Saturday 11 June 2022

PROSPEK PENGEMBANGAN KURIKULUM MASA DEPAN

9 comments

 

MAKALAH

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Di SD

MODUL 7

Prospek Pengembangan Kurikulum Masa Depan



BAB 1 PENDAHULUAN

 

1.       Latar Belakang

 

Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai bagi dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Dengan kurikulum yang sesuai dan tepat diharapkan sasaran dan tujuan pendidikan akan dapat tercapai secara maksimal.

Di indonesia sendiri sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang bertujuan sudah tentu untuk menyelesaikan dan pengembangan dan kemajuan zaman agar mencapai mutu pendidikan yang maksimal.

Kurikulum juga dikatakan sebagai rencana pengajaran baik itu berupa mata pelajaran maupun suatu bentuk pencapaian pemahaman anak yang dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat.

2.   Rumusan Masalah

 

Adapun Rumusan Masalah dalam penulisan ini yakni :

 

a.    Apa pengertian Kurikulum ?

 

b.   Apa saja macam-macam Kurikulum pendidikan di Indonesia ?

 

c.    Apa saja macam-macam Kurikulum dari berbagai Aspek ?

 

 

3.  Tujuan Penulisan

 

Penulisan makalah ini bertujuan untuk :

 

a.  Untuk mengetahui pengertian Kurikulum masa depan.

 

b.  Untuk mengetahui karakteristik Kurikulum masa depan

 

c.  Untuk mengetahui macam-macam produk pengembangan Kurikulum SD.

4.     Manfaat Penulisan

 

Manfaat Penulisan ini yaitu :

 

a.    Sebagai   syarat   dalam   menyelesaikan   Tugas   Mata   kuliah   Pengembangan   Kurikulum dan Pembelajaran di SD ( PDGK 4502).

b.  Memperdalam Ilmu dalam Menyusun suatu makalah.

 

c.Menambah wawasan mengenai masalah-masalah dalam Kurikulum masa depan yang ada di Indonesia

BAB II

PEMBAHASAN

MODUL 7

PROSPEK PENGEMBANGAN KURIKULUM MASA DEPAN

Kajian masa depan (future studies) adalah suatu disiplin yang sistematik untuk mengkaji kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada masa depan dalm waktu-waktu tertentu. Kurikulum masa depan (future curriculum) adalah suatu perancangan seluruh program pendidikan manusia masa depan, yang dijadikan sebagai elemen utama dalam merancang dan mengembangkan kurikulum. Prinsipnya bahwa perancangan kurikulum tidak dibuat untuk mengubah masa kini sekalipun fenomenanya selalu beuabah dibandingkan dengan masa kini.

 

 KEGIATAN BELAJAR 1

 KEBUTUHAN PENDIDIKAN MASA DEPAN

A.    KARAKTERISTIK MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA DEPAN

                 Karakteristik masyarakat masa depan merupakan hal yang sangat penting dikaji dalam              dunia pendidikan karena pendidikan pada dasarnya merupakan upaya penyiapan siswa       sebagai anggota masyarakat  bagi peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan  harus dapat mengantisipasi keadaan :

a.       Masyarakat dalam era globalisai

b.      Masyarakat dalam era perkembangan IPTEK

c.       Masyarakat dalam era transportasi, komunikasi, dan informasi

d.      Masyarakat dalam era perkembangan Profesionalisme

 

     B. KEBUTUHAN PENDIDIKAN MASA DEPAN

Kehidupan pada masa depan membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang  memiliki 3 ciri utama:

1)       Menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi

2)       Memiliki kreatifitas

3)       Memiliki solidaritas social.

