BUKU JAWABAN UJIAN (BJU) UAS TAKE HOME EXAM (THE) SEMESTER 2021/22.2 (2022.1)
Nama Mahasiswa |
:Riza
Badruzzaman |
Nomor Induk
Mahasiswa/NIM |
: 857129148 |
Tanggal Lahir |
: 19/06/1997 |
Kode/Nama Mata
Kuliah |
|
Kode/Nama
Program Studi |
: 119 /PGSD |
Kode/Nama UPBJJ |
: 21/Jakarta |
Hari/Tanggal UAS THE |
: 28/06/2022 |
Petunjuk
1.
Anda wajib
mengisi secara lengkap dan benar identitas pada cover BJU pada halaman ini.
2.
Anda wajib
mengisi dan menandatangani surat pernyataan kejujuran akademik.
3.
Jawaban
bisa dikerjakan dengan diketik atau tulis tangan.
4.
Jawaban
diunggah disertai dengan cover BJU dan surat pernyataan kejujuran akademik.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS TERBUKA
BUKU JAWABAN UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Mahasiswa |
: Riza
Badruzzaman |
NIM |
: 857129148 |
Kode/Nama
Mata Kuliah |
:
PDGK4204/PEND.
BAHASA INDONESIA DI SD |
Fakultas |
:
FKIP |
Program
Studi |
: 119/PGSD |
UPBJJ-UT |
: 21/Jakarta |
1.
Saya tidak
menerima naskah UAS THE dari siapapun selain mengunduh dari aplikasi THE pada
laman https://the.ut.ac.id.
2.
Saya tidak
memberikan naskah UAS THE kepada siapapun.
3.
Saya tidak
menerima dan atau memberikan bantuan dalam bentuk apapun dalam pengerjaan soal
ujian UAS THE.
4.
Saya tidak
melakukan plagiasi atas pekerjaan orang lain (menyalin dan mengakuinya sebagai
pekerjaan saya).
5.
Saya
memahami bahwa segala tindakan kecurangan akan mendapatkan hukuman sesuai
dengan aturan akademik yang berlaku di Universitas Terbuka.
6.
Saya
bersedia menjunjung tinggi ketertiban, kedisiplinan, dan integritas akademik
dengan tidak melakukan kecurangan, joki, menyebarluaskan soal dan jawaban UAS
THE melalui media apapun, serta tindakan tidak terpuji lainnya yang
bertentangan dengan peraturan akademik Universitas Terbuka.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya. Apabila
di kemudian hari terdapat pelanggaran atas pernyataan di atas, saya bersedia
bertanggung jawab dan menanggung sanksi akademik yang ditetapkan oleh
Universitas Terbuka.
Tangerang Selatan,28 juni 2022
Yang Membuat
Pernyataan
Riza
Badruzzaman
JAWABAN
1. Jawaban nomor 1
v Menurut pemikiran saya
terkait tabel di atas. Metode yang dominan digunakan pada kegiatan guru dan siswa
tersebut adalah metode ceramah. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, guru
lebih banyak menjelaskan materi (ceramah)
v Menurut wawasan saya terkait
keunggulan dan kelemahan metode ceramah
Keunggulan metode ceramah:
·
Dengan Menggunakan metode/teknik ceramah maka
suasana kelas akan lebih kondusif dan tenang. Guru lebih memiliki porsi besar
dalam mengatur kegiatan kelas dan setiap murid memiliki kegiatan yang sama.
·
Dapat menghemat waktu. Salah satunya adalah setiap
murid dapat dengan cepat dan mudah menerima informasi yang disampaikan guru.
Sehingga pelajaran dapat berjalan dengan efektif dan lancar.
·
Dapat dipakai untuk mengulang atau memberi
pengantar pada pelajaran atau aktivitas tertentu.
·
Dapat dipakai sebagai penambah bahan yang sudah
dibaca.
·
Kegiatan belajar dapat diikuti banyak peserta
didik.
Kelemahan dari metode ceramah:
·
Kondisi kelas akan dipegang dan di atasi
sepenuhnya oleh guru. Bahkan guru juga
·
menjadi kurang tahu perkembangan anak didiknya
secara pasti.
·
Tidak semua guru dapat berbicara yang menarik dan
baik.
·
Kadar CBSA-nya (Cara Belajar Siswa Aktif) rendah.
·
Dalam metode ceramah ini hanya satu indra yang
aktif yaitu pendengaran.
2.
