BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2020/21.2 (2021.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama
Program Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 12/07/2021 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
: PDGK4106/Pendidikan IPS di SD |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan, Juli 2021
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
JAWABAN
1.
Dari soal yang saya baca, bahwasannya aspek yang pakai oleh bu weni dalam
mengobservasi siswa, sebagai berikut:
Aspek-aspek yang digunakan :
a.
Keaktifan, contohnyaa = ketika bu weni menjelaskan materi dalam
pembelajaran lalu perkelompok di wajibkan bertanya dan memberikan pendapat
sehingga lingkungan pembelajaran aktif. Alasannyaa untuk mengetahui
keaktifan siswa dalam belajar dan mencari tau siswa yang ga aktif dalam
pembelajaran
b.
Berfikir bersama dengan kelompok, contohnya = ketika bu weni
memberikan tugas ke semua kelompok untuk menjawa soal yang sudah di buat oleh
bu weni lalu setiap kelompok harus mencari tau jawaban dari soal yang sudah di
sampaikan. Alasanya untuk mengetahui kekompokan dalam menjawa soal dan
mempererat pertemanan
c.
Kejujuran, contohnya = ketika di berikan soal setiap kelompok tidak boleh menyontek ke kelompok lain dan
harus berfikir dengan kelompok masing-masing. Alasannya untuk mengetahui
kejujuran siswa dalam pembelajaran siswa agar ke depannya mereka selalku
melakukan kejujuran pada dirinya.
d.
Kemampuan berkomunikasi, contohnya = ketika bu weni selesai
menjelaskan materi lalu setiap kelompok harus bisa memberikan pernyataan dalam
materi tersebut lali perkelompok mendiskusikan jawabannyan kemudian setelah
mendapatkanjawabanya dibacakan di depan kelas dengan teman seperkelompoknyaa.
alasannya untuk mengetahui kemampuan berkomunikasinya agar ketika
diperkulihan mereka lancar dana berkomunikasi dan dapat berkomunikasi dengan
jelas di lingkungan besar seperti seminar dan workshop
2.
Menurut hemat saya bahwa keunggulan rancangan program pembelajaran ips yang
saya kembangkan, sebagai berikut :
a.
Memudahkan penyampaian materi, contohnya ; guru sangat terbantu
dengan adanya RPP IPS yang telah di buat dikarenakan guru bisa memprediksi,
dalam sebuah materi itu bisa di selesaikan dalam beberapa kali tatap muka. Jika
ada ketidaksesuaian jumlah tatap muka dalam penyampaian materi di RPP tersebut
maka guru bisa mencari tahu sekiranya poin mana penyampaian materi tersebut
berjalan kurang efekti
b.
Memudahkan analisi keberhasilan belajar siswa, contohnya = RPP yang
sudah di susun oleh guru, tentunya memiliki butir penilaian yang akan di
berikan kepada siswa. Butir penilain dalam rpp tersebut jika sudah di terapkan
ke siswa dan guru bisa melihat nilai yang di dapat mereka. Dari nilai tersebut
guru bisa melihat apakah butir penilaian yang ada di dalam RPP suda dicapai
oleh siswa dengan baik atau tidak
c.
Menghemat waktu dan tenaga, contohnya = guru jadi tidak perlu
bingung memikirkan model, metode dan sumber belajar yang sekiranya nanti akan
di gunakan oleh siswa. Pasti dengan ada RPP yang sudah di buat guru bisa
menentuka apa apa saja yang di butuhkan dalam penyampaian materi ajarnya
RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN KEBAYORAN LAMA SELATAN 05
Mata
Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : III (tiga) / 1 (satu)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama disekitar
rumah dan sekolah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menceritakan buatan di sekitar rumah dan sekolah
C. INDIKATOR
1.1.1 Siswa dapat
menjelaskan pengertian lingkungan buatan
1.1.2 Siswa dapat
mengidentifikasi lingkungan buatan
1.1.3 Siswa dapat
menjelaskan manfaat lingkungan buatan
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan buatan
b. Siswa dapat mengidentifikasi lingkungan buatan
c. Siswa dapat menjelaskan manfaat lingkungan buatan
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Karakter
Siswa Yang Di Harapkan:
Disiplin
(Discipline)
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian
( carefulness)
Toleransi (
Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
E. MATERI
· Lingkungan buatan.
