RENCANA
PELAKSANAN PEMBELAJARAN
KELAS
RANGKAP
Sekolah : SDN KEBAYORAN LAMA
SELATAN 03
Mata Pembelajaran : MTK Kelas 1 Semester 2
IPA
Kelas II 2 semester 2
AlokasiWaktu : 2 x 35 ( Menit)
Jam ke : 3
Hari / Tanggal : jumat,19 mei 2022
2022
I. StandarKompetensi
MTK Kelas I 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan
bilangan sampai
20.
IPA Kelas II : 1. Mengenal bagian-bagian utama
tubuh hewan dan tumbuhan
pertumbuhan hewan dan tumbuhan , serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup .
II. Kompetensi Dasar
MTK Kelas I : 1.3 Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan
Penjumlahan.
IPA Kelas II : 1.2 Mengenal bagian-bagian utama
hewan dan tumbuhan di
Sekitar rumah dan
sekolah melalui pengamatan
III. Indikator
MTK Kelas I : 1.3.1 Menjelaskan cara menghitung penjumlahan
1.3.2.
Menjelaaskan cara menghitung pengurangan
IPA Kelas II : 1.2.1 Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
1.2.2 Menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan
IV. Pokok materi
MTK Kelas 1 :
Penjumlahan dan pengurangan .
IPA Kelas II :
Pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
IV. Metodedan Model Pembelajaran
1.
Diskusi
2.
Tanya jawab
3.
Pemberian tugas
V. KegiatanPembelajaran
1.
Kegiatanawal ( 10Menit ) ;
Ø
Mengucapkan salam dan berdoa
Ø
Presensi dan apersepsi
Ø
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Kegiataninti ( 40 Menit )
Eksplorasi
Kelas I ( MTK )
Ø
Guru menjelaskan tentang cara penjumlahan dan pengurangan bilangan
Ø
Guru menyebutkan bilangan 1 sampai 20
Kelas II ( IPA ) :
Ø
Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan
Ø
Siswa menjawab pertanyaan yang di
berikan guru tentang pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Elaborasi
Kelas I ( MTK )
Ø
Guru memberikan beberpa pertanyaan
mengenai materi yang telah di sampaikan.
Ø
Guru memberi tugas kepada siswa tentang penjumlahan dan pengurangan
bilangan 20.
Ø
Siswa mengerjakan tugas dari guru.
Kelas II ( IPA )
Ø
Guru memberikan beberpa pertanyaan
mengenai materi yang telah di sampaikan.
Ø
Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa.
Ø
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membedakan pertumbuhan hewan
dan tumbuhan.
Konfirmasi
Dalam kegitan konfirmasi guru :
Ø
Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum di ketahui siswa.
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan akhir ( 10 menit )
Ø
Guru memberikan postest.
Ø
Guru menyuruh siswa membuat rangkuman.
Ø
Guru memberikan PR.
VI. Sumberdan Media Pembelajaran
MTK kelas 1
Ø
Sumber Belajar : Buku MTK kelas I
hal 20 – 26, oleh : CV SETI-AJI
Ø
Media : Alat peraga
/ gambar
IPA
Ø
Sumber Belajar : Buku IPA Kelas II hal 19 – 24, oleh : CV SETI-AJI
Ø
Media : Gambar /
alat peraga
VII. Evaluasi Penilaian
Soal-soal latihan Matematika kelas 1
1.
7 + 4 =
2.
3 + 8 =
3.
5 + 1 =
4.
7 + 3 =
5.
9 + 5 =
KunciJawaban
1.
11
2.
11
3.
6
4.
10
5.
14
IPA
Soal- soal IPA kelas II
1.
Ayam berkembang biak dengan cara ........................
2.
Kucing berkembang biak dengan cara ......................
3.
Pertumbuhan pohon mangga dimulai dari ....................
4.
Sebutkan dua contoh tumbuhan yang berasal dari batang
.....................
5.
Berikan 3 contoh hewan yang beranak ................................
Kunci Jawaban
1.
Bertelur
2.
Beranak
3.
Dari biji
4.
Pohon singkong dan bambu
5.
Kambing, kucing, sapi
VIII . PENILAIAN
1.
Prosedur penilaian
·
Tes akhir evaluasi
2.
Jenis penilaian
·
Tes tertulis (objektif / isian )
3.
Alat penilaian
·
Soal (terlampir)
·
Kunci jawaban
·
Pedoman penilaian
a
̶ x 100 = X
b
Keterangan :
a : jumlah
soal benar
b : jumlah
soal
x : nilai
jakarta, , 17 mei 2022
Praktikan/mahasiswa
RIZA
BADRUZZAMAN
0 comments:
Post a Comment