 

Oleh karena itu,  pendidikan masa depan harus menumbuhkan kemamapuan- kemampuan :

1.      Kemampuan Dasar

a.       Kompetensi keagamaan

b.      Kompetensi akademik

c.     Kompetensi ekonomik

d.      Kompetensi social pribadi

2.      Kemampuan Belajar Sepanjang Hayat

3.      Pemanfaatan Tekhnologi

4.      Pendidikan Moral

 

KEGIATAN BELAJAR  2 PROFIL KURIKULUM MASA DEPAN

 

A.    KONSEP DAN PRINSIP KURIKULUM MASA DEPAN

        Kajian masa Depan ( Future Studies) adalah suatu disiplin yang sistematis untuk mengkaji masa depan kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadipada masa depan pada waktu-waktu tertentu. Kurikulum masa depan (Future curriculum) adalah perancangan seluruh program pendidikan masa depan.

B.     FOKUS MUATAN KURIKULUM SD MASA DEPAN

        Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhla mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Fokus tersebut dirumuskan ke dalam standar kompetensi lulusan SD dengan tujuan membentuk peserta didik menjadi:

a.Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia

b.Memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air

c.Mengembangkan logika, kemampuan berpikir, analisis peserta didik

d.Membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya

e.Membentuk karakter peserta didik agar sehat jasmani rohani dan menumbuhkan rasa sportivitas

 

Kemudian dijabarkan menjadi Standar Kompetensi Mata Pelajaran (SK-MP) yang terdiri dari 8 mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar , yaitu sebagai berikut :

1.Pendidikan Agama

2.Pendidikan Kewarganegaraan

3.Matematika

4.Bahasa

5.IPA

6.IPS

7.Seni Budaya

8.Pendidikan Jasmani

 

C.PENDEKATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM MASA DEPAN

•Sudut pandang kebijakan lebih mengarah pada penerapan pendekatan akar rumput

•Sudut pandang pengorganisasian isi kurikulum lebih mengarah pada penerapan pendekatan terpadu

•Sudut pandang orientasi penyusunan kurikulum nampaknya akan cukup bervariasi diarahkan pada pencapaian kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan siswa untuk dapat hidup dalam situasi global yang penuh dengan kompetisi antar Negara, penerapan kurikulum berbasis pada masyarakat, penggunaan filsafat dan teori konstruktivisme dan pemanfaatan format-format belajar yang relevan seperti elektronik, terbuka, kuantum, kooperatif, akselerasi, dan lain lain.

BAB IV

PENUTUP

 

KESIMPULAN

Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai bagi dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Dengan kurikulum yang sesuai dan tepat diharapkan sasaran dan tujuan pendidikan akan dapat tercapai secara maksimal.

Karakteristik di  masyarakat untuk  masa depan merupakan hal yang sangat penting dikaji dalam              dunia pendidikan karena pendidikan pada dasarnya merupakan upaya penyiapan siswa          sebagai anggota masyarakat  bagi peranannya di masa yang akan datang.

Dalam Kajian masa Depan ( Future Studies) suatu kedisiplin yang sistematis untuk mengkaji masa depan kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadipada masa depan pada waktu-waktu tertentu. Kurikulum masa depan (Future curriculum) adalah perancangan seluruh program pendidikan masa depan dan berfokus di berbagai aspek.

 

 

 

 

 

9 comments:

Anonymous said...

Thank you for nice information. Please visit our website Here

adi said...

Thank you for nice information. Please visit our web:
https://uhamka.ac.id

Here
Here

Muhammad Al Aziiz said...

Thank you for nice information. Please visit our web: Click Here

Adityo said...

Thank you for nice information. Please visit our web:
Click here

adi said...

Thank you for nice information. Please visit our web:
https://uhamka.ac.id

Here
Here

abdullah said...

Thank You For Nice Information
Please Visit Our Website
https://uhamka.ac.id/
https://uhamka.ac.id/

Farid said...

Thank you for nice information. Please visit our website Here

Muhammad Al Aziiz said...

Thank you for nice information. Please visit our web: Click Here

Muhammad Alaudin Irsyad said...

Thank you for nice information.
Please visit my site on bellow :)
Muhammad Alaudin Irsyad
Muhammad Alaudin Irsyad

Post a Comment