Wednesday 22 June 2022

PDGK4202 /Pembelajaran IPA di SD

0 comments

 BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.1 (2021.2)



Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4202 /Pembelajaran IPA di SD

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 28/12/2021

                             

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4202 /Pembelajaran IPA di SD

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,28  desember 2021

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman       

 

 

1.      Jawabannyaa

a.      Menurut pemahan saya terkait soal di atas Pembelajaran materi rangkaian listrik sederhana seri dan paralel yang sesuai dengan tahap operasional konkrit merupakan rangakaian listrik yang dialiri elektron dari sumber voltase atau muatan listrik. Sebuah elektron dapat mengalir dari material penghantar arus listrik yang disebut dengan konduktor. Sehingga kabel yang digunakan pada rangkaian listrik untuk mentransfer arus listrik terbuat dari bahan tembaga. Rangkaian ini menggunakan bebrapa lampu untuk membuktikan aliran listrik yang akan di teliti. Dan rangkaian ini selalu di gunakan oleh para pelaja karna rangkaian listriknya yang sangat sederhana dan bahan bahannya mudah di cari.

b.      Kelebihan dan kekurangan :

Kelebihan :

ü  Siswa dilibatkan secara aktif fisik, pikiran, dan emosi peserta didik sehingga mempertinggi hasil belajar,

ü  Pembelajaran ini Siswa dengan mudah Meningkatkan kadar ketrampilan peserta didik

ü  Pembelajaran ini Membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri pada siswa

ü  Biasanya pembelajaran ini dapat menghasilkan benda yang bermanfaat

Kekurangan :

ü  Pembelajaran ini Seringkali memerlukan fasilitas yang banyak

ü  Dalam pembalajran ini sangat Memerlukan banyak waktu

ü  Kadang membutuhkan biaya yang cukup besar, khususnya dalam praktek langsung terhadap alat-alat tertentu.

ü  Ketidak sediaan alat peraga atau prasarana yang mendukung.

2.      Jawabannya

ü  Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran menjadi lebih menarik.

Dalam suatu pembelajaran seoran guru harus membuat para siswanya nyaman agar pembelajarannya dapat di cernati dengan lancar. Pembelajaran rangkaian ini listrik ini sangat menarik sekali dengan pembelajaran langsung menggunakan beberapa barang yang di butuhkan lalu siswa juga secara aktif bias melakukanya dengan teman temannya dala membuat rangkaian listrik di rumah maupun di sekolah

ü  Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga siswa lebih mudah memahaminya

Bagi seorang guru ketika mengajar di kelas harus mempersiapkan bahan ajar dan metode agar siswa mudah dalam mehami pembelajaran tersebut. Pembelajaran rangkaian ini pasti sudah sangat jelasekali karna di awal pembelajaran guru sudah memberikan pengarahan dalam merangkaian listrik sederhana dan siswa juga dapat mempraktekkan materi tersebut di rumah masing masing.

ü  Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti :mengamati, melakukan dan mendemonstrasikan dan sebagainya.

Pembelajaran rangkaian listrik ini membuat para siswa aktif karna dalam pembelajaran ini mempunyai ketentuan yang harus di ajarkandanmemuat siswa jugaa semnagt dalama mempelajarinya yaitu dengan melakukan pengamatan pada rangkaian listrik yang akan di pelajari dengan memperhatikan cahaya lampu, kabel seri dan pararel dan tombol stok kontak. Lalu aliran listrik juga harus di perhatikan karna banyak lampu yang tak menyala ketika di klik tok kontaknya danmembuatnya redup

ü  Dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan kegiatan

Pada pembelajaran rangkaiakn listrik terdapat tugas tugasyang harus di kerjakan oleh para siswa. Guru sudah mempersiapkan pertanyaanya sesuai materi yang sudah di jelaskan dan para siswa wajib mengerjakan latihan tersebut sebelum jam pulang sekolah dan di tambahkan tugas rumah agar siswa aktif belajar di rumah dan mencegah bermain di setelah pulang sekolah

ü  Menimbulkan interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan

Pembelajaran yang sudha di paparkanoleh guru merupakan rangkaian pembelajaran yang akan di praktekkan di lingkungan rumah karna semua ilmu harus di abdikan oleh masyarakat agar meningkatkan kemajuan desa juga dan semua itu perlu interaksi yang lancar agar semua pembelajaran terrealissikan sesuai teori yang sudah di pelajari oleh para siswa

3.      Jawabannyya

1.      Menurut hemat saya pada soal i atas bahwasannya, Bu Ratna sepenuhnya sudah memberikan pemelajaran yang melibatkan proses sains dalam pembelajaran IPA namun ada hal yang sesuatu yang kurang lengkap dalam pembelajarannya, yaitu mengenai hakikat keterampilan proses sains, merupakan keterampilan kinerja (performance skill). Keterampilan proses sains memuat dua aspek keterampilan, yakni keterampilan dari sisi kognitif (cognitive skill sebagai keterampilan intelektual maupun pengetahuan dasar yang melatarbelakangi penguasaan keterampilan proses sains) dan keterampilan dari sisi sensorimotor (sensorimotor skill).