1. Bandara
2. Sawah
3. Waduk
4. Rumah sakit
5. Pasar
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN |
DESKRIPSI KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
Pendahuluan |
1. Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa 3. Mengajak berdinamika dengan “tepuk Semangat dan Tepuk anak cerdas.” 4. Mengajak siswa untuk
berwisata imajinasi 5. Meminta informasi
dari siswa mengenai hal-hal yang berhubungan dengan materi
yang akan disampaikan. 6. Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat. |
15 menit |
Inti |
1. Guru membagi kelompok
menjadi 5 kelompok 2. Guru memberikan gambar macam-macam lingkungan alam dan buatan; 3. Siswa mengamati
gambar tersebut(observasi) ; 4. Guru mememberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya setelah mengamati gambar (Bertanya); 5. Siswa bersama
kelompoknya memilih nama- nama lingkungan buatan yang telah disediakan oleh guru (asosiasi) 6. Siswa menempelkan nama-nama lingkungan buatan sesuai degan gambar (Analisis, eksperimen) 7. Siswa menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas. (komunikasi) 8. Guru Menyampaikan materi tentang lingkungan buatan 9. Disajikan teks materi tentang lingkungan buatan. 10. Siswa secara individu membaca materi
tentang pengertian dan macam-macam lingkungan buatan (mengumpulkan data) 11. Siswa mengamati gambar-gambar pada soal individu (observasi) 12. Siswa berpikir untuk
mencari jawaban yang benar pada soal-soal tersebut.(Analisis) 13. Siswa menyampaiakan
hasil jawaban di depan kelas (komunikasi) |
40 menit |
Penutup |
1. Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar 2. Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 3. Perenungan 4. Pengayaan 5. Melakukan penilaian
hasil belajar 6. Mengajak semua siswa berdo’a (untuk
menutup kegiatan pembelajaran) |
15 menit |
H. SUMBER DAN MEDIA
1. Gambaran Lingkungan Alam Dan Buatan
2. Buku IPS Kelas III Penerbit Yudistira
3. Teks Bacaan
· Gambar lingkungan alam dan buatan
· Buku IPS kelas III penerbit Yudistira
· Teks Bacaan
I PENILAIAN
v Kriteria Penilaian
1. Prosedur Tes
F Tes
awal : ada
F Tes
dalam proses : ada
F Tes
akhir : ada
2. enis Tes/ bentuk tes
F Tes
awal : Tanya jawab lisan
F Tes
dalam proses : Pengamatan
F Tes
akhir : Hasil diskusi (produk) dan
Uraian
3. Alat penilaian
F Tes
awal : Gambar apakah ini?
Apa
pengertian lingkungan buatan?
Sebutkan
contoh lingkungan buatan manfaatnya?
3.
Menurut pemikiran saya terkait uraian soal tersebut bahwa 3 indokator yang
di kembangkan oleh bu titin, sebagai berikut :
No |
Indikator |
Soal |
1 |
Menjelaskan pengertian urbanisasi |
1.
Perpindahan penduduk dari desa ke kota di sebut dengan...? a.
Transmigrasi b.
Imigrasi c.
Irigasi d.
urbanisasi |
2 |
Menjelaskan dampak urbanisasi bagi pedesaan |
1.
apa dampak negatif urbanisasi bagi pedesaan...? a.
desa kekurangan tenaga kerja untuk mengolah petanian b.
desa menghasilkan penduduk yang berkualitas c.
desa semakin maju dalam perekonomiannya |
3 |
Menjelaskan faktor yang mempengaruhi adanya
urbanisasi |
1.
Faktor yang menjadi alasan bagi penduduk yang melakukan urbanisasi adalah
sebagai berikut, kecuali ...? a.
Mencari kesempatan kerja di kota yang lebih banyak b.
Mencari upah tenaga kerja yang lebih tinggi c.
Mencari kemudahan fasilitas d.
Mencari lahan pertanian yang lebih luas |
4.
Menurut pemahaman saya dari kasus tersebut bahwasannya langkah-langkah
penerapannya model pembelajaran berbasis masalah , sebagai berikut ;
a.
Pendefisian masalah, bahwa bu qori menyampaikan permasalahan dan peserta
didik melakukan berbagai kegiatan brainstorming dan semua siswa mengungkapkan
pendapat, ide dan tanggapan terhadap permasalahan tersebur secara bebas
sehingga muncul berbagai macam aletrnatif pendapat
b.
Pembelajaran mandiri, bahwa siswa bu qori mencari berbagai sumber yang
dapat meperjelas permasalahan yang sedang di investigasi. Sumbernya dalam
bentuk artikel tertulis yang di simpan di perpustakaan
c.
Tahap investigasi, bahwa pada tahap ini terfokus pada siswa agar dapat mencari
informasi dan mengambangkannya pemahaman yang relevan dengan permasalahan yang
telah di didiskusikan di kleas kemudia informasi yang di kumpulkan menjadi satu
lalu di presesntasikan di kelas agar siswa dapat memahami juga
d.
Penukaran pengetahuan, bahwa siswa di wajib di kelompokkan agar dapat
melakukan pertukaran pengetahuan dan berdiskusi sesama teman kelompoknya untuk
merumuskan solusi dari permaslaahannya
0 comments:
Post a Comment