Tuesday 21 June 2022

PDGK4106/Pendidikan IPS di SD

0 comments

 BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)



Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4106/Pendidikan IPS di SD

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 12/07/2021

                             

 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

 Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4106/Pendidikan IPS di SD

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,  Juli 2021

 

 

 

 

 

 

Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman

JAWABAN

 

1.      Dari soal yang saya baca, bahwasannya aspek yang pakai oleh bu weni dalam mengobservasi siswa, sebagai berikut:

Aspek-aspek yang digunakan :

a.       Keaktifan, contohnyaa = ketika bu weni menjelaskan materi dalam pembelajaran lalu perkelompok di wajibkan bertanya dan memberikan pendapat sehingga lingkungan pembelajaran aktif. Alasannyaa untuk mengetahui keaktifan siswa dalam belajar dan mencari tau siswa yang ga aktif dalam pembelajaran

b.      Berfikir bersama dengan kelompok, contohnya = ketika bu weni memberikan tugas ke semua kelompok untuk menjawa soal yang sudah di buat oleh bu weni lalu setiap kelompok harus mencari tau jawaban dari soal yang sudah di sampaikan. Alasanya untuk mengetahui kekompokan dalam menjawa soal dan mempererat pertemanan

c.       Kejujuran, contohnya = ketika di berikan soal setiap kelompok  tidak boleh menyontek ke kelompok lain dan harus berfikir dengan kelompok masing-masing. Alasannya untuk mengetahui kejujuran siswa dalam pembelajaran siswa agar ke depannya mereka selalku melakukan kejujuran pada dirinya.

d.      Kemampuan berkomunikasi, contohnya = ketika bu weni selesai menjelaskan materi lalu setiap kelompok harus bisa memberikan pernyataan dalam materi tersebut lali perkelompok mendiskusikan jawabannyan kemudian setelah mendapatkanjawabanya dibacakan di depan kelas dengan teman seperkelompoknyaa. alasannya untuk mengetahui kemampuan berkomunikasinya agar ketika diperkulihan mereka lancar dana berkomunikasi dan dapat berkomunikasi dengan jelas di lingkungan besar seperti seminar dan workshop

2.      Menurut hemat saya bahwa keunggulan rancangan program pembelajaran ips yang saya kembangkan, sebagai berikut :

a.       Memudahkan penyampaian materi, contohnya ; guru sangat terbantu dengan adanya RPP IPS yang telah di buat dikarenakan guru bisa memprediksi, dalam sebuah materi itu bisa di selesaikan dalam beberapa kali tatap muka. Jika ada ketidaksesuaian jumlah tatap muka dalam penyampaian materi di RPP tersebut maka guru bisa mencari tahu sekiranya poin mana penyampaian materi tersebut berjalan kurang efekti

b.      Memudahkan analisi keberhasilan belajar siswa, contohnya = RPP yang sudah di susun oleh guru, tentunya memiliki butir penilaian yang akan di berikan kepada siswa. Butir penilain dalam rpp tersebut jika sudah di terapkan ke siswa dan guru bisa melihat nilai yang di dapat mereka. Dari nilai tersebut guru bisa melihat apakah butir penilaian yang ada di dalam RPP suda dicapai oleh siswa dengan baik atau tidak

c.       Menghemat waktu dan tenaga, contohnya = guru jadi tidak perlu bingung memikirkan model, metode dan sumber belajar yang sekiranya nanti akan di gunakan oleh siswa. Pasti dengan ada RPP yang sudah di buat guru bisa menentuka apa apa saja yang di butuhkan dalam penyampaian materi ajarnya

 

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05

Mata Pelajaran : IPS

Kelas/Semester : III (tiga) / 1 (satu)

Alokasi Waktu :  2 x 35 menit

 

A. STANDAR KOMPETENSI

1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar rumah dan sekolah

 

B. KOMPETENSI DASAR

1.1 Menceritakan buatan di sekitar rumah dan sekolah

 

C. INDIKATOR

1.1.1  Siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan buatan

1.1.2  Siswa dapat mengidentifikasi lingkungan buatan

1.1.3  Siswa dapat menjelaskan manfaat lingkungan buatan

 

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

a. Siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan buatan

b. Siswa dapat mengidentifikasi lingkungan buatan

c. Siswa dapat menjelaskan manfaat lingkungan buatan

 

v Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )

Karakter Siswa Yang Di Harapkan:

Disiplin (Discipline)

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

 

E. MATERI

· Lingkungan buatan.

1. Bandara

2. Sawah

3. Waduk

4. Rumah sakit

5. Pasar

 

F. PENDEKATAN & METODE

Pendekatan  : Scientific

Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

1. Mengajak semua siswa berdo’a (untuk

mengawali kegiatan pembelajaran)

2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran

siswa

3. Mengajak berdinamika dengan “tepuk

Semangat dan Tepuk anak cerdas.”

4. Mengajak siswa untuk berwisata imajinasi

5. Meminta informasi dari siswa mengenai hal-hal

yang berhubungan dengan  materi  yang akan

disampaikan.