Keterampilan berarti kemampuan menggunakan pikiran, nalar dan perbuatan secara efisien dan efektif untuk mencapai suatu hasil tertentu, termasuk kreativitas. Kemampuan–kemampuan dasar yang telah dikembangkan dan telah terlatih yang lama-kelamaan akan menjadi keterampilan Keterampilan proses adalah keterampilan yang diperoleh dari latihan kemampuan-kemampuan mental, fisik dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan-kemampuan yang lebih tinggi. Kemampuan-kemampuan mendasar yang telah dikembangkan dan telah terlatih lama-kelamaan akan menjadi suatu keterampilan. Jadi, keterampilan proses sains merupakan keterampilan atau kemampuan yang dipelajari oleh siswa saat mereka melakukan penemuan ilmiah, dimana diantaranya mencakup pengamatan (observasi), mengklasifikasikan, menafsirkan, meramalkan, berkomunikasi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat/bahan serta menerapkan konsep.

                            Contoh aktifitas yang melibatkan proses sains dari pelajaran tersebut adalah:

ü  Mengenalkan pengertian tata surya kepada siswa

ü  Mengetahui macam maca tata surya kepad siswa

ü  Membuat karya tentang tata surya dengan menggunakan bahan alam

ü  Melakukan pengamatan pada tata surya di dunia

ü  Membua laporan mengenai perkembangan tata surya untuk tahun ini

2.      Kegiatan awal, inti dan penutup

Kegiatan awal

ü  Guru mengucapkan Salam Dan Doa

ü  Guru memberikan Apresepsi/ Motivasi

ü  Guru Mengatur Tempat Duduk siswa

ü  Guru Mengecek kehadiran siswa

ü  Guru Menjelaskan Tujuan Pembelajaran

Kegiatan inti

ü  Guru membentuk kelompok kepada iswa dalam pembelajran

ü  Guru menyampaikan materi tentang tata surya

ü  Guru menyruh anak anak berdiskusi tentang tata surya

ü  Guru memberikan tugas perkelompok dna presentasikan di depan kelas

ü  Guru menilai kekompakan siswa dalam mengerakana tugas keompok

Kegiatan penutup

ü  Guru Menyimpulkan pembelajaran bersama-sama siswa

ü  Menyimpulkan pembelajaran bersama guru komunikatf

ü  Guru Memotivasi siswa untuk pembelajaran yang akan dating

ü  Memperhatikan motivasi yang disampaikan guru

ü  Berdo’a dan menjawab salam Berdo’a dan mengucapkan salam.

 

4, jawabannya

1.      menurut hemat saya trkai soal di atas yaitu Hakikat sains adalah landasan untuk berpijak dalam mempelajari IPA. Banyak cara yang telah dilakukan untuk mencapai aspek yang terkandung di dalam hakikat sains, salah satunya yaitu menggunakan pembelajaran berbasis konstruktivisme.Pembelajaran yang mengaplikasikan model pembelajaran aktif yang dapat mengkonstruk pemikiran siswa sendiri sehingga dapat terwujud hakikat sains secara utuh yang dapat membelajarkan siswa untuk berproses (keterampilan proses) dan juga menanamkan sikap ilmiah, misalnya rasa ingin tahu, jujur, bekerja keras, pantang menyerah, dan terbuka. Secara sederhana teori konstruktivisme itu beranggapan bahwa pengetahuan merupakan konstruksi dari mengetahui sesuatu. Pengetahuan kita bukanlah suatu fakta yang tinggal ditemukan, melainkan suatu perumusan atau formulasi yang dibuat oleh seseorang yang mempelajarinya Teori Konstruktivisme tidak bertujuan mengerti tentang realitas, tetapi lebih hendak melihat bagaimana suatu proses, dalam hal ini adalah pembelajaran, dari tidak mengetahui menjadimengetahui sesuatu tersebut. Maka dalam pandangan ini belajar merupakan suatu proses aktif dari peserta didik untuk mengkontruksimakna, pengalaman fisik dan sebagainya.

2.      Skenarionya

Kegiatan awal

ü  Guru mengucapkan Salam Dan Doa

ü  Guru memberikan Apresepsi/ Motivasi

ü  Guru Mengatur Tempat Duduk siswa

ü  Guru Mengecek kehadiran siswa

ü  Guru Menjelaskan Tujuan Pembelajaran

Kegiatan inti

ü  Guru membentuk kelompok kepada iswa dalam pembelajran

ü  Guru menyampaikan materi tentang makanan yang mudah dan suloit di cerna

ü  Guru menyruh anak anak berdiskusi tentang makanan yang mudah dan suloit di cerna

ü  Guru memberikan tugas perkelompok dan presentasikan di depan kelas

ü  Guru menilai kekompakan siswa dalam mengerakana tugas keompok

Kegiatan penutup

ü  Guru Menyimpulkan pembelajaran bersama-sama siswa

ü  Menyimpulkan pembelajaran bersama guru komunikatf

ü  Guru Memotivasi siswa untuk pembelajaran yang akan dating

ü  Memperhatikan motivasi yang disampaikan guru

ü  Berdo’a dan menjawab salam Berdo’a dan mengucapkan salam.

 

 

0 comments:

Post a Comment