RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (RPP 222)
Satuan Pendidikan : SDN
KEBAYORAN LAMA SELATAN 03
Kelas / Semester : II dan III / 2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia ( Kelas
II )
Matematika (Kelas III )
Waktu : 2 X 35 Menit
Hari/Tanggal : KAMIS 19 MEI 2022
Model PKR : 222
I.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan sekolah sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR Kelas II
Bahasa Indonesia
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.1
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan
yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun |
Menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita
tersebut dengan tepat. |
2 |
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita
atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun |
Mengucapkan
ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat |
Matematika
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan
menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret serta cara
membacanya |
Menyatakan kumpulan objek dengan
bilangan sampai dengan 999 dengan benar. |
2 |
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah
dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret |
Membaca lambang bilangan sampa dengan 999 dengan tepat |
Kelas III
Bahasa Indonesia
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.4 Mencermati kosakata dalam teks
tentang konsep ciri-ciri, |
3.4.1 Menyebutkan minimal
4 ciri-ciri makhluk hidup. |
|
kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk
lisan, tulis, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan. |
|
2 |
4.4 Menyajikan laporan
tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup),
pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup
yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif. |
4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup. |
Matematika
NO |
KOMPETENSI DASAR
(KD) |
INDIKATOR |
1 |
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah. |
3.1.1 Membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan
10.000. 3.1.2 Membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000. |
2 |
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat- sifat operasi
hitung pada bilangan cacah. |
4.1.1 Membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara
panjang (sepuluh ribuan,
ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan). |
III.
TUJUAN
PEMBELAJARAN Kelas
II
◾
Dengan diberikan teks cerita tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat
pada teks cerita
tersebut dengan tepat.
◾
Dengan diberikan teks percakapan tentang
hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat
pada teks percakapan tersebut dengan
tepat.
◾
Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
◾
Dengan diberikan kumpulan
kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999
dengan tepat.
Kelas III
·
Setelah mengamati gambar,
siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
·
Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
·
Setelah bermain mencari
pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan
1.000 sampai dengan 10.000 dengan
benar.
·
Setelah bermain mencari
pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan
1.000 sampai dengan
10.000 dengan benar.
·
Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan
1.000 sampai
10.000 secara panjang
(sepuluh ribuan, ribuan,
ratusan, puluhan, dan satuan)
dengan benar.
Kelas II
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis Mandiri
Gotong-royong Integritas
Kelas III
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius
Nasionalis
IV.
MATERI PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia Kelas II …
Mandiri Gotong-royong Integritas
Matematika Kelas III …
PENDEKATAN METODE
PEMBELAJARAN KELAS II DAN KELAS III
Pendekatan : Saintifik
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
V.
KEGIATAN PEMBELAJARAN Kelas II
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
§ Kelas dibuka dengan
salam, menanyakan kabar,
dan doa bersama. (Religius) § Siswa mengamati gambar
yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memancing motivasi siswa
dengan bertanya jawab dengan siswa. Pertanyaan-pertanyaan
yang terdapat di bawah gambar utama
dapat digunakan sebagai bahan untuk bertanya
jawab dengan siswa. § Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana agar kerukunan dapat terjaga di rumah, tempat
bermain, sekolah, dan masyarakat? § Guru merespons setiap jawaban siswa sehingga
terjadi suasana diskusi
yang hidup. § Pertanyaaan besar tersebut akan dijawab
dengan kegiatan pembelajaran menggunakan Tema Hidup
Rukun. (Nasionalis) |
10
menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
§ Guru menyampaikan subtema yang akan digunakan untuk pembelajaran, yaitu Hidup Rukun di Rumah. Yang perlu diketahui bahwa kegiatan
pembelajaran bertujuan untuk
mencapai kompetensi dasar yang sudah dipetakan dalam subtema. |
|
Inti |
§ Siswa mengamati gambar
yang ada pada
Buku Siswa. Kemudian, guru bertanya jawab dengan
siswa mengenai kerukunan di rumah. ( Communication ) § Siswa menuliskan jawaban pertanyaan yang ada
di Buku Siswa pada selembar kertas.
Hal itu untuk mengetahui sejauh
mana siswa memahami arti pentingnya
hidup rukun di rumah dan membuat siswa terbiasa
dan berani mengemukakan pendapatnya. (Mandiri) § Kertas
jawaban itu dikumpulkan, kemudian secara bergantian, siswa
membaca jawaban temannya. Siswa dan guru
menanggapi jawaban tersebut. (Collaboration ) § Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada
di Buku Siswa, guru mengajak siswa
untuk memulai langkah-langkah Pembelajaran 1. § Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa
yang dibacakan guru. ( Literasi ) § Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada
teks bacaan. Ketika guru membaca
teks, hendaknya guru memberi
penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.
Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah
buah tangan dan buah hati. § Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada
teks cerita. (Mandiri) § Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai
arti ungkapan yang terdapat
pada teks. ( Communication ) § Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan
yang terdapat pada teks cerita. (Mandiri) § Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks
percakapan. § Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut. |
150
menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
§ Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku. Siswa diberi keleluasaan untuk
menyusun kalimat berdasarkan teks
cerita yang sudah dibacanya. ( Collaboration ) § Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman
sebangkunya. Guru dapat mengamati
kemampuan siswa dalam menyebutkan
ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk
KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat
mengamati sikap percaya diri
siswa dalam melakukan percakapan dengan
temannya. ( Critical Thinking and
Problem Solving ) § Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus
dan kelompok 100
kubus. Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan
kubus. (Mandiri) § Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku
Siswa. ( Communication ) § Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga
kubus. Alat peraga
yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan
siswa mengenai bilangan tiga angka.
( Creativity and Innovation ) § Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik
Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. § Siswa
menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan
Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan
dinyanyikan pendek. (Integritas) § Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersama sama dengan guru. Siswa
merasakan panjang dan pendeknya nada. § Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu
yang dinyanyikan panjang
dan yang dinyanyikan pendek. Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang |
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
pendek
bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk
menjelaskan panjang pendek bunyi. Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh
menyanyikan bagian panjang pendek
lagu yang disesuaikan dengan notasinya. (Mandiri) § Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik
Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD
4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri. |
|
Penutup |
§ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
(Integritas) § Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) § Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah
diikuti. § Melakukan penilaian hasil
belajar § Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama
dan keyakinan masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran) (Religius) |
15
menit |
Kelas III
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
◾
Guru menyapa siswa,
menanyakan kabar, dan
mengecek kehadiran siswa. ◾
Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa. Religius ◾
Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama- sama.
dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”.
Nasionalis ◾
Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan. ◾
Pembiasaan Membaca
15 menit. Literasi |
10 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
◾
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai. ◾
Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak
hewan atau bercerita pengalaman pergi ke kebun binatang untuk mengawali pembahasan tentang ciriciri makhluk hidup. |
|
Inti |
§ Siswa dikenalkan dengan
lagu Cicak di Dinding. § Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
yang ada pada teks lagu. Critical
Thinking and Problem Solving § Lalu siswa
berlatih menyanyikan pola yang sudah
dibuat dengan suara
ta (pendek) dan taaa (suara panjang). Creativity and Innovation § Siswa
mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau
pendek semua) § Siswa
menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama. § Adanya berbagai variasi pola bunyi
lagu membuat lagu terdengar lebih
asyik tidak membosankan. § Siswa mengamati gambar. § Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
berdasarkan gambar. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. § Siswa
menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang
ada pada gambar. Mandiri § Gambar cicak: § Cicak hidup di darat § Cicak bergerak merayap di dinding § Cicak makan nyamuk § Cicak suka memutuskan ekornya § Gambar ikan di aquarium |
150 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
» Ikan
hidup di air. » Ikan
bergerak berenang menggunakan sirip. » Dan lain-lain. § Kesimpulannya ikan dan cicak
sama-sama makhluk hidup.
Ciri-ciri makhluk hidup
dari kedua hewan
tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan lain-lain. § Ciri-ciri makhluk
hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang biak, memerlukan
makanan dan air, peka terhadap rangsang. § Makhluk
hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah
tempat. Cara bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Manusia
berjalan atau berlari
menggunakan kaki. Burung
terbang menggunakan sayap.
Ikan berenang menggunakan sirip, dan lain-lain. § Makhluk hidup
bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam. § Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan
insang. Serangga bernapas dengan trakea. Tumbuhan bernapas dengan stomata. § Makhluk hidup
tumbuh. Manusia ketika
bayi tubuhnya kecil
lalu berangsur-angsur tumbuh
menjadi besar. Begitupun hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses
bertambahnya ukuran tubuh. § Makhluk
hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia,
ibu melahirkan bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak.
Ada hewan yang
berkembang biak dengan
cara melahirkan dan bertelur. Begitupun tumbuhan juga berkembang biak. Tujuan berkembangbiak adalah melestarikan jenisnya agar tidak
punah. |
|
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
§ Memerlukan
makanan dan air. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan air. Karena kalau tidak makan dan minum, makhluk
hidup akan mati. § Makhluk hidup
memiliki ciri peka terhadap rangsangan. Rangsang adalah sesuatu
yang dapat memengaruhi kerja
organ tubuh. Misalnya ketika melihat
sinar matahari, secara spontan
kita akan menutup
mata. § Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur sampai
dengan ribuan. § Siswa
dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Communication § Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai
dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving § Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku. |
|
Penutup |
◾
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran. a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini? b.
Bagaimana perasaan setelah
mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek? c.
Apa kegiatan yang paling disukai? d.
Informasi apa yang ingin diketahui
lebih lanjut? e.
Bagaimana cara siswa
mendapatkan informasi tersebut? ◾
Pertanyaan
yang diajukan guru
dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan jawaban |
15 menit |
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
pertanyaan
refleksi, sebaiknya siswa
memiliki buku tulis khusus untuk refleksi. ◾
Menyanyikan lagu
daerah “Sinanggar Tulo” ◾
Kegiatan kelas diakhiri dengan doa bersama
sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing oleh dipimpin
oleh siswa yang diberi tugas. Religius |
|
VI.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN Kelas II
1. Buku Siswa Tema
: Hidup Rukun Kelas 2 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
Kelas III
1.
Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Buku Siswa Tema
: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk
Hidup Kelas III (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
3. Kartu nama dan bilangan 1.000 sampai 10.000.
Mengetahui: Kepala
Sekolah, HJ, AHMAD SYATIRI, S. Pd.
SD NIP. 196406111986031009 |
JAKARTA 17 MEI 2022 Mahasiswa RIZA BADRUZZAMAN, S.Pd |
Catatan Kepala Sekolah
:
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………
LAMPIRAN 1
MATERI POKOK
BAHASA INDONESIA KELAS II
·
Menyebutkan ungkapan
dan arti ungkapan
dalam teks cerita tentang
hidup rukun.
·
Menirukan ungkapan
pada teks percakapan.
MATERI POKOK MATEMATIKA KELAS II
·
Menulis nama dan lambang
bilangan.
·
Mengurutkan bilangan.
LAMPIRAN 2
Bahasa Indonesia
Kelas II
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Sikap
Sikap siswa yang muncul
ketika proses pembelajaran. Contoh Format
Jurnal untuk Penilaian Sikap
b. Pengetahuan dan Keterampilan Skor penilaian: 100
Penilaian :
Paduan Kontroversi Nilai :
Konversi Nilai (skala 0-100) |
Predikat |
Klasifikasi |
81 – 100 |
A |
SB ( Sangat Baik
) |
66 – 80 |
B |
B ( Baik
) |
51 – 65 |
C |
C (
Cukup ) |
0 – 50 |
D |
K ( Kurang ) |
Contoh Rubrik:
1) Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam
teks (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria |
Skor |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Pengetahuan: |
Semua |
Ada beberapa |
Ada beberapa |
Belum ada |
(KD 3.1) |
ungkapan di |
ungkapan |
ungkapan di |
ungkapan
yang |
ketepatan menyebutkan |
dalam teks disebutkan |
di dalam teks yang |
dalam teks
yang |
disebutkan dengan benar |
|
|
|
masih salah |
|
ungkapan di
dalam teks |
dengan benar, tanpa bantuan guru. |
masih salah
disebutkan, tanpa bantuan guru. |
disebutkan,
dengan bantuan guru. |
meskipun dengan bantuan
guru. |
Keterampilan: (KD 4.1) ketepatan mengucapkan ungkapan di dalam teks |
Semua ungkapan
di dalam teks diucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru. |
Ada beberapa
ungkapan di dalam teks yang masih salah
diucapkan, tanpa bantuan guru. |
Ada beberapa
ungkapan di dalam teks
yang masih salah
diucapkan, dengan bantuan guru. |
Belum ada ungkapan
yang diucapkan dengan benar meskipun dengan bantuan
guru. |
LAMPIRAN 2
Matematika Kelas
III Penilaian
1.
Penilaian Sikap
No |
Nama |
Perubanan tingkah laku |
|||||||||||
Santun |
Peduli |
Tanggung Jawab |
|||||||||||
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
K |
C |
B |
SB |
||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
…………….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB
(Sangat Baik) : 4, K (Kurang)
2. Pengetahuan: tes tertulis
a. Menyebutkan
ciri-ciri makhluk hidup minimal 4. Skor maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban
benar : 4) × 100 Kunci jawaban.
b. Membilang secara urut dan loncat serta mengurutkan bilangan
1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 19.
Skor maksimal 100.
Nilai = (Banyaknya jawaban
benar : 19) × 100 Jawaban bagian 1 membilang secara urut
1) 1.000,
2.000, 3.000, 4.000, 5.000
2) 1.500,
2.500, 3.500, 4.500
3) 2.000,
4.000, 6.000, 8.000, 10.000
Jawaban bagian II urutan bilangan. 1) 1.250, 2.250,
3.250, 4.250, 5.250
2) 1.300,
2.300, 3.300, 4.300, 5.300
3) 1.100,
2.250, 3.050, 4.200, 5.400
c. Membilang dan menulis lambang
bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 8.
Nilai maksimal
100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar : 8) × 100
3.
Penilaian Keterampilan
a. Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat
dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan
bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.
Catatan: Rubrik
penilaian ini sebagai
panduan guru untuk mengamati kemampuan siswa. Tidak harus setiap hari nilai dicatat dalam
daftar nilai. Guru menggunakan hasil penilaiaan sebagai pedoman untuk
memahamkan siswa tentang materi
yang sedang dipelajari.
Refleksi
2.
Hal-hal yang perlu menjadi
perhatian
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
3.
Siswa yang perlu mendapat
perhatian khusus
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
4.
Hal-hal yang menjadi catatan
keberhasilan
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
5.
Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
·
Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan
lancar karena akan
berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
Pengayaan
·
Guru memberikan tugas
untuk menyebutkan ungkapan
lain dan artinya
yang terdapat dalam teks hidup rukun.
0 comments:
Post a Comment