Jawaban nomor 2
Menurut analisis saya terkait paparan di atas bahwa, Kalimat
yang merupakan keterpaduan keterampilan menyimak dengan ketereampilan menulis
adalah:
o
Siswa menyimak materi yang disampaikan guru,
kemudian guru meminta siswa untuk meringkas ulang secara singkat materi yang
disampaikan dibuku.
o
Siswa menyimak sebuah lagu karya Iwan
Fals, yang berjudul “Oemar Bakrie”, setelah itu mereka diminta untuk menuliskan
makna dari lagu yang telah didengar tadi.
o
Siswa sedang mendengarkan dongeng yang diceritakan
di depan kelas oleh gurunya kemudian mereka diminta untuk membuat puisi di buku
berdasarkan dongeng yang telah mereka simak
o
Perwakilan siswa membacakan sebuah dongeng,
setelah itu siswa lainnya mencatat nama-nama tokoh yang berperan dalam dongeng
tersebut di buku.
Kata kerja yang menjadi kata kuncinya
adalah
o
Meringkas
Dengan meringkas
materi yang dilakukan setelah menyimak materi yang disampaikan oleh guru, maka
guru bisa melihat keterampilan siswa dalam menulis.
o
Menuliskan
Dengan menuliskan
makna dari sebuah lagu yang didengarkan siswa, guru bisa melihat kemampuan
siswa dalam menulis
o
Membuat puisi
Dengan membuat
puisi berdasarkan dongeng yang telah disimak oleh siswa, guru bisa melihat
kemampuan siswa dalam menulis
o
Mencatat
Dengan mencatat
nama-nama tokoh dari buku dongeng yang telah dibaca siswa, guru bisa melihat
kemampuan siswa dalam menulis.
3.
Jawaban nomor 3
Menurut analisi saya terkait paparan di atas bahwasanya Kalimat mana saja yang menunjukkan aspek
keterampilan berbicara:
o
Siswa diminta mengucapkan kata-kata berawalan
huruf L (Lampu, Lilin, dan Lomba). (mencoba)
o
Siswa di beri kesempatan untuk bertanya berkaitan
dengan gambar (menanya)
o
Siswa bercerita tentang bagaimana rasanya jika
sakit gigi (mengkomunikasikan)
o
Siswa bercerita tentang cara menyikat gigi
berdasarkan gambar yang telah diamati. (mengkomunikasikan)
o
Siswa menjawab pertanyaan guru “apa saja
peralatan untuk menyikat gigi ?” (menalar)
Kata kerja yang menjadi kata kuncinya adalah:
v Mengucapkan
v Dengan
mengucapkan kata-kata berawalah hurup L, siswa di latih untuk terampil dalam
berbicara.
v Bertanya
v Dengan
bertanya siswa mampu melatih keterampilan berbicara dengan merangkai kata-kata
menjadi sebuah kalimat pertanyaan.
v Bercerita
v Dengan
bercerita siswa akan lebih mampu mengasah keterampilan berbicara dengan
mengembangkan beberapa kalimat yang di susun menjadi sebuah ceritakan.
v Menjawab
v Dengan
menjawab siswa akan berlatih untuk terampil berbicara menanggapi apa yang telah
orang lain sampaikan.
4.
Jawaban nomor 4
Menurut analisi saya terkait
studi kasus di atas ;
Kegiatan Awal:
o
Guru mengucapkan salam dan meminta salah satu siswa
untuk memimpin do’a.
o
Guru menanyakan kabar siswa dan memberikan motivasi
kepada siswa
o
Guru melakukan presensi
o
Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan “Anak-anak
pernah bermain drama atau belum? Jika sudah, kalian tahu tidak drama itu apa?”
o
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
v
Guru menjelaskan macam-macam pengalaman yang dialami
sehari-hari.
v
Guru mencontohkan dialog dalam naskah drama
v
Guru menjelaskan arti drama
v
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok dan
masing-masing terdiri dari 4 siswa untuk menirukan dialog dalam naskah drama
v
Guru melakukan pengamatan terhadap proses
berlangsungnya drama
v
Guru bertanya kepada siswa adakah kesulitan yang
dirasakan
v Guru meluruskan kesalahan
pemahaman siswa dalam bermain drama dan memberikan penguatan dan menyimpulkan
Kegiatan Penutup
o
Guru meminta siswa menjelaskan cerita yang diperankan
o
Guru memberikan kesimpulan dari proses pembelajaran
o
Guru memberikan naskah drama untuk dihafalkan di
rumah, kemudian diperagakan dalam pertemuan berikutnya.
o
Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucap hamdalah
dan salam.
0 comments:
Post a Comment