KASUS PAK NIKO – IPA (ILMU
PENGETAHUAN ALAM)
PERNAPASAN PADA MANUSIA
A. Analisis Kasus
Pak Niko mengajar IPA di kelas V SD.
Beliau akan mengajarkan materi dengan topik pernapasan pada manusa. Beliau
mempersiapkan media berupa gambar organ pernapasan dan model organ pernapasan
manusia. Ia juga mempersiapkan LKS tentang nama-nama organ pernapasan manusia.
Sebelum mengajar, Pak Niko memberikan
apersepsi bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Pak Niko juga
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yaitu tentang nama organ
pernapasan manusia dan fungsi masing–masing organ tersebut.
Pak Niko memulai mengajar materi tentang
organ pernapasan. Beliau menyuruh semua murid menarik napas untuk membuktikan
bahwa manusia bernapas dan untuk mengetahui dimana letak organ – organ
pernapasan tersebut. Pak Niko memasang organ pernapasan manusia di papan tulis,
dan tanya jawab tentang nama – nama organ pernapasan manusia. Setelah itu Pak
Niko memberikan LKS sebagai latihan secara berkelompok. Siswa melaporkan hasil
diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.
Untuk menambah pemahaman siswa, Pak Niko
menunjukkan model organ pernapasan manusia. Hal ini juga bertujuan membuat
siswa lebih tertarik untuk mengetahui letak dan fungsi organ pernapasan
manusia. Sambil menunjukkan pada model, Pak Niko mengadakan tanya jawab tentang
fungsi masing-masing organ pernafasan pada manusia.
Setelah itu, Pak Niko mengadakan
evaluasi, dan setelah dikoreksi, Pak Niko tidak menyangka bahwa hasilnya tidak
memuaskan. Hasil nilai murid yang mencapai 75 ke atas hanya 10 orang dari 30 siswa.
Pak Niko merenung, mengapa target tidak tercapai, padahal dia menargetkan 75 % siswa
mendapat nilai 75 ke atas.
B. Peristiwa penting yang terjadi dalam
kasus pembelajaran Pak Niko
1) Pak Niko mengajarkan materi IPA dengan
topik organ pernapasan manusia kelas V SD.
2) Media yang digunakan adalah gambar dan
model organ pernapasan manusia.
3) Mengadakan apersepsi dengan menyatakan
bahwa salah satu ciri makhluk hidup adalah bernafas.
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu
supaya siswa mengetahui tentang
nama-nama organ pernapasan manusia dan fungsinya.
5) Metode yang dipakai demonstrasi, tanya
jawab, penugasan, diskusi, ceramah.
6) Setelah hasil ulangan diperiksa ternyata
hanya ada 10 orang siswa yang nilainya 75 ke atas dari 30 orang siswa.
C. Identifikasi Masalah
1) Mengapa Pak Niko terlalu banyak
menggunakan metode dalam pembelajaran?
2) Mengapa Pak Niko tidak memberikan
penguatan dan kesimpulan di akhir pembelajaran?
3) Mengapa nilai yang diperoleh siswa masih
banyak yang belum mencapai target?
D. Analisis Penyebab Masalah
2) Pak Niko tidak memberikan pemantapan
materi dan kesimpulan di akhir kegiatan belajar mengajar.
3) Pak Niko kurang menguasai materi.
E. Mengembangkan alternatif pemecahan
masalah
1) Dalam proses belajar mengajar, Pak Niko
seharusnya jangan terlalu banyak menggunakan metode, karena hal itu justru
membuat proses pemahaman konsep menjadi kurang mantap. Pilih beberapa metode
saja yang dianggap paling tepat untuk mengajarkan materi tersebut.
2) Pak Niko seharusnya menayangkan video
pembelajaran terkait pernapasan untuk memudahkan siswa memahami materi yang
diajarkan
3) Seharusnya Pak Niko memberikan penguatan
dan kesimpulan di akhir proses belajar mengajar, supaya siswa lebih paham
terhadap materi yang diajarkan.
4) Sebelum mengajar, seharusnya Pak Niko
sudah menguasai materi sehingga dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar,
jelas, dan agar yang disampaikan mudah diserap oleh siswa.
F. Menganalisis kekuatan dan kelemahan setiap
alternatif
a. Kekuatan
1) Pak Niko telah melakukan kegiatan
pembelajaran yang baik, karena beliau telah melakukan appersepsi dan
menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan sehingga siswa mengetahui target yang harus
dicapai saat pembelajaran.
2) Pak Niko telah menggunakan metode dalam kegiatan pembelajaran untuk membantu
siswa memahami materi.
3) Pak Niko juga telah melakukan evaluasi
di akhir pembelajaran untuk mengetahui keberhasilan siswa dan daya serap siswa
untuk kemudian dijadikan sebagai alat untuk menentukan Pak Niko sudah berhasil atau
belum dalam menyampaikan materi.
b. Kelemahan
1) Pak Niko terlalu banyak menggunakan
metode dalam pembelajaran.
2) Pak Niko tidak memberikan penguatan dan
kesimpulan di akhir pembelajaran
3) Pak Niko kurang menguasai materi.
G. Memilih alternatif yang dianggap paling
efektif
Berdasarkan
hal tersebut di atas, maka penguasaan materi bagi seorang guru adalah mutlak
adanya. Jadi untuk mengatasi kasus tersebut di atas, hal yang paling penting
yang harus dikerjakan adalah peningkatan kompetensi guru dengan cara rajin
membaca, menerapkan dan mengembangkan ilmunya. Dengan langkah seperti ini,
diharapkan dapat meningkatkan kualitas guru yang berimbas pada peningkatan
prestasi siswa.
H. Menyusun dan menuliskan jawaban dari
masalah/kasus tersebut
1) Pak Niko dapat merevisi kembali rencana
pembelajaran yang telah dirancang mulai dari kegiatan awal sampai akhir.
2) Pak Niko memilih kembali metode yang
paling tepat yang dapat diterapkan untuk menyampaikan materi tentang organ
pernapasan manusia.
3) Pak Niko dapat mengurangi metode yang
digunakan agar penggunaan metode dapat dilakukan secara tuntas.
4) Pak Niko
menayangkan video pembelajaran terkait pernapasan untuk memudahkan siswa
memahami materi yang diajarkan.
5) Pak Niko memberikan penguatan dan
kesimpulan agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan.
6) Sebelum melakukan kegiatan belajar
mengajar, Pak Niko harus menguasai materi yang akan diajarkan agar materi yang disampaikan kepada siswa dapat
dipahami secara maksimal.
0 comments:
Post a Comment