Sunday 19 June 2022

KASUS PAK NIKO – IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) PERNAPASAN PADA MANUSIA

0 comments

 

 

TUGAS AKHIRPROGRAM

 


KASUS PAK NIKO – IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) 

PERNAPASAN PADA MANUSIA

 

A.    Analisis Kasus

Pak Niko mengajar IPA di kelas V SD. Beliau akan mengajarkan materi dengan topik pernapasan pada manusa. Beliau mempersiapkan media berupa gambar organ pernapasan dan model organ pernapasan manusia. Ia juga mempersiapkan LKS tentang nama-nama organ pernapasan manusia.

Sebelum mengajar, Pak Niko memberikan apersepsi bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Pak Niko juga menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu tentang nama organ pernapasan manusia dan fungsi masing–masing organ tersebut.

Pak Niko memulai mengajar materi tentang organ pernapasan. Beliau menyuruh semua murid menarik napas untuk membuktikan bahwa manusia bernapas dan untuk mengetahui dimana letak organ – organ pernapasan tersebut. Pak Niko memasang organ pernapasan manusia di papan tulis, dan tanya jawab tentang nama – nama organ pernapasan manusia. Setelah itu Pak Niko memberikan LKS sebagai latihan secara berkelompok. Siswa melaporkan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.

Untuk menambah pemahaman siswa, Pak Niko menunjukkan model organ pernapasan manusia. Hal ini juga bertujuan membuat siswa lebih tertarik untuk mengetahui letak dan fungsi organ pernapasan manusia. Sambil menunjukkan pada model, Pak Niko mengadakan tanya jawab tentang fungsi masing-masing organ pernafasan pada manusia.

Setelah itu, Pak Niko mengadakan evaluasi, dan setelah dikoreksi, Pak Niko tidak menyangka bahwa hasilnya tidak memuaskan. Hasil nilai murid yang mencapai 75 ke atas hanya 10 orang dari 30 siswa. Pak Niko merenung, mengapa target tidak tercapai, padahal dia menargetkan 75 % siswa mendapat nilai 75 ke atas.

B.     Peristiwa penting yang terjadi dalam kasus pembelajaran Pak Niko

1)      Pak Niko mengajarkan materi IPA dengan topik organ pernapasan manusia kelas V SD.

2)      Media yang digunakan adalah gambar dan model organ pernapasan manusia.

3)      Mengadakan apersepsi dengan menyatakan bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah bernafas.

4)      Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu supaya siswa  mengetahui tentang nama-nama organ pernapasan manusia dan fungsinya.

5)      Metode yang dipakai demonstrasi, tanya jawab, penugasan, diskusi, ceramah.

6)      Setelah hasil ulangan diperiksa ternyata hanya ada 10 orang siswa yang nilainya 75 ke atas dari 30 orang siswa.

 

C.    Identifikasi Masalah

1)      Mengapa Pak Niko terlalu banyak menggunakan metode dalam pembelajaran?

2)      Mengapa Pak Niko tidak memberikan penguatan dan kesimpulan di akhir pembelajaran?

3)      Mengapa nilai yang diperoleh siswa masih banyak yang belum mencapai target?

 

D.    Analisis Penyebab Masalah

1)      Pak Niko terlalu banyak menggunakan metode, sehingga dalam pelaksanaan masing-masing metode kurang tuntas.

2)      Pak Niko tidak memberikan pemantapan materi dan kesimpulan di akhir kegiatan belajar mengajar.

3)      Pak Niko kurang menguasai materi.

 

E.     Mengembangkan alternatif pemecahan masalah

1)      Dalam proses belajar mengajar, Pak Niko seharusnya jangan terlalu banyak menggunakan metode, karena hal itu justru membuat proses pemahaman konsep menjadi kurang mantap. Pilih beberapa metode saja yang dianggap paling tepat untuk mengajarkan materi tersebut.

2)      Pak Niko seharusnya menayangkan video pembelajaran terkait pernapasan untuk memudahkan siswa memahami materi yang diajarkan

3)      Seharusnya Pak Niko memberikan penguatan dan kesimpulan di akhir proses belajar mengajar, supaya siswa lebih paham terhadap materi yang diajarkan.

4)      Sebelum mengajar, seharusnya Pak Niko sudah menguasai materi sehingga dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar, jelas, dan agar yang disampaikan mudah diserap oleh siswa.

 

F.     Menganalisis kekuatan dan kelemahan setiap alternatif

a.       Kekuatan

1)      Pak Niko telah melakukan kegiatan pembelajaran yang baik, karena beliau telah melakukan appersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan  sehingga siswa mengetahui target yang harus dicapai saat pembelajaran.

2)      Pak Niko telah menggunakan metode  dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu siswa memahami materi.

3)      Pak Niko juga telah melakukan evaluasi di akhir pembelajaran untuk mengetahui keberhasilan siswa dan daya serap siswa untuk kemudian dijadikan sebagai alat untuk menentukan Pak Niko sudah berhasil atau belum dalam menyampaikan materi.

b.      Kelemahan

1)      Pak Niko terlalu banyak menggunakan metode dalam pembelajaran.

2)      Pak Niko tidak memberikan penguatan dan kesimpulan di akhir pembelajaran

3)      Pak Niko kurang menguasai materi.

 

G.    Memilih alternatif yang dianggap paling efektif

Jika diamati lebih dalam, kasus yang muncul dalam pembelajaran Pak Niko adalah karena kurang menguasai materi. Padahal salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi professional. Artinya ia harus memiliki pengetahuan yang luas serta dalam dari bidang studi yang akan diajarkan serta penguasaan metodologis dalam arti memiliki pengetahuan konsep teoritik, sehingga mampu memilih metode yang tepat.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penguasaan materi bagi seorang guru adalah mutlak adanya. Jadi untuk mengatasi kasus tersebut di atas, hal yang paling penting yang harus dikerjakan adalah peningkatan kompetensi guru dengan cara rajin membaca, menerapkan dan mengembangkan ilmunya. Dengan langkah seperti ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru yang berimbas pada peningkatan prestasi siswa.

H.    Menyusun dan menuliskan jawaban dari masalah/kasus tersebut

1)      Pak Niko dapat merevisi kembali rencana pembelajaran yang telah dirancang mulai dari kegiatan awal sampai akhir.

2)      Pak Niko memilih kembali metode yang paling tepat yang dapat diterapkan untuk menyampaikan materi tentang organ pernapasan manusia.

3)      Pak Niko dapat mengurangi metode yang digunakan agar penggunaan metode dapat dilakukan secara tuntas.

4)      Pak Niko  menayangkan video pembelajaran terkait pernapasan untuk memudahkan siswa memahami materi yang diajarkan.

5)      Pak Niko memberikan penguatan dan kesimpulan agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan.

6)      Sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, Pak Niko harus menguasai materi yang akan diajarkan agar  materi yang disampaikan kepada siswa dapat dipahami secara maksimal.

 

0 comments:

Post a Comment