TUGAS KELOMPOK MATA KULIAH |
PANDUAN TUGAS AKHIR PROGRAM SARJANA FKIP (IDIK4500) |
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN KELAS II (PKn)
WACANA KASUS
Bu Ana sedang mengajar pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas II. Dengan
KD melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong
menolong di rumah dan di sekolah. Pada pertemuan
kali ini Bu Ana akan menjelaskan pentingnya melaksanakan hidup rukun di
sekolah.
Awal pelajaran dimulai dengan berdoa, presensi, dan salam. Bu Ana menyampaikan
kepada siswa kompetensi dasar yang akan dicapai pada pertemuan kali ini.
Sebelum pembelajaran, Bu Ana menunjukkan gambar-gambar berwarna berukuran
sedang tentang kegiatan seorang anak yang menunjukkan hidup rukun di sekolah.
Siswa tertarik dengan gambar-gambar tersebut. Mereka berlarian dan
berebutan ke depan kelas untuk melihat gambar yang ditunjukkan Bu Ana.
Hal ini tentu saja membuat Bu Ana marah dan menyuruh siswa untuk kembali ke
tempat duduk masing-masing. Setelah siswa tenang, Bu Ana menjelaskan maksud
dari setiap gambar sambil memberikan contoh-contoh perilaku siswa kelas II yang
selama ini tidak sesuai dengan gambar. Bu Ana menjelaskan bahwa perilaku yang
tidak rukun kepada sesama teman di sekolah adalah salah, dan siswa haruslah
merubah sikapnya.
Setelah penjelasan Bu Ana secara panjang lebar tentang hidup rukun di sekolah ,
siswa diminta mengerjakan soal-soal latihan yang ditulis guru di papan tulis. Siswa
mulai bekerja.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.
arti gotong royong
adalah ....
2.
kebersihan kelas adalah
tanggung jawab ....
3.
kebiasaan yang
dilakukan anak anak sebelum bel tanda masuk berbunyi adalah ....
4.
keuntungan yang diambil
dari kegiatan secara gotong royong adalah ....
5.
jika ada teman yang
tidak memiliki pensil maka kita harus ....
Setelah seluruh siswa selesai mengerjakan soal, Bu Ana membahas jawabannya satu
per satu. Siswa yang jawabannya salah, diberi kesempatan untuk bertanya dan
melakukan pembetulan.
Ketika bel istirahat berbunyi, bu Ana mengakhiri pembelajaran dan memberi siswa
PR 5 buah soal yang ada di buku paket.
IDENTIFIKASI INFORMASI
KUNCI:
1.
Pembelajaran PKn
tentang hidup rukun di sekolah.
2.
Media yang digunakan
berupa gambar.
3.
Metode yang digunakan
metode ceramah dan penugasan.
4.
Pengelolaan kelas,
siswa bekerja secara individu.
PERMASALAHAN YANG
MUNCUL:
1.
Pada saat guru
menunjukkan gambar siswa berebutan ke depan kelas.
2.
Guru menjelaskan materi
tanpa meminta pendapat siswa.
3.
Siswa merasa disalahkan
oleh guru atas perilakunya selama ini.
4.
Guru memberikan materi
yang bersifat teori saja tanpa adanya penerapan.
5.
Soal yang diberikan
guru hanya soal kognitif saja.
ANALISIS PENYEBAB
MASALAH:
1.
Siswa berebutan ke
depan kelas karena gambar yang digunakan tidak begitu besar.
2.
Guru berharap materi
yang akan disampaikan segera dipahami siswa sehingga tanpa sadar guru
berceramah seorang diri.
3.
Siswa kelas II masih
dalam tahap bermain dan masih egois, sehingga guru berusaha mengubah sikap
siswa dalam waktu singkat.
4.
Guru beranggapan bahwa
soal-soal ujian yang diberikan pemerintah selama ini hanya segi kognitif saja,
sehingga guru mengesampingkan segi afektif dan psikomotorik.
ALTERNATIF PEMECAHAN
MASALAH:
1.
Guru seharusnya
menggunakan gambar berukuran besar, atau mengganti media dengan menggunakan
lingkungan kelas sebagai sumber belajarnya, mengingat materi yang sedang
diajarkan masalah kerukunan di sekolah.
2.
Guru seharusnya tidak
secara langsung menjelaskan materi kepada siswa, melainkan memancing siswa
untuk berfikir dengan memberikan contoh-contoh nyata dalam kehidupan siswa
sehari-hari.
3.
Guru seharusnya
memahami sifat siswa kelas II yang masih dalam masa bermain dan egois, sehingga
perlu dengan sabar memberikan nasihat dan contoh-contoh dalam kehidupan mereka
sehari-hari. Biarkan siswa yang menilai, perbuatan itu benar atau salah.
4.
Guru seharusnya
memberikan bobot yang seimbang antara soal kognitif, afektif, dan psikomotorik,
mengingat pelajaran PKn lebih banyak mempelajari tentang penerapan perilaku
kehidupan sehari-hari. Siswa perlu mengerti dan berlatih tingkah laku yang baik
serta benar-benar melaksanakannya.
1 comments:
info mas
Post a Comment