6. Memotivasi siswa untuk mengeluarkan

pendapat.

15 menit

Inti

1. Guru membagi kelompok menjadi 5 kelompok

2. Guru memberikan gambar macam-macam

lingkungan alam dan buatan;

3. Siswa mengamati gambar tersebut(observasi) ;

4. Guru mememberikan kesempatan kepada siswa

untuk bertanya setelah mengamati gambar

(Bertanya);

5. Siswa bersama kelompoknya memilih nama-

nama lingkungan buatan yang telah disediakan

oleh guru (asosiasi)

6. Siswa   menempelkan   nama-nama   lingkungan

buatan   sesuai   degan   gambar   (Analisis,

eksperimen)

7. Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di

depan kelas. (komunikasi)

8. Guru Menyampaikan   materi   tentang

lingkungan buatan

9. Disajikan teks materi  tentang  lingkungan

buatan.

10.  Siswa secara individu membaca materi tentang

pengertian   dan   macam-macam   lingkungan

buatan (mengumpulkan data)

11. Siswa  mengamati gambar-gambar pada soal

individu (observasi)

12. Siswa berpikir untuk mencari jawaban yang

benar pada soal-soal tersebut.(Analisis)

13. Siswa menyampaiakan hasil jawaban di depan

kelas (komunikasi)

40 menit

Penutup

1. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /

rangkuman hasil belajar

2. Bertanya jawab tentang materi yang telah

dipelajari (untuk mengetahui hasil

ketercapaian materi)

3. Perenungan

4. Pengayaan

5. Melakukan penilaian hasil belajar

6.  Mengajak semua siswa berdo’a (untuk menutup

kegiatan pembelajaran)

 

15 menit

 

H. SUMBER DAN  MEDIA

1. Gambaran Lingkungan Alam Dan Buatan

2. Buku IPS Kelas III Penerbit Yudistira

3. Teks Bacaan

 

·       Gambar lingkungan alam dan buatan

·       Buku IPS kelas III penerbit Yudistira

·       Teks Bacaan

I PENILAIAN

 

v   Kriteria Penilaian      

1. Prosedur Tes

F Tes awal :  ada

F Tes dalam proses :  ada

F Tes akhir :  ada

2. enis Tes/ bentuk tes

F Tes awal :  Tanya jawab lisan

F Tes dalam proses :  Pengamatan

F Tes akhir :  Hasil diskusi (produk) dan Uraian

3. Alat penilaian

F Tes awal : Gambar apakah ini?

Apa  pengertian lingkungan buatan?

Sebutkan contoh lingkungan buatan manfaatnya?

3.      Menurut pemikiran saya terkait uraian soal tersebut bahwa 3 indokator yang di kembangkan oleh bu titin, sebagai berikut :

No

Indikator

Soal

1

Menjelaskan pengertian urbanisasi

1.      Perpindahan penduduk dari desa ke kota di sebut dengan...?

a.       Transmigrasi

b.      Imigrasi

c.       Irigasi

d.      urbanisasi

2

Menjelaskan dampak urbanisasi bagi pedesaan

1.      apa dampak negatif urbanisasi bagi pedesaan...?

a.       desa kekurangan tenaga kerja untuk mengolah petanian

b.      desa menghasilkan penduduk yang berkualitas

c.       desa semakin maju dalam perekonomiannya

3

Menjelaskan faktor yang mempengaruhi adanya urbanisasi

1.      Faktor yang menjadi alasan bagi penduduk yang melakukan urbanisasi adalah sebagai berikut, kecuali ...?

a.       Mencari kesempatan kerja di kota yang lebih banyak

b.      Mencari upah tenaga kerja yang lebih tinggi

c.       Mencari kemudahan fasilitas

d.      Mencari lahan pertanian yang lebih luas

 

 

4.      Menurut pemahaman saya dari kasus tersebut bahwasannya langkah-langkah penerapannya model pembelajaran berbasis masalah , sebagai berikut ;

a.       Pendefisian masalah, bahwa bu qori menyampaikan permasalahan dan peserta didik melakukan berbagai kegiatan brainstorming dan semua siswa mengungkapkan pendapat, ide dan tanggapan terhadap permasalahan tersebur secara bebas sehingga muncul berbagai macam aletrnatif pendapat

b.      Pembelajaran mandiri, bahwa siswa bu qori mencari berbagai sumber yang dapat meperjelas permasalahan yang sedang di investigasi. Sumbernya dalam bentuk artikel tertulis yang di simpan di perpustakaan

c.       Tahap investigasi, bahwa pada tahap ini terfokus pada siswa agar dapat mencari informasi dan mengambangkannya pemahaman yang relevan dengan permasalahan yang telah di didiskusikan di kleas kemudia informasi yang di kumpulkan menjadi satu lalu di presesntasikan di kelas agar siswa dapat memahami juga

d.      Penukaran pengetahuan, bahwa siswa di wajib di kelompokkan agar dapat melakukan pertukaran pengetahuan dan berdiskusi sesama teman kelompoknya untuk merumuskan solusi dari permaslaahannya

0 comments:

Post a Comment