BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama Program
Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 04/07/2021 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
: PDGK4201/ Pembelajaran Pkn di SD |
Fakultas |
: FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan, Juli 2021
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
Jawaban
1. Menurut saya,
perbedaan moralitas ketaatan hukum pada level pra konvensional, konvesional dan
pasca konvensional, sebagai berikut: (1) pra konvensional merupakan suatu penilaian
kepada sesorang dari moralitas dan hal hal yang baik maupun buruk berdasarkan
faktor-faktor di luar dirinya contohnya : perilaku anak-anak kecil yang mau di
suruh suruh untuk melakukan sesuatu ketika di iming-iming hadiah yang menarik,
jadi bisa di liat anak tersebut keliatannya baik tapi sebenarnya maksud utama
dari perbuatan baiknya untuk mendapatkan keuntungan. (2)
konvensional merupakan suatu
penilaian moralitas kepada seseorang dari suatu tindakan dengan
membandingkannya dengan perspektif dan keinginan masyarakat contohnya : ketika
seseorang bisa melanggar hukun, sudah pasti orang lain juga akan seperti itu,
sehingga muncul kewajiban untuk mematuhi hukum. Bila seseorang melakukan
pelanggaran hukum karenanya dia malu secara moral sehingga cacian faktor yang
sangat berpengaruh sekali karna memisahkan yang buruk dari yang patut. (3) pasca
konvensional merupakan suatu gambaran
seseorang yang sudah menyadari pertentangan antara standar moral dan membuat
keputusan sendiri berdasarkan prinsip hak, kesetaraan dan keadilan contohnya :
ketika seseorang mulai menyadari bahwa hukum dan aturan tidak bisa di terima
secara begitu saja, hukum atau aturan bukanlah hal yang harus di patuhi secara
utuh melainkan hal yang didahului harus melalui proses penilaian berdasarkan
prinsip hak, kesetaraan dan keadilan.
2.
No |
Konsep |
Hal Yang Di
Tanamkan |
|||
Kompetensi Dasar |
Materi Esensial |
Nilai |
Moral |
Norma |
|
1 |
Mengenal Kegiatan
Musyawarah |
Hidup Yang
Demokratis |
Meningkatnya Jiwa
Sosial |
Berahklak Baik |
Sopan Santun Kepada
Orang |
3.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN PPKN KELAS V
A. Identitas :
Kelas : Kelas V
Semester ; Semester II
Tema :Tema 3 “Makanan Sehat”
Sub tema : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan
Pembelajaran : Pembelajaran ke 2
Waktu : 1 Minggu
B. Kompetensi dasar :
1.3 mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat sebagai
anugrah tuhan yang maha esa dalan konteks binneka tunggal ika
2.3 bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat
dalam konteks bhinneka tunggal ika
3.3 menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat
4.3 menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosail
budaya masyarakat
Indikator :
1.3.1 menerima keberagaman sosial yang ada di masyarakat
2.1.1 menerapkan sikap toleran terhadap keberagaman sosial yang ada di
masyarakat
3.3.1 mengamati keberagaman di lingkungan sekitar
4.3.1 melaksanakan kegiatan kebudayaan
4.3.2 membuat gambar yang menjelaskan keberagaman
Tujuan
pembelajaran :
·
Siswa dapat mengerti cara mensyukuri keberagaman sosial
budaya masyarakat
·
Siswa dapat menjelaskan makna keberagaman sosal
budaya masyarakat secara rinci sehingga dapat mendeskripsikan kepada temannya
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan
konteks binneka tunggal ika
·
Siswa dapat bersikap toleran dalam keberagaman
sosial budaya masyarakat
·
Siswa dapat berprilaku kepada masyarakat sesuai
dengan konteks binneka tunggal ika
·
Siswa dapat mendeskripsikan keberagaman sosial
budaya masyarakat
·
Siswa dapat melakukan kegiatan yang mendukung
keberagaman sosial budaya masyarakat
C. Langkah pembelajaran model pembelajaran Pkn berbasis portopolio
1. Kegiatan awal
Apresepsi/motivasi:
Merapihkan siswa,
berbaris dan berdoa, mengatur tempat duduk, mengabsen, tes awal pelajaran
2. Kegiatan inti
Minggu ke 1
Pertemuan
pertama (PPKN) 3x35
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
:
·
Dengan penjelasan guru di harapkan siswa dapat
