BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.1 (2021.2)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama
Program Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 28/12/2021 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
:
PDGK4202 /Pembelajaran
IPA di SD |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan,28 desember 2021
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
1.
Jawabannyaa
a.
Menurut pemahan saya terkait soal di atas
Pembelajaran materi rangkaian listrik sederhana seri dan paralel yang sesuai
dengan tahap operasional konkrit merupakan rangakaian listrik yang dialiri
elektron dari sumber voltase atau muatan listrik. Sebuah elektron dapat
mengalir dari material penghantar arus listrik yang disebut dengan konduktor.
Sehingga kabel yang digunakan pada rangkaian listrik untuk mentransfer arus
listrik terbuat dari bahan tembaga. Rangkaian ini menggunakan bebrapa lampu untuk
membuktikan aliran listrik yang akan di teliti. Dan rangkaian ini selalu di
gunakan oleh para pelaja karna rangkaian listriknya yang sangat sederhana dan
bahan bahannya mudah di cari.
b.
Kelebihan dan kekurangan :
Kelebihan :
ü Siswa dilibatkan secara aktif fisik, pikiran, dan
emosi peserta didik sehingga mempertinggi hasil belajar,
ü Pembelajaran ini Siswa dengan mudah Meningkatkan kadar
ketrampilan peserta didik
ü Pembelajaran ini Membangkitkan motivasi dan rasa
percaya diri pada siswa
ü Biasanya pembelajaran ini dapat menghasilkan benda
yang bermanfaat
Kekurangan
:
ü Pembelajaran ini Seringkali memerlukan fasilitas
yang banyak
ü Dalam pembalajran ini sangat Memerlukan banyak
waktu
ü Kadang
membutuhkan biaya yang cukup besar, khususnya dalam praktek langsung terhadap
alat-alat tertentu.
ü Ketidak sediaan
alat peraga atau prasarana yang mendukung.
2.
Jawabannya
ü
Menumbuhkan
minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik.
Dalam suatu pembelajaran seoran guru harus membuat
para siswanya nyaman agar pembelajarannya dapat di cernati dengan lancar.
Pembelajaran rangkaian ini listrik ini sangat menarik sekali dengan
pembelajaran langsung menggunakan beberapa barang yang di butuhkan lalu siswa
juga secara aktif bias melakukanya dengan teman temannya dala membuat rangkaian
listrik di rumah maupun di sekolah
ü
Memperjelas
makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya
Bagi seorang guru ketika mengajar di kelas harus
mempersiapkan bahan ajar dan metode agar siswa mudah dalam mehami pembelajaran
tersebut. Pembelajaran rangkaian ini pasti sudah sangat jelasekali karna di
awal pembelajaran guru sudah memberikan pengarahan dalam merangkaian listrik
sederhana dan siswa juga dapat mempraktekkan materi tersebut di rumah masing
masing.
ü
Membuat
lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan
mendemonstrasikan dan sebagainya.
Pembelajaran rangkaian listrik ini membuat para
siswa aktif karna dalam pembelajaran ini mempunyai ketentuan yang harus di
ajarkandanmemuat siswa jugaa semnagt dalama mempelajarinya yaitu dengan
melakukan pengamatan pada rangkaian listrik yang akan di pelajari dengan
memperhatikan cahaya lampu, kabel seri dan pararel dan tombol stok kontak. Lalu
aliran listrik juga harus di perhatikan karna banyak lampu yang tak menyala
ketika di klik tok kontaknya danmembuatnya redup
ü
Dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan
melakukan kegiatan
Pada pembelajaran rangkaiakn listrik terdapat tugas
tugasyang harus di kerjakan oleh para siswa. Guru sudah mempersiapkan
pertanyaanya sesuai materi yang sudah di jelaskan dan para siswa wajib
mengerjakan latihan tersebut sebelum jam pulang sekolah dan di tambahkan tugas
rumah agar siswa aktif belajar di rumah dan mencegah bermain di setelah pulang
sekolah
ü
Menimbulkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan
dan kenyataan
Pembelajaran yang sudha di paparkanoleh guru
merupakan rangkaian pembelajaran yang akan di praktekkan di lingkungan rumah
karna semua ilmu harus di abdikan oleh masyarakat agar meningkatkan kemajuan
desa juga dan semua itu perlu interaksi yang lancar agar semua pembelajaran
terrealissikan sesuai teori yang sudah di pelajari oleh para siswa
3.
Jawabannyya
1. Menurut
hemat saya pada soal i atas bahwasannya, Bu Ratna sepenuhnya sudah memberikan
pemelajaran yang melibatkan proses sains dalam pembelajaran IPA namun ada hal
yang sesuatu yang kurang lengkap dalam pembelajarannya, yaitu mengenai hakikat
keterampilan proses sains, merupakan keterampilan
kinerja (performance skill). Keterampilan proses sains memuat dua aspek
keterampilan, yakni keterampilan dari sisi kognitif (cognitive skill sebagai
keterampilan intelektual maupun pengetahuan dasar yang melatarbelakangi
penguasaan keterampilan proses sains) dan keterampilan dari sisi sensorimotor (sensorimotor
skill).
