Tuesday 21 June 2022

PDGK4201/Pembelajaran Pkn di SD

0 comments

 BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)



Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

:  PDGK4201/Pembelajaran Pkn di SD

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 04/07/2021

                              

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

 Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4201/ Pembelajaran Pkn di SD

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,  Juli 2021

 

 

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman

Jawaban

 

1.      Menurut saya, perbedaan moralitas ketaatan hukum pada level pra konvensional, konvesional dan pasca konvensional, sebagai berikut: (1) pra konvensional merupakan suatu penilaian kepada sesorang dari moralitas dan hal hal yang baik maupun buruk berdasarkan faktor-faktor di luar dirinya contohnya : perilaku anak-anak kecil yang mau di suruh suruh untuk melakukan sesuatu ketika di iming-iming hadiah yang menarik, jadi bisa di liat anak tersebut keliatannya baik tapi sebenarnya maksud utama dari perbuatan baiknya untuk mendapatkan keuntungan. (2) konvensional merupakan suatu penilaian moralitas kepada seseorang dari suatu tindakan dengan membandingkannya dengan perspektif dan keinginan masyarakat contohnya : ketika seseorang bisa melanggar hukun, sudah pasti orang lain juga akan seperti itu, sehingga muncul kewajiban untuk mematuhi hukum. Bila seseorang melakukan pelanggaran hukum karenanya dia malu secara moral sehingga cacian faktor yang sangat berpengaruh sekali karna memisahkan yang buruk dari yang patut. (3) pasca konvensional merupakan suatu gambaran seseorang yang sudah menyadari pertentangan antara standar moral dan membuat keputusan sendiri berdasarkan prinsip hak, kesetaraan dan keadilan contohnya : ketika seseorang mulai menyadari bahwa hukum dan aturan tidak bisa di terima secara begitu saja, hukum atau aturan bukanlah hal yang harus di patuhi secara utuh melainkan hal yang didahului harus melalui proses penilaian berdasarkan prinsip hak, kesetaraan dan keadilan.

2.       

No

Konsep

Hal Yang Di Tanamkan

Kompetensi Dasar

Materi Esensial

Nilai

Moral

Norma

1

Mengenal Kegiatan Musyawarah

Hidup Yang Demokratis

Meningkatnya Jiwa Sosial

Berahklak Baik

Sopan Santun Kepada Orang

3.       

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS V

 

A.    Identitas :

Kelas                           : Kelas V

Semester                      ; Semester II

Tema                           :Tema 3 “Makanan Sehat”

Sub tema                     : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Pembelajaran               : Pembelajaran ke 2

Waktu                                     : 1 Minggu

 

B.     Kompetensi dasar      :

1.3       mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat sebagai anugrah tuhan yang maha esa dalan konteks binneka tunggal ika

2.3       bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat dalam konteks bhinneka tunggal ika

3.3       menelaah keberagaman sosial budaya masyarakat

4.3       menyelenggarakan kegiatan yang mendukung keberagaman sosail budaya masyarakat

Indikator                    :

1.3.1    menerima keberagaman sosial yang ada di masyarakat

2.1.1    menerapkan sikap toleran terhadap keberagaman sosial yang ada di masyarakat

3.3.1    mengamati keberagaman di lingkungan sekitar

4.3.1    melaksanakan kegiatan kebudayaan

4.3.2    membuat gambar yang menjelaskan keberagaman

Tujuan pembelajaran           :

·         Siswa dapat mengerti cara mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat

·         Siswa dapat menjelaskan makna keberagaman sosal budaya masyarakat secara rinci sehingga dapat mendeskripsikan kepada temannya

·         Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks binneka tunggal ika

·         Siswa dapat bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat

·         Siswa dapat berprilaku kepada masyarakat sesuai dengan konteks binneka tunggal ika

·         Siswa dapat mendeskripsikan keberagaman sosial budaya masyarakat

·         Siswa dapat melakukan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat

C.    Langkah pembelajaran model pembelajaran Pkn berbasis portopolio

1.      Kegiatan awal

Apresepsi/motivasi:

Merapihkan siswa, berbaris dan berdoa, mengatur tempat duduk, mengabsen, tes awal pelajaran

2.      Kegiatan inti

Minggu ke 1

Pertemuan pertama (PPKN) 3x35

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru :

·         Dengan penjelasan guru di harapkan siswa dapat mengerti mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat

·         Menjawab soal sesuai isi materi

Pertemuan kedua (PPKN) 4x35

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru :

·         Menjelaskan makna keberagaman sosial budaya masyarakat sesuai dengan konteks bineka tunggal ika

·         Menjawab soal sesuai materi

Pertemuan ketiga (PPKN) 3x45

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru :

·         Menjelaskan cara bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat

·         Mendemontrasikan cara bersikap toleransi di depan kelas

Pertemuan keempat (PPKN) 4x35

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru :

·         Menjelaskan contoh berprilaku kepada masyarakat sesuai dengan konteks binneka tunggal ika

·         Mendemonstrasikan berperilaku kepada sesama teman sebangkunya

Pertemuan kelima (PPKN) 3x35

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru :

·         mengingatkan pentingnya keberagaman sosial budaya masyarakat

·         menjawab pertanyaan sesuai materi

Pertemuan keenam (PPKN) 2x35

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi guru :

·         Melakukan kegiatan yang mendukung keberagaman sosl budaya masyarakat

·         Mendemontrasikan di sekitar sekolah

3.      Kegiatan akhir

Dalam kegiatan akhir guru :

·         Mengadakan tanya jawab sekitr materi yang telah di sampaikan

·         Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbutan yang telah di lakukan siswa

·         Memberikan tugas atau PR

Alat dan sumber :

·         Buku paket

·         Alat peraga

·         Lingkungan sekitar

·         Kreatifitas guru 

Karakter siswa yang di harapkan:

·         Disiplin

·         Tekun

·         Tanggung jawab

·         Ketelitian

·         Kerja sama toleransi

·         Percaya diri

·         keberanian

Metode pembelajaran

·         demontrasi

·         cerama

·         pemberian tugas

·         tanya jawab

D.    Evaluasi yang khusus mengukur indokator/tujuan pembelajaran pkn

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat

tertulis, lisan, perbuatan dan diskusi kelompok

isian, essay, skala sikap, portofolio, penilaian lisan, sikap  dan hasil diskusi

bagaimana mensyukuri keberagaman sosial budaya masyarakat ?

menjawab soal sesuai materi

jelaskan pertanyaan sesuai materi ?

menjelaskan makna keberagaman sosial budaya masyarakat sesuai dengan konteks binneka tunggal ika

jelaskan makna keberagaman sosial budaya masyarakat sesuai dengan konteks binneka tunggal ika ?

mendemontrasikan cara bersikap toleransi di depan kelas

demontrasikan cara bersikap toleransi di depan kelas !

menjelaskan cara bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat

jelaskan cara bersikap toleran dalam keberagaman sosial budaya masyarakat ?

menjawab soal sesuai materi

jelaskan pertanyaan sesuai materi ?

menjelaskan contoh berperilaku kepada msyarakat sesuai dengan konteks binneka tunggal ika

jelaskan contoh berperilaku kepada msyarakat sesuai dengan konteks binneka tunggal ika ?

Mendemonstrasikan berperilaku kepada sesama teman sebangkunya

demonstrasikan berperilaku kepada sesama teman sebangkunya !

mengingatkan pentingnya keberagaman sosial budaya masyarakat

jelaskan pentingnya keberagaman sosial budaya masyarakat ?

menjawab soal sesuai materi

jelaskan pertanyaan sesuai materi ?

melakukan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat

jelaskan kegiatan yang mendukung keberagaman sosial budaya masyarakat ?

mendemontrasikan di sekitar sekolah

demontrasikan di sekitar sekolah !

 

 

4.      Aspek pengamatan perilaku menjaga kebersihan lingkungan di sekolah

No

Pertanyaan

Skala

SS

S

RG

TS

STS

JMLH

1

saya membuang sampah pada tempat sampah

 

 

 

 

 

 

2

saya mencuci tangan sebelum masuk kelas

 

 

 

 

 

 

3

saya rutin melakukan piket kelas

 

 

 

 

 

 

4

saya tanggung jawab dalam menjaga kebersihan kelas

 

 

 

 

 

 

5

saya merawat tanaman di sekolah

 

 

 

 

 

 

6

saya membersikan selokan sekolah

 

 

 

 

 

 

7

saya melaksananakn tata tertib dengan baik

 

 

 

 

 

 

Jumlah ....

 

 

 

 

 

 

 

0 comments:

Post a Comment