mengerti mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat
·
Menjawab soal sesuai isi materi
Pertemuan kedua
(PPKN) 4x35
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
:
·
Menjelaskan makna keberagaman sosial budaya
masyarakat sesuai dengan konteks bineka tunggal ika
·
Menjawab soal sesuai materi
Pertemuan ketiga
(PPKN) 3x45
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
:
·
Menjelaskan cara bersikap toleran dalam keberagaman
sosial budaya masyarakat
·
Mendemontrasikan cara bersikap toleransi di depan
kelas
Pertemuan keempat
(PPKN) 4x35
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
:
·
Menjelaskan contoh berprilaku kepada masyarakat
sesuai dengan konteks binneka tunggal ika
·
Mendemonstrasikan berperilaku kepada sesama teman
sebangkunya
Pertemuan kelima
(PPKN) 3x35
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
:
·
mengingatkan pentingnya keberagaman sosial budaya
masyarakat
·
menjawab pertanyaan sesuai materi
Pertemuan keenam
(PPKN) 2x35
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru
:
·
Melakukan kegiatan yang mendukung keberagaman sosl
budaya masyarakat
·
Mendemontrasikan di sekitar sekolah
3. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir guru :
·
Mengadakan tanya jawab sekitr materi yang telah
di sampaikan
·
Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik
secara tertulis, lisan maupun perbutan yang telah di lakukan siswa
·
Memberikan tugas atau PR
Alat dan sumber
:
·
Buku paket
·
Alat peraga
·
Lingkungan sekitar
·
Kreatifitas guru
Karakter siswa
yang di harapkan:
·
Disiplin
·
Tekun
·
Tanggung jawab
·
Ketelitian
·
Kerja sama toleransi
·
Percaya diri
·
keberanian
Metode
pembelajaran
·
demontrasi
·
cerama
·
pemberian tugas
·
tanya jawab
D. Evaluasi yang khusus mengukur indokator/tujuan pembelajaran pkn
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Contoh Instrumen |
|
mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat |
tertulis, lisan, perbuatan dan diskusi kelompok |
isian, essay, skala sikap, portofolio, penilaian lisan, sikap dan hasil diskusi |
bagaimana mensyukuri keberagaman sosial budaya
masyarakat ? |
menjawab soal sesuai materi |
jelaskan pertanyaan sesuai materi ? |
||
menjelaskan makna keberagaman sosial budaya
masyarakat sesuai dengan konteks binneka tunggal ika |
jelaskan makna keberagaman sosial budaya masyarakat
sesuai dengan konteks binneka tunggal ika ? |
||
mendemontrasikan cara bersikap toleransi di depan
kelas |
demontrasikan cara bersikap toleransi di depan kelas
! |
||
menjelaskan cara bersikap toleran dalam keberagaman
sosial budaya masyarakat |
jelaskan cara bersikap toleran dalam keberagaman
sosial budaya masyarakat ? |
||
menjawab soal sesuai materi |
jelaskan pertanyaan sesuai materi ? |
||
menjelaskan contoh berperilaku kepada msyarakat
sesuai dengan konteks binneka tunggal ika |
jelaskan contoh berperilaku kepada msyarakat sesuai
dengan konteks binneka tunggal ika ? |
||
Mendemonstrasikan berperilaku kepada sesama teman
sebangkunya |
demonstrasikan berperilaku kepada sesama teman sebangkunya ! |
||
mengingatkan pentingnya keberagaman sosial budaya
masyarakat |
jelaskan pentingnya keberagaman sosial budaya
masyarakat ? |
||
menjawab soal sesuai materi |
jelaskan pertanyaan sesuai materi ? |
||
melakukan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial
budaya masyarakat |
jelaskan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial
budaya masyarakat ? |
||
mendemontrasikan di sekitar sekolah |
demontrasikan di sekitar sekolah ! |
4. Aspek pengamatan
perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah
No |
Pertanyaan |
Skala |
|||||
SS |
S |
RG |
TS |
STS |
JMLH |
||
1 |
saya membuang sampah pada tempat sampah |
|
|
|
|
|
|
2 |
saya mencuci tangan sebelum masuk kelas |
|
|
|
|
|
|
3 |
saya rutin melakukan piket kelas |
|
|
|
|
|
|
4 |
saya tanggung jawab dalam menjaga kebersihan kelas |
|
|
|
|
|
|
5 |
saya merawat tanaman di sekolah |
|
|
|
|
|
|
6 |
saya membersikan selokan sekolah |
|
|
|
|
|
|
7 |
saya melaksananakn tata tertib dengan baik |
|
|
|
|
|
|
Jumlah .... |
|
|
|
|
|
|
0 comments:
Post a Comment