Keterampilan berarti kemampuan
menggunakan pikiran, nalar dan perbuatan secara efisien dan efektif untuk
mencapai suatu hasil tertentu, termasuk kreativitas. Kemampuan–kemampuan dasar
yang telah dikembangkan dan telah terlatih yang lama-kelamaan akan menjadi
keterampilan Keterampilan proses adalah keterampilan yang diperoleh dari
latihan kemampuan-kemampuan mental, fisik dan sosial yang mendasar sebagai
penggerak kemampuan-kemampuan yang lebih tinggi. Kemampuan-kemampuan mendasar
yang telah dikembangkan dan telah terlatih lama-kelamaan akan menjadi suatu
keterampilan. Jadi, keterampilan proses sains merupakan keterampilan atau
kemampuan yang dipelajari oleh siswa saat mereka melakukan penemuan ilmiah,
dimana diantaranya mencakup pengamatan (observasi), mengklasifikasikan,
menafsirkan, meramalkan, berkomunikasi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis,
merencanakan percobaan, menggunakan alat/bahan serta menerapkan konsep.
Contoh
aktifitas yang melibatkan proses sains dari pelajaran tersebut adalah:
ü Mengenalkan pengertian tata surya kepada siswa
ü Mengetahui macam maca tata surya kepad siswa
ü Membuat karya tentang tata surya dengan
menggunakan bahan alam
ü Melakukan pengamatan pada tata surya di dunia
ü Membua laporan mengenai perkembangan tata
surya untuk tahun ini
2. Kegiatan awal, inti dan penutup
Kegiatan awal
ü Guru mengucapkan Salam Dan Doa
ü Guru memberikan Apresepsi/ Motivasi
ü Guru Mengatur Tempat Duduk siswa
ü Guru Mengecek kehadiran siswa
ü Guru Menjelaskan Tujuan Pembelajaran
Kegiatan inti
ü Guru membentuk kelompok kepada iswa dalam
pembelajran
ü Guru menyampaikan materi tentang tata surya
ü Guru menyruh anak anak berdiskusi tentang tata
surya
ü Guru memberikan tugas perkelompok dna
presentasikan di depan kelas
ü Guru menilai kekompakan siswa dalam
mengerakana tugas keompok
Kegiatan penutup
ü Guru Menyimpulkan pembelajaran
bersama-sama siswa
ü Menyimpulkan pembelajaran bersama
guru komunikatf
ü Guru Memotivasi siswa untuk
pembelajaran yang akan dating
ü Memperhatikan motivasi yang
disampaikan guru
ü Berdo’a dan menjawab salam Berdo’a
dan mengucapkan salam.
4, jawabannya
1.
menurut hemat saya trkai soal di atas yaitu Hakikat sains adalah landasan untuk berpijak dalam
mempelajari IPA. Banyak cara yang telah dilakukan untuk mencapai aspek yang
terkandung di dalam hakikat sains, salah satunya yaitu menggunakan pembelajaran
berbasis konstruktivisme.Pembelajaran yang mengaplikasikan model pembelajaran
aktif yang dapat mengkonstruk pemikiran siswa sendiri sehingga dapat terwujud
hakikat sains secara utuh yang dapat membelajarkan siswa untuk berproses
(keterampilan proses) dan juga menanamkan sikap ilmiah, misalnya rasa ingin tahu,
jujur, bekerja keras, pantang menyerah, dan terbuka. Secara sederhana teori
konstruktivisme itu beranggapan bahwa pengetahuan merupakan konstruksi dari
mengetahui sesuatu. Pengetahuan kita bukanlah suatu fakta yang tinggal
ditemukan, melainkan suatu perumusan atau formulasi yang dibuat oleh seseorang
yang mempelajarinya Teori Konstruktivisme tidak bertujuan mengerti tentang
realitas, tetapi lebih hendak melihat bagaimana suatu proses, dalam hal ini
adalah pembelajaran, dari tidak mengetahui menjadimengetahui sesuatu tersebut.
Maka dalam pandangan ini belajar merupakan suatu proses aktif dari peserta
didik untuk mengkontruksimakna, pengalaman fisik dan sebagainya.
2.
Skenarionya
Kegiatan awal
ü Guru mengucapkan Salam Dan Doa
ü Guru memberikan Apresepsi/ Motivasi
ü Guru Mengatur Tempat Duduk siswa
ü Guru Mengecek kehadiran siswa
ü Guru Menjelaskan Tujuan Pembelajaran
Kegiatan inti
ü Guru membentuk kelompok kepada iswa dalam
pembelajran
ü Guru menyampaikan materi tentang makanan yang
mudah dan suloit di cerna
ü Guru menyruh anak anak berdiskusi tentang
makanan yang mudah dan suloit di cerna
ü Guru memberikan tugas perkelompok dan
presentasikan di depan kelas
ü Guru menilai kekompakan siswa dalam
mengerakana tugas keompok
Kegiatan penutup
ü Guru Menyimpulkan pembelajaran bersama-sama
siswa
ü Menyimpulkan pembelajaran bersama
guru komunikatf
ü Guru Memotivasi siswa untuk
pembelajaran yang akan dating
ü Memperhatikan motivasi yang
disampaikan guru
ü Berdo’a dan menjawab salam Berdo’a
dan mengucapkan salam.
0 comments:
Post a Comment