Wednesday 22 June 2022

PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

0 comments

 BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.1 (2021.2)



Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 21/12/2021

                             

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA

BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

 Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4407 Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,21  desember 2021

 

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman       

 

 

JAWABAN

 

1.      Jawaban untuk nomer 1

a.       Penyebab faisay mengalami hambatan dalam pengerannyaa yaitu (1) dikarnakan dengan menggunakan efek samping menggunakan alat bantu dengarnya. Alat tersebut menyebabkan gendang telinga terlukan berupa infeksi telinga tengah dan luar dan juga gendang telinganya sobek. Jika ketika di umur kecilnya menggunkan aalt bantu itu pasti menimbulkan efek samping yang dapat menyebabkan hambatan pada telinganta saat kecil. (2) dikarnakan penyakit sebelum kelahirannya yaitu waktu janin masih berada  dalam kandungan, mungkin sang ibu terserang virus (3) penyebab yang muncul pada saat atau waktu proses kelahiran,

b.      Dampak sosial komunikasi yang di alami oleh faisya yaitu (1) Ada rasa malu/tidak PD bila membawa ke lingkungan keluarga besar atau masyarakat seperti dilingkungan tetangga, sering terjadi apabila ada pertemuan keluarga mereka memilih tidak tidak hadir. Sehingga dampaknya pada anak tidak membangun hubungan social dengan oranglain selain keluarga inti, kemudian (2)anak tidak memiliki pengalaman berada dilingkungan yang berbeda (kurang stimulus social), semakin menghambat potensi anak untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial sesuai tahap perkembangannya (3) anak bakal canggung ketika berkomunikasi dengan temannya karna pendengaranyaa tidak normal dan butuh kesabasaran untuk menyikapinya

2.       Jawaban untuk nomer 2

a.       Bentuk layananya sebagai berikut ini layanan pendidikan yang menghargai semua peserta didik termasuk anak berkebutuhan khusus. Semua peserta didik berada dalam lingkungan yang sama dan belajar dalam kelas yang sama sepanjang waktu.. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum sekolah tersebut dengan dilakukan modifikasi dan adaptasi sesuai kebutuhan bagi semua peserta didik. Bentuk layanan pendidikan inklusif yakni layanan pendidikan yang di dalam sekolah/kelas umum terdapat peserta didik yang beragam, termasuk di dalamnya adalah anak-anak yang tumbuh dan berkembang secara berbeda dibanding dengan anak-anak pada umumnya. (ingat materi tentang keberagaman).b entuk layanan ini prinsipnya adalah mereka hadir bersama-sama, saling menghargai dan menerima perbedaan, semua bisa berpartisipasi dalam kegiatan belajar sesuai dengan kemampuannya masing-masing dan diyakini semua anak dalam kelas bisa mencapai prestasi sesuai kondisinya masing-masing.

b.      Bentuk layanan  yang di praktikkan yaitu layanan Segregasi. Layanan segrsif merupakan bentuk layanan pendidikan bagi Anak Bekebutuhan Khusus yang mengacu pada jenis atau karakteristik spesifik dari ketunaan yang dialami seseorang. Oleh karenanya setiap ketunaan yang berbeda akan mendapatkan layanan berbeda. Bentuk layanan pendidikan segregasi memiliki sistem lingkungan dan kurikulum yang berbeda dari sekolah umum (tersendiri). Bentuk layanan pendidikan bagi ABK secara segregatif tentu masih sangat dibutuhkan bagi ABK. Sistem layanan segregasi yaitu penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan secara khusus dan terpisah dari penyelenggaraan pendidikan umum. Dengan kata lain anak berkebutuhan khusus diberikan layanan pendidikan pada lembaga pendidikan khusus seperti di Sekolah Luar Biasa (SLB).

c.       Berikut ini kelebihan dan kekurangan jenis layanan tersebut :

Ø  Kelebihannya yaitu (1)Anak merasa senasib, sehingga dapat menghilangkan rasa minder, rasa rendah diri, dan membangkitkan semangat menyongsong kehidupan di hari-hari mendatang, (2)Anak lebih mudah beradaptasi dengan temannya yang sama-sama mengalami hambatan,(3) Anak termotivasi dan bersaing secara sehat dengan sesama temannya yang senasib di sekolahnya, dan anak lebih mudah bersosialisasi tanpa dibayangi rasa takut bergaul, minder, dan rasa kurang percaya diri.

