak kasus yang ditemukan di kelas
rendah. Dan masih banyak siswa kelas 1 yang belum bisa menulis kalimat dengan
kaidah penulisan huruf kapital yang tepat. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
B. |
Wacana Kasus |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Saya guru kelas 1 SD Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar. Hari
ini adalah permulaan belajar di kelas 1 semester genap. Saya ingin mengajar
mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang penggunaan huruf kapital dan menulis
soal berkaitan dengan memperbaiki penulisan kalimat sesuai dengan penggunaan
huruf kapital. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Jumlah siswa kelas 1 rombel B sebanyak 12 siswa. Hasil belajar
yang diharapkan dari pembelajaran ini adalah siswa mampu membedakan dan
menulis kalimat dengan penggunaan huruf kapital yang tepat. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Di dalam kegiatan belajar di kelas saya mengawali dengan salam,
mendoakan, mengecek kehadiran siswa, apersepsi, dan tujuan pembelajaran.
Kemudian saya meminta siswa membuka buku halaman 11 subtema 1 tema 1E yang
berjudul “Pengalamanku” untuk mengamati tabel huruf kapital. Kemudian saya
menjelaskan beberapa huruf kapital yang bentuknya sama dengan huruf kecilnya.
Setelah itu saya menjelaskan kepada siswa tentang penggunaan huruf kapital
pada sebuah kalimat, yaitu huruf pertama pada awal kalimat dan huruf pertama
nama orang. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Lalu setelah memberikan penjelasan, siswa diberi waktu untuk berlatih
menulis dengan memperbaiki beberapa kalimat yang tersedia sesuai dengan
kaidah penulisan huruf kapital yang sudah dijelaskan. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Setelah waktu selesai ternyata apa yang diharapkan saya tidak
seluruhnya tercapai, yaitu tidak seluruh siswa paham dalam penggunaan huruf
kapital terlihat dari hasil latihan menulis yang diberikan, hanya 2 siswa yang
bisa memperbaiki dengan baik, 4 siswa dapat memperbaiki sebagian, 6 siswa
tidak memperbaiki dengan penulisan yang tepat. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
C. |
Identifikasi Masalah |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
1. |
Pembelajaran saya kurang berhasil. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
2. |
Siswa ada yang belum paham penggunaan huruf kapital dalam
kalimat. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
3. |
6 siswa dari 12 siswa tidak bisa memperbaiki kalimat dengan
penulisan huruf kapital yang tepat. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
D. |
Analisis Masalah |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
1. |
Guru tidak memberikan contoh penulisan kalimat dengan huruf
kapital yang tepat. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
2. |
Guru belum mengecek kerapihan tulisan siswa setelah liburan
semester ganjil. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
3. |
Siswa ada yang belum bisa menulis dengan ukuran huruf yang
sesuai. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
E. |
Rumusan Masalah |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Bagaimana cara meningkatkan pemahaman siswa dalam menulis kalimat
dengan penggunaan huruf kapital yang tepat? |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
F. |
Tujuan Perbaikan |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
·
|
Guru lebih siap dan matang dalam menyampaikan materi. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
·
|
Mendapatkan strategi pembelajaran yang efektif untuk pemahaman
penggunaan huruf kapital pada siswa kelas 1. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
G. |
Langkah-langkah yang diambil untuk
mengatasi kasus tersebut |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
1. |
Pemberian contoh kalimat diluar contoh yang ada di buku. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
2. |
Guru memberikan penekanan tentang penggunaan huruf kapital. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
3. |
Mengidentifikasi kemampuan siswa di awal, sebelum memberikan
materi. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
4. |
Memberikan latihan, pembiasaan, dan koreksian setiap ada kegiatan
menulis. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
5. |
Menggunakan media pembelajaran berupa flash card atau kartu
huruf. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
6. |
Memberikan contoh agar siswa dapat menyalin menggunakan buku
garis 5. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
H. |
Kesimpulan |
|||||||||||||||||||||||||||||||||
|
·
|
Siswa kelas 1 membutuhkan penjelasan dengan contoh kongkret agar
lebih cepat paham agar bisa membedakan antara huruf kecil dan kapital,
kemudian membuat sebuah kalimat. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
|
·
|
Mempraktekan beberapa cara agar mendapatkan cara yang lebih
efektif untuk memahamkan anak tentang membuat kalimat dengan penulisan huruf kapital
yang benar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
0 comments:
Post a Comment