Monday 27 June 2022

PDGK4204/PEND. BAHASA INDONESIA DI SD

0 comments

BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.2 (2022.1)





Nama Mahasiswa

:Riza Badruzzaman

Nomor Induk Mahasiswa/NIM

: 857129148

Tanggal Lahir

: 19/06/1997

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4204/PEND. BAHASA INDONESIA DI SD

Kode/Nama Program Studi

:  119 /PGSD

Kode/Nama UPBJJ

: 21/Jakarta

Hari/Tanggal UAS THE

: 28/06/2022

                              


 

Petunjuk

 

1.    Anda wajib mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.

2.  Anda wajib mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.

3.  Jawaban bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.

4.  Jawaban diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.

 

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS TERBUKA


BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

 Surat Pernyataan Mahasiswa Kejujuran Akademik

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama Mahasiswa

: Riza Badruzzaman

NIM

: 857129148

Kode/Nama Mata Kuliah

: PDGK4204/PEND. BAHASA INDONESIA DI SD

Fakultas

: FKIP

Program Studi

: 119/PGSD

UPBJJ-UT

: 21/Jakarta

 

 

1.       Saya tidak menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada laman https://the.ut.ac.id.

2.       Saya tidak memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.

3.       Saya tidak menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal ujian UAS THE.

4.       Saya tidak melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai pekerjaan saya).

5.       Saya memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.

6.       Saya bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh Universitas Terbuka.

Tangerang Selatan,28 juni 2022

 


Yang Membuat Pernyataan

                                                                                                                                               

Riza Badruzzaman       


JAWABAN

1.       Jawaban nomor 1

v  Menurut pemikiran saya terkait tabel di atas. Metode yang dominan digunakan pada kegiatan guru dan siswa tersebut adalah metode ceramah. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru lebih banyak menjelaskan materi (ceramah)

v  Menurut wawasan saya terkait keunggulan dan kelemahan metode ceramah

Keunggulan metode ceramah:

·         Dengan Menggunakan metode/teknik ceramah maka suasana kelas akan lebih kondusif dan tenang. Guru lebih memiliki porsi besar dalam mengatur kegiatan kelas dan setiap murid memiliki kegiatan yang sama.

·         Dapat menghemat waktu. Salah satunya adalah setiap murid dapat dengan cepat dan mudah menerima informasi yang disampaikan guru. Sehingga pelajaran dapat berjalan dengan efektif dan lancar.

·         Dapat dipakai untuk mengulang atau memberi pengantar pada pelajaran atau aktivitas tertentu.

·         Dapat dipakai sebagai penambah bahan yang sudah dibaca.

·         Kegiatan belajar dapat diikuti banyak peserta didik.

Kelemahan dari metode ceramah:

·         Kondisi kelas akan dipegang dan di atasi sepenuhnya oleh guru. Bahkan guru juga

·         menjadi kurang tahu perkembangan anak didiknya secara pasti.

·         Tidak semua guru dapat berbicara yang menarik dan baik.

·         Kadar CBSA-nya (Cara Belajar Siswa Aktif) rendah.

·         Dalam metode ceramah ini hanya satu indra yang aktif yaitu pendengaran.

2.      Jawaban nomor 2

Menurut analisis saya terkait paparan di atas bahwa, Kalimat yang merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan ketereampilan menulis adalah:

o   Siswa menyimak materi yang disampaikan guru, kemudian guru meminta siswa untuk meringkas ulang secara singkat materi yang disampaikan dibuku.

o   Siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk menuliskan makna dari lagu yang telah didengar tadi.

o   Siswa sedang mendengarkan dongeng yang diceritakan di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi di buku berdasarkan dongeng yang telah mereka simak

o   Perwakilan siswa membacakan sebuah dongeng, setelah itu siswa lainnya mencatat nama-nama tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut di buku.

Kata kerja yang menjadi kata kuncinya adalah

o   Meringkas

Dengan meringkas materi yang dilakukan setelah menyimak materi yang disampaikan oleh guru, maka guru bisa melihat keterampilan siswa dalam menulis.

o   Menuliskan

Dengan menuliskan makna dari sebuah lagu yang didengarkan siswa, guru bisa melihat kemampuan siswa dalam menulis

o   Membuat puisi

Dengan membuat puisi berdasarkan dongeng yang telah disimak oleh siswa, guru bisa melihat kemampuan siswa dalam menulis

o   Mencatat

Dengan mencatat nama-nama tokoh dari buku dongeng yang telah dibaca siswa, guru bisa melihat kemampuan siswa dalam menulis.

3.      Jawaban nomor 3

Menurut analisi saya terkait paparan di atas bahwasanya Kalimat mana saja yang menunjukkan aspek keterampilan berbicara:

o   Siswa diminta mengucapkan kata-kata berawalan huruf L (Lampu, Lilin, dan Lomba). (mencoba)

o   Siswa di beri kesempatan untuk bertanya berkaitan dengan gambar (menanya)

o   Siswa bercerita tentang bagaimana rasanya jika sakit gigi (mengkomunikasikan)

o   Siswa bercerita tentang cara menyikat gigi berdasarkan gambar yang telah diamati. (mengkomunikasikan)

o   Siswa menjawab pertanyaan guru “apa saja peralatan untuk menyikat gigi ?” (menalar)

Kata kerja yang menjadi kata kuncinya adalah:

v  Mengucapkan

v  Dengan mengucapkan kata-kata berawalah hurup L, siswa di latih untuk terampil dalam berbicara.

v  Bertanya

v  Dengan bertanya siswa mampu melatih keterampilan berbicara dengan merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat pertanyaan.

v  Bercerita

v  Dengan bercerita siswa akan lebih mampu mengasah keterampilan berbicara dengan mengembangkan beberapa kalimat yang di susun menjadi sebuah ceritakan.

v  Menjawab

v  Dengan menjawab siswa akan berlatih untuk terampil berbicara menanggapi apa yang telah orang lain sampaikan.

4.      Jawaban nomor 4

Menurut analisi saya terkait studi kasus di atas ;

Kegiatan Awal:

o   Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a.

o   Guru menanyakan kabar siswa dan memberikan motivasi kepada siswa

o   Guru melakukan presensi

o   Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan “Anak-anak pernah bermain drama atau belum? Jika sudah, kalian tahu tidak drama itu apa?”

o   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti

v  Guru menjelaskan macam-macam pengalaman yang dialami sehari-hari.

v  Guru mencontohkan dialog dalam naskah drama

v  Guru menjelaskan arti drama

v  Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan masing-masing terdiri dari 4 siswa untuk menirukan dialog dalam naskah drama

v  Guru melakukan pengamatan terhadap proses berlangsungnya drama

v  Guru bertanya kepada siswa adakah kesulitan yang dirasakan

v  Guru meluruskan kesalahan pemahaman siswa dalam bermain drama dan memberikan penguatan dan menyimpulkan

Kegiatan Penutup

o   Guru meminta siswa menjelaskan cerita yang diperankan

o   Guru memberikan kesimpulan dari proses pembelajaran

o   Guru memberikan naskah drama untuk dihafalkan di rumah, kemudian diperagakan dalam pertemuan berikutnya.

o   Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucap hamdalah dan salam.

0 comments:

Post a Comment