Ø  Kekurangannya yaitu  (1) anak terpisah dari lingkungan anak lainnya sehingga anak sulit bergaul dan menjalin komunikasi dengan anak-anak pada umumnya, (2) anak merasa terpasung dan dibatasi pergaulanya dengan anak-anak kebutuhan khusus saja sehingga pada giliranya dapat menghambat perkembangan sosialisasinya di masyarakat, dan (3) anak merasakan ketidakadilan dalam kehidupan di sekolah yang terbatas bagi mereka yang tergolong berkebutuhan khusus.

3.      Jawaban nomer 3

a.       Menurut saya tentang prinsip dari teknik fernald yaitu (1) Teknik ini di fokuskan untuk memperhatikan tingkat usia dan pendidikan subjek, ketersediaan waktu, serta tingkat kemampuan membaca yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan. (2) meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia, dan diharapkan mampu secara efektif meningkatkan kemampuan membaca dalam waktu yang relatif singkat.

b.      Prosedur pelaksanaan intervensi dengan teknik fernald : (1) Tahap 1, anak memilih kata yang akan dipelajarinya, guru menuliskannya besar-besar. Anak kemudian menelusuri kata dengan jarinya. Sambil menelusuri, anak mengucapkan kata itu keras-keras. Di samping itu, anak juga melihat kata dan mendengarkan suaranya sendiri saat membaca. Jika anak membuat kesalahan, ia harus mengulanginya dari depan lagi. Jika sudah benar, kata itu akan disimpan dalam bank kata anak. Anak dapat membuat cerita dari kata yang sudah dikuasainya (2) Tahap 2, anak tidak lagi menelusuri kata. Ia belajar dengan melihat kata yang ditulis guru, mengucapkannya, dan menyalinnya. Anak terus didorong menyusun cerita dan mempertahankan bank kata (3) Tahap 3, guru tidak lagi harus menulis kata. Anak belajar membaca dari kata-kata atau kalimat yang sudah dicetak. Ia melihat kata, mengucapkannya, dan menyalinnya. Guru harus memantau apakah semua kata masih diingatnya (4) Tahap 4,anak sudah mampu mengenal kata-kata baru dengan membandingkannya dengan kata-kata yang sudah dipelajarinya. Anak dapat dimotivasi untuk memperluas materi bacaan

4.      Jawaban nomer 4

a.       Joko memiliki anak bernama sukeman. Sukeman memiliki kelainan yaitu tunadaksa. Sebagai orang tua joko selalu memberikan pendidikan baginya. Sukeman selalu di latih dalam menggerakan oragan tubuhnya agar bisa bergerak dengan normal seperti teman-temannya. 2 bulan sukeman bisa mandiri dalam melatih organ tubuhnya. Dan sekarang sukeman bisa mengikuti lomba lari di kampung karna semangatt dan kegigihannya dalam melatih organ tubuhnyaa.

b.      Asesemen dari aspek kemampuan anak

Fisik motorik : siswa memiliki anggota gerak lengkap dan siswa cenderung suka bergerak

Kognisi : siswa memliki hambatan pada intelektual dan cenderung menghapal

Bahasa : siswa memiliki kesulitan dan berbahasa ketika berhadpan dengan orang lain

Komunikasi : siswa senang berkomunikasi dengan gesture atau dengan isyarat untuk mempermudah salam berkomunikasi

Emosi-sosial : siswa bila mendengar suara keras langsung metup telingan dan siswa tidak suka menyakiti diti sendiri ketika marah

0 comments:

Post a Comment